Jumat, 02 Mei 2014

20 Manfaat daun salam yang luar biasa

20 manfaat daun salam yang sangat luar biasa untuk kesehatan dan perawatan. Daun salam merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun salam biasanya digunakan sebagai bumbu oleh beberapa bangsa seperti india dan nepal, selain sebagai bumbu daun salam juga sudah digunakan sejak dulu sebagai ramuan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, untuk tau lebih banyak mengenai manfaat daun salam berikut:

20 Manfaat daun salam yang luar biasa
  1. Anti inflamasi. Daun salam memang terkenal memiliki beberapa zat yang sangat menguntungkan untuk kesehatan sehingga membuatnya sangat ampuh untuk djadikan sebagai bahan antiinflamasi. Minyak dari daun salam dapat dijadikan sebagai obat pijit yang bermanfaat untuk membantu mengurangi nyeri sendi dan otot, termasuk rasa sakit radang sendi.  
Manfaat daun salam yang luar biasa
 Gambar: Manfaat daun salam yang luar biasa
  1. Membantu mengobati diabetes. Sifat antioksidan daun salam dapat membantu mengobati penyakit diabetes, dengan cara membantu tubuh untuk memproses insulin secara efisien.  

  2. Membantu menjaga kesehatan pencernaan. Daun salam dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan. Manfaat daun salam juga dapat digunakan sebagai obat kembung, perut bergas  dan masalah lainnya terkait dengan pencernaan. 

  3. Analgesik alami. Minyak daun salam dapat mengurangi rasa sakit, dan sangat efektif dalam membantu mnegobati nyeri akibat batuk dan pilek, infeksi virus, dan keseleo. Daun salam merupakan analgesik alami yang tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan, tidak seperti  pil analgesik yang tersedia di pasar, yang menyebabkan kerusakan pada jantung, sistem pencernaan, dan sistem saraf. 

  4. Kaya akan nutrisi penting. Daun salam memiliki banyak nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk tubuh, beberapa kandungan daun salam diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, zat besi, mangan, kalsium, kalium dan magnesium. Semua nutrisi tersebut memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh kita sehingga mengkonsumsi daun salam atau menggunakan minyak daun salam memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. 

  5. Antiseptik. Minyak dari daun salam memiliki manfaat untuk mencegah infeksi yang diakibatkan oleh luka sehingga mencegahya dari titanus terutama luka yang disebabkan oleh benda seperti besi, sifat antiseptik yang dimiliki daun salam juga dapat melindungi luka terhadap infeksi tersebut dan menghambat pertumbuhan bakteri.

  6. Antibiotik. Selain sebagai antiseptik daun salam juga dikenal memiliki sifat antibiotik sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dalam tubuh, hal tersebut dapat mencegah infeksi di dalam tubuh anda saat terjadi luka. Salah satu manfaat lain yang bisa anda dapatkan saat menggunakan daun salam sebagai antibiotik adalah daun salam lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang signifikan selama anda tidak menggunakannya secara berlebihan. 

  7. Menjaga kesehatan jantung. Beberapa senyawa seperti asamcaffeic, salisilat dapat bekerja dalam mencegah pembentukan plak di arteri dan menurunkan risikoaterosklerosis, stroke dan serangan jantung. Daun salam juga dapat melancarkan sirkulasi darah yang tepat ke jantung dan bagian lain dari tubuh. 

  8. Memperkuat sisitem imun. Daun salam diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh di mana ia membantu tubuh untuk melawan infeksidan penyakit yang menyerang sistem imun. Hal tersebut dikarenakan daun salam memiliki kandungan linalool, yang merupakan senyawa yang banyak ditemukan dalam minyak aromaterapi. 

  9. Sumber asam folat. Daun salam memang kaya akan kandungan nutrisi penting mulai dari mineral, vitamin sampai dengan asam folat. Karena nutrisinya tersebutlah maka tidak heran jika daun salam memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Dalam 100 gram  daun salam mengandung sekitar 180 mg atau 45 % dari kebutuhan asam folat harian anda (dari yang direkomendasikan). Folat sangat diperlukan terutama pada masa kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. 

  10. Untuk menghilangkan kutu. Cara penggunaannya adalah rebus sekitar 50 gram daun salam yang sudah dihancurkan dalam 400 ml, tunggu hingga air tersebut tersisa kira-kira ¼ dari jumlah tadi. Gunakan ramuan dari daun salam tersebut untuk membasuh rambut kepala anda sampai dengan ke akarnya. Tunggu selama 3 sampai 4 jam kemudian bersihkan dengan air. Cara tersebut memiiki manfaat untuk mengusir kutu dari kepala anda sekaligus membuat rabut anda terlihat lebih hitam. 

  11. Membantu mencegah penuaan pada kulit. Daun salam dapat mengatasi stres pada kulit sehingga dapat mencegah terjadinya keriput dan membuat kulit anda tampak sehat. Siapkan kira-kira 6 lembar daun salam yang sudah dikeringkan kemudian rebus dengan 2 gelas air selama kurang lebih 2 menit, setelah itu angkat dan tunggu kira-kira 2 menit kemudian anda dapat menghirup uap dari air rebusan daun salam tersebut untuk mencegah penuaan pada kulit anda. 

  12. Merangsang kehamilan. Daun salam yang dicampur dengan tanaman adas manis kemudian dimasukkan ke dalam organ kewanitaan dapat berguna untuk menginduksi kehamilan. 

  13. Membantu mengatasi masalah menstruasi. Jika anda memiliki gangguan pada saat menstruasi tidak ada salahnya menggunakan daun salam, ramuan daun memiliki sifat merangsang menstruasi yang teratur dan normal. 

  14. Melancarkan sirkulasi darah. Banyak penyakit yang bisa timbul akibat kurang lancarnya sirkulasi darah di dalam tubuh anda, oleh sebab itu sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada gangguan dalam sirkulasi darah anda. Menggunakan Minyak dari ekstrak daun salam ke seluruh tubuh anda diketahui memiliki manfaat untuk mlancarkan peredaran darah. 

  15. Mengatasi ketombe. Ternyata manfaat daun salam memang sangat banyak sekali untuk kesehatan dan tubuh manusia, bukan hanya mengatasi berbagai macam masalah penyakit akan tetapi daun salam juga dapat digunakan sebagai bahan perawatan rambut untuk membantu mengatasi ketombe. 

  16. Membantu mempercepat penyembuhan luka. Daun salam memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik. Maka tidak heran jika daun salam sering digunakan untuk mengobati sengatan serangga dan membantu menyembuhkan luka dan memar. Minyak daun salam ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat menyembuhkan infeksi pada kulit. 

  17. Mengatasi darah tinggi. Daun salam sering digunakan sebagai salah satu bahan utama produk herbal karena kemampuannya dalam mengatasi darah tinggi. 

  18. Mengatasi mimisan. Manfaat daun salam yang terakhir adalah mengatsi mimisan. Hancurkan 2 sampai 3 lembar daun salam segar atau yang sudah dikeringkan kemudian Rebus dalam 200 ml air sampai tersisa setengah saja. Saring dan minum ramuan tersebut untuk mebantu mengatasi mimisan. Selain daun salam daun sirih juga dapat mengobati mimisan baca 16 manfaat daun sirih yang luar biasa
Nah, setelah anda membaca 20 manfaat daun salam yang luar biasa tadi apakah anda tertarik untuk menggunakan daun salam sebagai bahan perawatan kesehatan anda? Cara alami selain lebih murah juga pastinya lebih aman tentunya dengan kadar yang tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar