Selasa, 17 Desember 2013

Khasiat manfaat kunyit yang luarbiasa

Khasiat dan manfaat kunyit yang sangat mengagumkan untuk kesehatan dan pengobatan dari berbagai macam penyakit. Kunyit berasal dari akar tanaman Curcuma longa yang memiliki kulit coklat  dan daging berwarna oranye. Kunyit telah lama digunakan sebagai anti-inflamasi di kedokteran  Cina dan India. Kunyit telah digunakan sejak lama sebagai bumbu, penyembuhan, obat dan pewarna tekstil.

Menurut Journal of American Chemical Society, kunyit mengandung berbagai macam antioksidan, antivirus, antibakteri, antijamur, antikarsinogenik, antimutagenik dan anti-inflamasi. Kunyit  juga mengandung beberapa nutrisi seperti, sarat protein, serat, niasin, vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, natrium, kalium, kalsium, tembaga, besi, magnesium dan seng. Karena kandungan nutrisinya tersebut, yang membuat kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering digunakan untuk pengobtana dari berbagai macam penyakit.

Khasiat manfaat kunyit yang luarbiasa
Gambar: Khasiat manfaat kunyit yang luarbiasa
Berikut daftar khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan
  1. Antioksidan. Bahan aktif yang terdapat dalam kunyit adalah curcumin, yang dikenal sebagai antioksidan yang sangat kuat . 

  2. Menjaga Kesehatan Jantung. Kunyit mampu mengurangi risiko pembekuan darah dan mencegah dari penumpukan plak di arteri, yang membantu dalam melawan stroke dan masalah pembekuan terkait lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik , yang keduanya berperan dalam menjaga  kesehatan jantung. 

  3. Memperlambat proses  Alzheimer ( penyakit menurunnya daya ingat ). Para peneliti mempelajari efek kurkumin yang terdapat dalam kunyit memiliki manfaat untuk memperlambat proses alzheimer. Orang-orang di India yang berusia 70 tahun lebih, memiliki tingkat lebih rendah untuk mengidap penyakit Alzheimer dibandingakan dengan  orang yang berusia sama di Amerika Serikat. Banyak yang mengagnggap hal tersebut dikarenakan tingginya asupan kari India, yang dibuat dengan kunyit. 

  4. Menjaga kesehatan hati. Manfaat sehat dari kunyit sangat banyak, bahkan dalam sebuah penelitian pada tahun 2007 pada tikus, telah  menemukan bahwa kurkumin pada kunyit mampu melindungi dari  kerusakan hati. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu menekan produksi protein tertentu yang dapat mencegah peradangan. 

  5. Mencegah Diabetes. Penelitian pada tikus telah menunjukkan bahwa kunyit  dapat membantu menjaga kestabilan  gula darah serta mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2008 lalu, para ilmuwan juga menemukan bahwa kunyit dapat membantu peradangan yang berkaitan dengan obesitas. 

  6. Mencegah kolesterol. kolesterol merupakan salah satu penyebab timbulnya berbagai macam masalah kesehatan, akan tetapi taukah anda bahwa kunyit memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol ? Penelitian telah membuktikan bahwa menggunakan kunyit sebagai bumbu dalam makanan dapat menurunkan kadar kolesterol.  

  7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kunyit mengandung  lipopolisakarida, yang ber-manfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Yang berfungsi sebagai antibakteri, antivirus dan antijamur yang juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lemahnya  sistem kekebalan tubuh dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti pilek, flu dan batuk. Jika anda mengalami flu  dan batuk anda bisa menggunkan kunyit sebagai obat tradisional, dengan cara mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat. 

  8. Membantu penyembuhan luka. Kunyit merupakan salah satu antiseptik dan antibakteri alami yang dapat membantu penyembuhan luka.  Jika Anda mengalami luka bakar, anda dapat menggunakan kunyit dengan cara menaburkan kunyit pada daerah yang terkena luka bakar untuk mempercepat proses penyembuhan. Selain itu Kunyit juga bermanfaat dalam membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kulit. 

  9. Menstabilkan berat badan. Bubuk kunyit memiliki manfaat untuk membantu dalam menjaga kestabilan berat badan. Sebuah zat yang terdapat  dalam kunyit dapat membantu meningkatkanaliran empedu, zat  tersebut juga ber-manfaat dalam pemecahanlemak makanan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan atau mencegah obesitas  bisa menggunakan satu sendok teh bubuk kunyit pada makanan. 

  10. Sebagai antibiotik alami. Kunyit merupakan antibiotikdan antiseptik  alami yang secara historis telah digunakansebagai salep herbaluntuk mengobati segala macam luka kecil, goresan, atau penyakit kulit lainnya. Minyak esensial dari Kunyitmerupakan antibiotik topikal yang sangat kuat yang dapat  membantu mencegah infeksi dan sepsis pada luka. Selain itu penyakit kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim juga bisa diobati dengan ramuan kunyit. kunyit juga bermanfaat untuk membantumenghentikan rasa sakit dan bengkakyang diakibatkan oleh luka serta membantu  penyembuhan jaringan kulit yang rusak. 
Khasiat dan Manfaat kunyit ternyata memang sangat banyak sekali untuk kesehatan. Anda dapat menggunakannya sebagai bumbu dapur atau menaburkannya ke makanan kemudian anda akan mendapatkan manfaat yang luarbiasa darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar