PROPOSAL USAHA
KERIPIK BAWANG
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Prawira
Disusun Oleh :
Kelompok :
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 RANCAH
Jl. Rajadesa No. 412 Tlp (0265)2732615
Kode pos 46387 Rancah e-mail : smknsaturancah @yahoo.co.id
KERIPIK BAWANG
Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Prawira
Disusun Oleh :
Kelompok :
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 1 RANCAH
Jl. Rajadesa No. 412 Tlp (0265)2732615
Kode pos 46387 Rancah e-mail : smknsaturancah @yahoo.co.id
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini banyak makanan ringan yang dijual di pasaran yang biasa di sebut camilan, yang banyak kita jumpai di warung, pasar atau tempat lainnya yang dekat dengan sekitar kita. Dari cemilan makanan jensi makanan kering ataupun makanan basah saat ini banyak makanan modern buatan pabrik yang dijual di pasar – pasar bahkan di warung – warung.
Usaha Keripik Bawang merupakan industri rumahan untuk makanan ringan seperti yang bahan dasar pembuatannya bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran.
Seperti kita tahu kandungan kalori keripik bawang cukup tinggi bahkan mencapai 2 kalori kentang. Karena banyak di sukai para kuliner mungkin karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang membuat sensasi tersendiri bagi lidah kita.
B. Tujuan
Tujuan kami memilih usaha ini adalah :
1. Mencari keuntungan/laba
2. Menarik minat konsumen untuk merasakan camilan yang murah meriah
3. Mencapai target penjualan
BAB II
RENCANA USAHA
A. Product (Produk)
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Segala sesuatu yang termasuk kedalamnya adalah barang berwujud, jasa, events, tempat organisasi dan ide.
Keripik bawang adalah makanan yang berupa cemilan kerupuk yang berukuran panjang yang di olah dari tepung terigu atau tepung sagu.
Keripik ini bercita rasa gurih dan renyah karena di olah secara sederhana tanpa menggunakan bahan pewarna dan pengawet sehingga keaslian rasanya tetap terjaga dan kualitasnya terjangkau.
B. Segmentasi Produk
• Menganalisis Potensi Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang di jalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• Menentukan Target
Dalam menjalankan usaha ini kami harus menetapkan target sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaannya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya. Maka target/sasaran pasar usaha “Sari Kripik” adalah lingkungan SMK Negeri 1 Rancah.
C. Price (Harga)
Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk. Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Kripik bawang yang kami produksi akan dijual dengan harga Rp. 1.000 / bungkus
D. Keunggulan Produk
Keunggulan dari poduk ini yaitu :
1. Mudah di terima masyarakat
2. Bahan produk yang higenis
3. Rasa dari keripik gurih, renyah
4. Memiliki sensasi pedas dari keripik bawang
5. Makanan ringan/camilan sudah banyak di kenal masyarakat
E. Faktor Penghambat dan Pendukung
Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.
Faktor penghambat tersebut diantaranya :
1. Banyaknya usaha yang sama
2. Harga bahan baku yang tidak stabil.
Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada petani setempat agar memperoleh harga yang lebih murah.
F. Analisa SWOT
Setiap kegiatan usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan/pesaing yaitu melalui analisis SWOT :
1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah :
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat. Produk teridi dari 1 camilan yaitu Kripik Bawang bahan produk yang terjamin dan higenis.
2. Weaknes (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini ialah :
- Tidak tahan lama
- Produknya mudah ditiru
3. Oppurnity (Peluang)
- Tempat strategis
- Fasilitas yang cukup memadai
4. Threats (Ancaman)
- Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
BAB III
ASPEK PRODUKSI
A. Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN JUMLAH
Kompor gas 1 buah
Penggorengan 1 buah
Penyaringan 1 buah
Baskom 1 buah
Panci 1 buah
Kuali 1 buah
Plastik 1 pak
B. Bahan Baku
Bahan baku yang kami gunakan adalah:
Bahan keripik bawang :
• 2 kg tepung terigu
• 1/2 sendok teh fernipan
• 1 sendok teh garam
• 2 butir telur ayam
• 1 kg tepung sagu
• Santan Secukupnya
Bumbu halus :
• 7 butir bawang merah
• 1 butir kemiri
• 1/3 sendok teh merica
C. Proses Produksi
Cara membuat keripik bawang :
1. Langkah yang pertama, Campurkanlah tepung terigu, fernipan, garam asin, dan juga tepung sagu, Yang semua bahan tersebut aduk rata.
2. Berikutnya, Tambahkanlah telor ayam, bawang merah, merica, kemiri, aduk lagi, kemudian tuangkanlah santan dan juga uleni hingga menjadi gumpalan adonan.
3. Pipihkanlah atau juga giling adonan hingga menjadi tipis, lalu potong-potong adonan tersebut sesuai selera.
4. Gorengkanlah adonan dalam minyak panas hingga keripiknya jadi kering dan matang.
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
A. Rencana Produksi
a. Jenis Produk : Keripik Bawang
b. Jumlah Produksi : 30 bungkus
B. Aspek Modal
• 2 kg tepung terigu : Rp 6.000
• Fermipan : Rp 2.000
• Garam : Rp 1.000
• 2 butir telur ayam : Rp 2.000
• 1 kg tepung sagu : Rp 2.500
• Santan : Rp 2.000
• 7 butir bawang merah : Rp 1.000
• 1 butir kemiri : Rp 500
• Plastik : Rp 3.000
Jumlah : Rp 20.000
C. Perhitungan Keuntungan
• Harga Jual : Rp. 1.000,-/ bungkus x 30 bungkus = Rp. 30.000,-
• Harga Beli Bahan Baku : Rp. 20.000,-
Jadi keuntungan yang didapat adalah : Rp. 30.000 – Rp 20.000 = Rp. 10.000,-
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Demikian proposal pengembangan usaha Keripik Bawang ini kami susun dan dari hasil analisis penulis mengenai segmentasi, keunggulan, analisis SWOT dan aspek keuangan, harapan kami untuk produk Keripik Bawang ini adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju, disamping itu kami mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang kami dimiliki.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga lompat jauh. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa didalam proposal ini terdapat banyak sekali kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
Semoga proposal sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Rancah, Januari 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan 1
BAB II RENCANA USAHA
A. product (Produk) 2
B. Segmentasi Produk 2
C. Price (Harga) 2
D. Keunggulan Produk 3
E. Faktor Penghambat dan Pendukung 3
F. Analisa SWOT 3
BAB III ASPEK PRODUKSI
A. Fasilitas dan Peralatan Produksi 5
B. Bahan Baku 5
C. Proses Produksi 6
BAB IV ASPEK KEUANGAN
A. Aspek Produksi 7
B. Aspek Modal 7
C. Perhitungan Keuntungan 7
BAB III PENUTUP 9
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini banyak makanan ringan yang dijual di pasaran yang biasa di sebut camilan, yang banyak kita jumpai di warung, pasar atau tempat lainnya yang dekat dengan sekitar kita. Dari cemilan makanan jensi makanan kering ataupun makanan basah saat ini banyak makanan modern buatan pabrik yang dijual di pasar – pasar bahkan di warung – warung.
Usaha Keripik Bawang merupakan industri rumahan untuk makanan ringan seperti yang bahan dasar pembuatannya bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran.
Seperti kita tahu kandungan kalori keripik bawang cukup tinggi bahkan mencapai 2 kalori kentang. Karena banyak di sukai para kuliner mungkin karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang membuat sensasi tersendiri bagi lidah kita.
B. Tujuan
Tujuan kami memilih usaha ini adalah :
1. Mencari keuntungan/laba
2. Menarik minat konsumen untuk merasakan camilan yang murah meriah
3. Mencapai target penjualan
BAB II
RENCANA USAHA
A. Product (Produk)
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Segala sesuatu yang termasuk kedalamnya adalah barang berwujud, jasa, events, tempat organisasi dan ide.
Keripik bawang adalah makanan yang berupa cemilan kerupuk yang berukuran panjang yang di olah dari tepung terigu atau tepung sagu.
Keripik ini bercita rasa gurih dan renyah karena di olah secara sederhana tanpa menggunakan bahan pewarna dan pengawet sehingga keaslian rasanya tetap terjaga dan kualitasnya terjangkau.
B. Segmentasi Produk
• Menganalisis Potensi Pasar
Dalam menjalankan usaha ini kami harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang di jalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• Menentukan Target
Dalam menjalankan usaha ini kami harus menetapkan target sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaannya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya. Maka target/sasaran pasar usaha “Sari Kripik” adalah lingkungan SMK Negeri 1 Rancah.
C. Price (Harga)
Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk. Harga adalah suatu nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Kripik bawang yang kami produksi akan dijual dengan harga Rp. 1.000 / bungkus
D. Keunggulan Produk
Keunggulan dari poduk ini yaitu :
1. Mudah di terima masyarakat
2. Bahan produk yang higenis
3. Rasa dari keripik gurih, renyah
4. Memiliki sensasi pedas dari keripik bawang
5. Makanan ringan/camilan sudah banyak di kenal masyarakat
E. Faktor Penghambat dan Pendukung
Setiap usaha yang dijalankan, pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini. Ada beberapa hal yang menurut kami akan menghambat dan sangat mendukung dalam menjalankan usaha ini.
Faktor penghambat tersebut diantaranya :
1. Banyaknya usaha yang sama
2. Harga bahan baku yang tidak stabil.
Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan baku langsung kepada petani setempat agar memperoleh harga yang lebih murah.
F. Analisa SWOT
Setiap kegiatan usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan/pesaing yaitu melalui analisis SWOT :
1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah :
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat. Produk teridi dari 1 camilan yaitu Kripik Bawang bahan produk yang terjamin dan higenis.
2. Weaknes (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini ialah :
- Tidak tahan lama
- Produknya mudah ditiru
3. Oppurnity (Peluang)
- Tempat strategis
- Fasilitas yang cukup memadai
4. Threats (Ancaman)
- Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
BAB III
ASPEK PRODUKSI
A. Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN JUMLAH
Kompor gas 1 buah
Penggorengan 1 buah
Penyaringan 1 buah
Baskom 1 buah
Panci 1 buah
Kuali 1 buah
Plastik 1 pak
B. Bahan Baku
Bahan baku yang kami gunakan adalah:
Bahan keripik bawang :
• 2 kg tepung terigu
• 1/2 sendok teh fernipan
• 1 sendok teh garam
• 2 butir telur ayam
• 1 kg tepung sagu
• Santan Secukupnya
Bumbu halus :
• 7 butir bawang merah
• 1 butir kemiri
• 1/3 sendok teh merica
C. Proses Produksi
Cara membuat keripik bawang :
1. Langkah yang pertama, Campurkanlah tepung terigu, fernipan, garam asin, dan juga tepung sagu, Yang semua bahan tersebut aduk rata.
2. Berikutnya, Tambahkanlah telor ayam, bawang merah, merica, kemiri, aduk lagi, kemudian tuangkanlah santan dan juga uleni hingga menjadi gumpalan adonan.
3. Pipihkanlah atau juga giling adonan hingga menjadi tipis, lalu potong-potong adonan tersebut sesuai selera.
4. Gorengkanlah adonan dalam minyak panas hingga keripiknya jadi kering dan matang.
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
A. Rencana Produksi
a. Jenis Produk : Keripik Bawang
b. Jumlah Produksi : 30 bungkus
B. Aspek Modal
• 2 kg tepung terigu : Rp 6.000
• Fermipan : Rp 2.000
• Garam : Rp 1.000
• 2 butir telur ayam : Rp 2.000
• 1 kg tepung sagu : Rp 2.500
• Santan : Rp 2.000
• 7 butir bawang merah : Rp 1.000
• 1 butir kemiri : Rp 500
• Plastik : Rp 3.000
Jumlah : Rp 20.000
C. Perhitungan Keuntungan
• Harga Jual : Rp. 1.000,-/ bungkus x 30 bungkus = Rp. 30.000,-
• Harga Beli Bahan Baku : Rp. 20.000,-
Jadi keuntungan yang didapat adalah : Rp. 30.000 – Rp 20.000 = Rp. 10.000,-
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Demikian proposal pengembangan usaha Keripik Bawang ini kami susun dan dari hasil analisis penulis mengenai segmentasi, keunggulan, analisis SWOT dan aspek keuangan, harapan kami untuk produk Keripik Bawang ini adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju, disamping itu kami mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang kami dimiliki.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga lompat jauh. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa didalam proposal ini terdapat banyak sekali kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.
Semoga proposal sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.
Rancah, Januari 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan 1
BAB II RENCANA USAHA
A. product (Produk) 2
B. Segmentasi Produk 2
C. Price (Harga) 2
D. Keunggulan Produk 3
E. Faktor Penghambat dan Pendukung 3
F. Analisa SWOT 3
BAB III ASPEK PRODUKSI
A. Fasilitas dan Peralatan Produksi 5
B. Bahan Baku 5
C. Proses Produksi 6
BAB IV ASPEK KEUANGAN
A. Aspek Produksi 7
B. Aspek Modal 7
C. Perhitungan Keuntungan 7
BAB III PENUTUP 9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar