Sabtu, 17 Mei 2014

Manfaat Minyak Kelapa untuk tubuh


Minyak kelapa sering dikenal di masyarakat kita hanya sebagai minyak goreng dan mungkin tidak banyak yang tahu bahwa minyak kelapa memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Untuk tau lebih banyak apa saja manfata minyak kelapa untuk kesheatan berikut:

Manfaat Minyak Kelapa
Gambar: Manfaat Minyak Kelapa
  1. Minyak kelapa sebagai antijamur. Selain penggunaanya sebagai minyak goreng minyak kelapa ternyata juga merupakan bahan alami untuk mencegah munculnya jamur, sehingga sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah yang ditimbulkan oleh jamur seperti panu dsb.

  2. Menambah kuantitas ASI pada ibu menyusui. Minyak kelapa yang masih murni dan belum melalui proses kimia (Extra Virgin), dapat dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui untuk memperkaya jumlah ASI.

  3. Mencegah mimisan. Kondisi hidung berdarah atau mimisan terjadi akibat keringnya saluran hidung karena udara dingin atau kering yang mengakibatkan luka bakar dan retakan pada selaput lendir sehingga terjadilah pendarahan pada lubang hidung atau yang biasa kita kenal dengan sebutan mimisan. Kondisi ini dapat dicegah dengan menggunakan manfaat minyak kelapa, caranya cukup mencelupkan kedua jari anda pada minyak kelapa kemudian memasukkan ke dalam lubang hidung.

  4. Mencegah stres. Minyak kelapa dapat anda jadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan stres dan juga masalah mental lainnya. Mengoleskan minyak kelapa ke kepala anda sambil memijat, akan membuat anda menjadi lebih rileks dan juga tenang. 

  5. Menjaga kesehatan jantung. Minyak kelapa sering dianggap tidak baik untuk jantung karena dapat memicu naiknya kadar kolesterol, sebenarnya tidak demikian, minyak kelapa yang masih murni dapat meningkatkan produksi  kolesterol baik(HDL) dan sebaliknya minyak kelapa dapat menurunkan kolesterol buruk atau (LDL) tentunya hal ini dapat menghindarkan  anda dari penyakit jantung.

  6. Membantu menurunkan berat badan. Meskipun minyak kelapa merupakan lemak,  akan tetapi minyak kelapa dapat membantu menurunkan berat badan anda. Tidak seperti lemak lainnya, lemak dari minyak kelapa akan dikirim langsung ke hati dan diubah menjadi energi  dengan demikian tubuh anda tidak menyimpan lemak tersebut. 

  7. Menjaga kesehatan pencernaan. Bagi anda yang memiliki masalah dengan pencernaan tidak ada salahnya menggunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk mencegah dan mengatasi maslaah tersebut. Minyak kelapa  deiketahui dapat membantu penyerapan nutrisi seperti vitamin, mineral dan asam amino, selain itu minyak kelapa  juga bersifat antimikroba yang memiliki manfaat untuk membantu dalam membunuh bakteri, jamur, dan parasit yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

  8. Mengatasi luka bakar. Minyak kelapa dapat membantu proses penyembuhan luka bakar sekaligus mencegahnya dari infeksi. Cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian tubuh yang terkena luka bakar akan mempercepat proses penyembuhan dan membantu mencegah timbulnya bekas pada luka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar