Sabtu, 19 Oktober 2013

Makanan yang mengandung mineral penting

Makanan yang mengandung mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memaksimalkan kerja organ-organ vital dalam tubuh kita. Mineral merupakan unsur kimia yang diperlukan untuk tubuh kita. mineral bukanlah zat yang bisa dihasilkan oleh tubuh melainkan kita harus mendapatkannya dari luar yaitu berupa makanan. Makanan yang menagndung mineral Biasanya didapat dari  makanan yang berasal dari tanaman, karena tanaman menyerap mineral dari tanah. Ada banyak sumber lain dari mineral. Berikut kami sajikan makanan yang kaya mineral. Mineral bekerja dalam kombinasi dengan satu sama lain dan dengan nutrisi lainnya, sehingga ketidakseimbangan mineral dapat menyebabkan masalah kesehatan. terlalu sedikit  asupan mineral dapat menyebabkan penyakit, dan terlalu banyak mineral dapat menjadi racun dalam tubuh. baca juga daftar makanan yang mengandung kalsium.
 
Mineral berperan penting dalam pembentukan dan sintesis enzim yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai proses biokimia dalam tubuh kita. Cara terbaik untuk mendapatkan mineral dalam jumlah yang baik adalah dengan cara melakukan diet seimbang sepeti mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan sumber protein yang berbeda.

Mineral membantu dalam sintesis hormon-hormon penting, mengontrol detak jantung bersama dengan fungsi lain yang diperlukan dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Kebutuhan mineral harus  dipenuhi dalam jumlah yang normal sehingga tubuh dapat menjalankan fungsinya denganbaik dan seimbang. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti: natrium, besi, selenium, kalium, kalsium, klorida, magnesium, dan seng.  Beberapa Mineral tersebut memiliki fungsi  berbeda dalam tubuh kita. Berikut beberapa makanan yang mengandung mineral penting:
  • Kacang-kacangan, jenis kacang-kacangan biasanya memiliki jumlah mineral seperti tembaga. sedangkan kacang asin memiliki kandungan  natrium yang tinggi di dalamnya. Beberapa jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan mineral cukup tinggi adalah: kacang Brasil, kacang mete, Amaranth, durum, Rye, Barley, biji Labu, Spelt, Buckwheat. 

  • Buah-buahan. Selain kaya akan vitamin dan serat buah-Buahan juga memiliki kandungan mineral yang cukup baik. Beberapa buah yang mengandung mineral diantaranya: buah Jeruk, Blackberry, buah Pir, Buah Pisang, Grapefruits, kismis hitam, delima, Buah alpukat, aprikot, buah Kiwi, buah  jambu, dan Buah semangka. 

  • Sayur-sayuran, mineral juga bisa didapatkan dari berbagai macam sayur-sayuran. Beberapa sayuran yang mengandung mineral cukup tinggi adalah: Seledri, Butternut squash Okra, daun Amaranth, Kale, Swiss chard, Bok Choy, ubi, Turnip, kacang Perancis, kubis Brussel, Taro, Artichoke. Untuk itu anda dapat memenuhi kebutuhan mineral harian anda dengan mengkonsumsi perpaduan antara buah dan sayur.

  •  Seafood, bagi anda yang merupakan penggemar seafood patut bergembira karena selain rasanya yang enak seafood juga merupakan makanan yang kaya akan sumber mineral seperti zinc, selenium, tembaga dan besi. 

  • Jamur, jamur merupakan makanan yang mengandung mineral yang selanjutnya. jamur saat ini sudah mudah dibudidayakan dan bisa dijadikan berbagai macam olahan makanan. Jamur merupakan sumber mineral yang baik bagi tubuh kita. Selain itu jamur juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi terutama jamur tiram.
Salah satu makanan jenis mineral yang sangat penting adalah Magnesiu. magnesium merupakan mineral penting untuk memperkuat tulang. Setengah dari magnesium dalam tubuh dapat kita temukan dalam tulang. Selain itu, tubuh menggunakan magnesium untuk mengatur denyut jantung, fungsi saraf dan gerakan otot. Wanita setidaknya membutuhkan 310 mg magnesium dan pria membutuhkan 400 mg setiap hari. Makanan yang berbahan susu, kacang-kacangan, bayam, makanan laut, dan kedelai merupakan sumber mineral (magnesium) yang sangat baik.

Setiap bagian tubuh kita terdiri dari mineral seperti halnya rambut, tulang, organ-organ penting, otot dll. Jadi untuk itu kita harus memastikan bahwa tubuh kita  mendapatkan asupan  mineral dalam jumlah yang cukup dalam tubuh kita. Cobalah untuk mengkonsumsi  daftar makanan yang disebutkan di atas. Organ tubuh kita berbeda dan memerlukan jenis mineral yang berbeda pula.

Tubuh kita tidak dapat menghasilkan mineral dengan sendirinya untuk itu kita harus mendapatkannya  dari makanan yang kita konsumsi. Jika kita tidak berhati-hati dan tidak memenuhi kebutuhan mineral yang cukup pada tubuh kita maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu anda harus benar-benar memperhitungkan jumlah makanan yang anda konsumsi apakah sudah memenuhi cukup mineral yang anda butuhkan ataukah tidak.

Demikian beberapa daftar makanan yang mengandung mineral penting yang bisa anda masukkan ke dalam menu makanan diet sehat anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar