Rabu, 21 Mei 2014

20 Makanan yang mengandung karbohidrat alami

20 Makanan yang mengandung karbohidrat alami yang dapat memberikan pasokan energi kepada anda tanpa memberikan efek yang buruk pada kesehatan. Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, makanan yang mengandung karbohidrat juga merupakan sumber energi yang mendukung tubuh kita untuk beraktifitas, akan tetapi sayangnya kelebihan karbohidrat dapat menjadi salah satu faktor munculnya berbagai macam gangguan kesehatan, seperti diabetes, obesitas dan juga masalah pencernaan lainnya. Untuk itu anda harus membatasi jumlah karbohidrat serta memenuhi nutrisi penting lainnnya seperti vitamin dan mineral. Berikut beberapa makanan yang mengandung tinggi karbohidrat: 

20 Makanan yang mengandung karbohidrat alami
Gambar: 20 Makanan yang mengandung karbohidrat alami
  1. Pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung tinggi karbohidrat, tidak heran jika mengkonsumsi pisang dapat membuat anda kenyang, rasa manis yang dihasilkan dari buah yang satu ini juga dapat memberikan pasokan energi yang melimpah sehingga bagi anda yang memiliki aktifitas yang membutuhkan energi ekstra jangan lupa untuk memasukkan pisang ke dalam daftar makanan sehat anda. 

  2. Kentang. makanan yang padat dan mengenyangkan ini merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sangat baik, kentang dapat anda jadikan sebagai salah satu alternatif pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Akan tetapi anda harus berhati-hati mengolah makanan yang satu ini karena salah pengolahan akan menjadikan kentang sebagai salah satu makanan yang mengerikan. ushakan jangan menyajikan kentang dalam bentuk digoreng karena akan memberikan tambahan lemak. Bukan hanya kentang saja makanan yang mengandung karbohidrat lainnya juga sangat tidak disarankan disajikan dalam bentuk digoreng. 

  3. Gandum. Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu makanan utama yang menyediakan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, berbeda dengan nasi, gandum  memiliki kandungan serat yang lebih tinggi sekaligus kadar gula yang rendah. Jadi untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang cobalah sesekali menggunakan gandum  sebagai makanan utama anda. 

  4. Strawberry. makanan ini kaya kan kandungan vitamin C dan juga mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, walaupun strawberry tidak memiliki kandungan karbohidrat setinggi pisang, akan tetapi buah yang satu ini memiliki nutrisi yang cukup banyak. Keluarga berry seperti strawberry, blueberry dan juga blcakberry merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang cukup kuat, sehingga dengan mengkonsumsi makanan ini anda akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak dari pada hanya sekedar mendapatkan asupan karbohidrat. 

  5. Yogurt rendah lemak. Yogurt merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh kita, mengkonsumsi yogurt akan membuat anda mendapatkan energi dengan cepat karena memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, akan tetapi anda tidak perlu khawatir dengan efek buruk yang ditimbulkannya selama anda mengkonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan. 

  6. Kacang-kacangan. Sumber karbohdirat dari kaang-kacangan sangat baik karena bukan hanya menyediakn karbohidrat saja, kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. 

  7. Sayuran hijau.  Sayuran yang memiliki warna hijau gelap selain mengandung karbohidtar juga menyediakan berbegai nutrisi penting lainnya seperti zat besi, protein dan juga vitamin. Sayuran bukan merupakan sumber karbohidrat utama dan hanya dijadikan pelengkap makanan utama. 

  8. Ubi jalar. Makanan yang satu ini memang padat dengan karbohidrat, ubi jalar mengandung karbohidrat sekitar  20.12 g. Ubi juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan kandungan vitamin A dengan jumlah mencapai 14.187 IU. 

  9. Jagung. Jagung merupakan salah satu makanan pokok orang madura yang sangat kaya akan kandungan karbohidrat. Jagung memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan beras, jagung memiliki lebih rendah kandungan gula sehingga sangat baik dijadikan makanan pokok bagi penderita diabetes. 

  10. Telur. Telur sering dihindari beberapa orang karena dinilai memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan karena diketahui memiliki tinggi kandungan lemak. Telur sebenarnya merupakan makanan sehat yang mengandung berbagai macam nutrisi penting yang sangat lengkap seperti, vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan juga asam lemak omega 3. 

  11. Oatmeal. Oatmeal adalah makanan yang sangat baik untuk sarapan karena memberikan kandungan karbohidrat yang cukup banyak dan juga rendah lemak sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Satu setengah cangkir oatmeal menyediakan 54 gramkarbohidrat. 

  12. Tomat. Tomat merupakan sumber yang kaya akan kandungan karbohidrat dalam satu cangkir tomat mengandung kira-kira 21 gram karbohidrat. 

  13. Beras merah. Beras merah adalah makanan dengan karbohidrat yang baik, berbeda dengan beras putih beras merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan anda. 

  14. Buah apel. Apel mengandung sekitar 14,4 g karbohidrat dan nutrisi penting lainnya, sehingga cukup baik untuk dikonsumsi selama dengan jumlah yag tidak berlebihan. 

  15. Buah sawo. Buah yang memiliki rasa manis ini memang sangat digemari banyak orang, buah sawo mengandung karbohidrat yang ckuup tinggi yaitu  19,2 g. 

  16. Buah jeruk. Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini sangat lezat dikonsmusi ketika dalam keadaan panas. Buah Jeruk  mengandung sekitar 11,5 gram karbohidrat. 

  17. Kedelai. Kacang kedelai mengandung 30,1 gram karbohidrat. 

  18. Melon. Melon merupakan sumber vitamin C yang cukup baik, selain vitamin C melon juga mengandung karbohidrat sebesar 5,5 gram karbohidrat danmemiliki indeks glikemik rata-rata 72. 

  19. Buah mangga. Mangga mengandung karbohidrat sekitar 16,4 g dan cukup banyak jika dibandingakan dengan buah lainnya. 

  20. Singkong. singkong mengandung sekitar 31 gram karbohidrat, 1.10 g protein, Kolesterol 0 dan Sodium 2 mg.
Demikianlah 20 makanan yang mengandung karbohidrat alamiyang baik untuk kesehatan anda, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar