Selasa, 31 Desember 2013

Kandungan nutrisi buah pisang

Buah Pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk fungsi yang sehat.  buah pisang merupakan pilihan yang tepat bagi para atlet dan binaragawan untuk mendapatkan asupan energi instan. Buah pisang  juga merupakan makanan yang sangat baik untuk  bayi karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk  pertumbuhan yang sehat. Singkatnya, buah pisang sangat efisien dalam menyediakan nutrisi untuk tubuh anda dengan semua vitamin dan mineral yang dikandungnya.
Kandungan nutrisi buah pisang
Gambar: Kandungan nutrisi buah pisang
Daftar kandungan nutrisi buah pisang:
  1. Vitamin B1, B2, B3, dan B6 : Vitamin B1 ( tiamin ), B2 ( riboflavin ), B3 ( niasin ), dan B - 6 adalah semua bentuk vitamin B, yang membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Vitamin B1 yang terdapat dalam buah pisang juga dikenal untuk membantu dalam mengobati stres. Vitamin B2 adalah antioksidan yang juga membantu vitamin B6 dan folat, yang diubah menjadi bentuk yang dapat digunakan dalam tubuh. 
  2. Vitamin C : buah pisang  mengandung vitamin C yang penting untuk pertumbuhan tubuh kita. Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat membantu mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. vitamin C juga dapat membantu dalam pencegahan kanker, penyakit jantung, dan arthritis. 
  3. Buah pisang merupakan sumber kalium dan magnesium yang membantu dalam menstabilkan tekanan darah dan melindungi jantung. 
  4. Vitamin A, E, dan K : Vitamin A sangat baik untuk penglihatan sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin A buah Pisang juga memiliki kandungan vitamin E dan K. Ketiga vitamin tersebut bekerja sebagai antioksidan dan juga diyakini memainkan peran penting dalam mencegah jenis kanker tertentu, penyakit jantung, dan diabetes. vitamin K juga untuk membantu dalam mengobati pembekuan darah dan tulang lemah. 
  5. Buah pisang  mengandung senyawa yang disebut protease inhibitor yang berfungsi melindungi perut dari bakteri  yang menyebabkan gangguan perut. 
  6. Buah pisang merupakan sumber  fructooligosaccharides yang bertindak sebagai prebiotik sekaligus merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. buah pisang juga melindungi kita dari bakteri berbahaya yang menyebabkan gangguan pada lambung. 
  7. Buah pisang merupakan sumber yang baik dari karotenoid yang merupakan antioksidan yang berperan dalam melindungi tubuh  terhadap kondisi penyakit kronis. buah pisang juga memiliki kandungan senyawa fenolik antioksidan yang tinggi. 
  8. Karbohidrat yang mudah dicerna. Karbohidrat dalam buah pisang dicerna oleh tubuh dan diubah menjadi glukosa ( gula ). Tidak ada buah lain mengandung karbohidrat yang lebih mudah dicerna daripada buah pisang. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, karena tubuh kita lebih mudah dan cepat membakar kalori dari karbohidrat dibandingkan dengan kalori dari lemak atau protein.
Kandungan vitamin dalam buah pisang:

Folat , DFE 24 mg
Vitamin B - 6 0,433 mg
Riboflavin 0,086 mg
Niacin 0,785 mg
Thiamin 0,037 mg
Vitamin A, IU 76 IU
Vitamin A, RAE 4 mg
Vitamin K ( phylloquinone ) 0,6 mg
Vitamin E ( alfa-tokoferol ) 0,12 mg
Vitamin C ( asam askorbat jumlah ) 10,3 mg
Kandungan mineral dalam buah pisang: 

Kalsium 6 mg
Besi 0.31 mg
Magnesium 32 mg
Fosfor 26 mg
Kalium 422 mg
Sodium 1 mg
Zinc 0.18 mg

Kandungan nutrisi dalam buah pisang:

Energi 105 kkal
Karbohidrat 26,95 g
Protein 1.29 g
Jumlah Dietary Fiber 3,1 g
Jumlah Gula 14,43 g
Jumlah Lemak 0.39 g
Air 88,39 g

Sumber : usda.gov

Itulah beberapa daftar kandungan nutrisi buah pisang. Manfaat buah pisang sangat banyak untuk kesehatan itulah salah satu yang membuat buah pisang sangat digemari oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar