Senin, 07 Oktober 2013

Manfaat buah pisang untuk kesehatan

Manfaat buah pisang untuk kesehatan - Pisang berasal dari Malaysia sekitar 4.000 tahun yang lalu . Pisang diperkenalkan ke Amerika oleh penjelajah Portugis pada akhir abad kelima belas . Meskipun pisang tumbuh di hampir semua daerah tropis dan subtropis , produsen komersial utama adalah Meksiko , Kosta Rika , Brazil dan Ekuador.

Buah pisang merupakan buah yang sangat lezat  dan banyak mengandung nilai gizi yang baik untuk tubuh kita, buah pisang mengandung Vitamin B1, B2, dan B 6, selain itu buah pisang juga mengandung berbagai macam mineral penting seperti kalsium, kalium, fosfor, sodium dan magnesium. buah pisang  juga sangat mudah didapat karena mudah untuk ditanam di iklim tropis seprti Indonesia. 

Umumnya, buah merupakan sumber vitamin B6 yang buruk, tapi buah pisang adalah pengecualian , satu porsi buah pisang memiliki lebih dari 30 persen dari jumlah kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin B6 juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda, dan studi terbaru telah menemukan bahwa kekurangan jangka panjang vitamin B6 dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
Manfaat buah pisang untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah pisang untuk kesehatan
Selain itu harga buah pisang yang relatif murah juga salah satu nilai plus buah ini dan menjadikannya sebagai alternatif buah yang cukup terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Selain harganya yang murah rasanya yang enak dan mudah didapat ternyata buah pisang juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan anda. Di bawah ini beberapa Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang mungkin sebagian belum anda ketahui:
  1. Manfaat buah pisang yang pertama adalah menguatkan tulang, buah pisang  diketahui mengandung prebiotik yang disebut  fructooligosaccharide, zat tersebut dapat memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisi.  Itu artinya dengan anda sering mengkonsumsi buah pisang maka akan memudahkan tubuh untuk menyerap kalsium lebih cepat dan optimal, tentu saja hal ini akan membuat tulang anda lebih kuat.

  2. Menguatkan fungsi ginjal, kalium yang terdapat dalam buah pisang memberikan efek yang sangat baik bagi ginjal anda. Selain itu kandungan fenolik dalam buah pisang yang sangat tinggi yang dapat berperan untuk melindungi ginjal anda.

  3. Menurunkan tekanan darah, bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya anda sering-sering mengkonsumsi buah pisang, karena kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah dari penyakit stroke.

  4. Menambah  energi, karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang  dapat memberikan pasokan energi yang baik bagi anda. Jika anda memiliki aktifitas yang padat atau anda seorang olahragawan sangat cocok untuk menambahkan buah pisang pada menu harian anda.

  5. Menyehatkan saluran pencernaan, buah pisang memili kandungan serat yang cukup tinggi yang berperan untuk melancarkan saluran pencernaan anda. Jika anda punya masalah dengan pencernaan maka anda harus rutin mengkonsumsi buah pisang .

  6. Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah mencegah penyakit jantung, vitamin C dan flavonoid yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu melindungi jantung anda. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin dan Olahraga dengan teratur maka insya Alloh anda akan terbebas dari penyakit jantung.

  7. Mencegah penyakit maag. Buah pisang memang memiliki sangat banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, selain dapat mencegah penyakit jantung dan menguatkan fungsi ginjal ternyata buah pisang juga dapat mencegah penyakit maag, ini disebabkan karena buah pisang memiliki efek antasid.

  8. Para peneliti telah mengungkapkan bahwa wanita yang mengkonsumsi pisang 4 sampai 6 kali seminggu memiliki risiko 50 % lebih rendah terkena kanker ginjal dibandingkan dengan wanita yang tidak makan pisang . 

  9. Pisang mengandung zat yang membantu operasi sel-sel yang membentuk lapisan perut, dengan demikian mereka membentuk penghalang lendir pelindung terhadap keasaman . Senyawa lain dalam pisang disebut inhibitor protease , membantu menghancurkan bakteri yang menyebabkan radang perut.

  10. Buah Pisang sangat ideal untuk orang yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan melalui nutrisi sehat yang dikandungnya , sementara itu buah pisang juga  memberikan manfaat untuk kekuatan tubuh sehari-hari dan kebugaran. Pisang memberikan pasokan  karbohidrat tubuh sumber utama energi  dan menyediakan sumber yang baik dari vitamin C, vitamin B6 , kalium dan serat  oleh sebab itu buah pisang sangat cocok digunakan sebagai buah untuk diet.
Ternyata buah pisang memang memiliki sangat banyak sekali manfaat bagi kesehatan, oleh sebab itu jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah pisang dan menjadikannya sebagai buah wajib sebagai pelengkap nutrisi harian anda.demikian beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar