Minggu, 20 Oktober 2013

Olahraga untuk menurunkan berat badan

Mengingat manfaat olahraga sangat banyak untuk kesehatan maka sudah seharusnya kita mulai memperhatikan dan juga rutin untuk melakukannya. Olahraga memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan seseorang dan kebugaran fisik, banyak manfaat yang didapat dari berolahraga mulai dari menyehatkan badan, menguatkan tulang, memperlancar peredaran darah sampai menurunkan berat badan.
Pada dasarnya hampir semua jenis olahraga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk keshatan dan dapat menurunkan berat badan karena saat kita melakukan aktifitas olahraga maka kita akan membakar kalori dan lemak. Akan tetapi ada beberapa jenis olahraga yang sangat ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Berikut beberapa Jenis Olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat:
  • Lari, berlari memang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik dan efektif untuk membakar tumpukan lemak di dalam tubuh anda, anda dapat melakukannya minimal 2 kali dalam seminggu dengan durasi kira-kira setengah samapi 1 jam. Selain membakar lemak manfaat lain berlari adalah untuk menjaga kesehatan ajntung dan mengutakan oto kaki.
Gambar Olahraga yang dapat menurunkan berat badan
Gambar: Olahraga yang dapat menurunkan berat badan
  • Bersepeda, bersepeda selain menyenangkan juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan juga untuk menurunkan berat badan, anda dapat melakukannya dengan teman ataupun keluarga anda agar acara bersepeda anda lebih menyenangkan dan pastinya tidak membosankan. Selain dapat menurunkan berat badan bersepeda juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan membantu menstabilkan tekanan darah. Untuk itu mulailah melakukan aktifitas bersepeda agar anda mendapatkan tubuh yang sehat.

  • Site Up, yup olahraga jenis ini memang terbukti ampuh untuk membantu anda mendapatkan perut yang berotot sekaligus juga ampuh untuk membakar lemak khususnya lemak yang ada di  perut. Peneliti Rush University Medical Center dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 lalu yang dipublikasikan dalam jurnal Obesitas, menemukan bahwa ada hubungan antara tingkat testosteron yang rendah dan berfluktuasi pada wanita yang mengalami menopause dapat mengakumulasi lemak visceral yakni lemak yang menumpuk di sekitar organ vital di dekat pinggang. Kadar testosteron justru terbukti menjadi prediktor terkuat lemak visceral. Dengan anda melakukan  sit up secara rutin maka akan  membantu anda untuk menjaga lemak di perut. 

  • Push up, olahraga jenis ini pada dasarnya merupakan jenis olahraga yang membantu untuk  melatih otot tangan dan dada, selain untuk melatih otot push up sebenarnya juga sangat cocok untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Tentunya saat anda  melakukan gerakan push up, maka tubuh anda akan membutuhka energi yang besar. Maka energi tersebut mungkin saja diambil dari cadangan lemak anda, maka dari itu push up merupakan salah satu jenis olahraga yang tepat untuk membakar kalori dan membantu anda untuk menurunkan berat badan. 

  • Berenang, berenang merupakan salah satu olahraga terbaik yang sangat dianjurkan karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Selain dapat menjaga ksehatan jantung dan menurunkan berat badan berenang juga sangat ampuh untuk membantu menurunkan berat badan. Saat anda melakukan aktifitas berenang akan ada banyak kalori yang anda bakar, untuk setiap 10 menit renang gaya dada  akan membakar 60 kalori,  gaya punggung 80 kalori, gaya bebas sampai dengan 100 kalori , dan gaya kupu-kupu yg paling mengesankan , yaitui bisa mencapai 150 kalori. 

  • Sepakbola, sepakbola merupakan salah satu olahraga yang sangat menyenangkan dan paling populer saat ini, selain menyenangkan sepakbola juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan dapat menurun kanberat badan. Saat anda melakukan olaharaga ini mungkin anda tidak akan merasa capek terutama jika anda menikamtinya, jadi intinya adalah pilihlah olahraga yang paling anda senangi agar anda tidak merasa bosan untuk melakukannya dengan rutin.
Demikian beberapa jenis olahraga untuk menurunkan berat badan, manfaat olahraga sangat banyak untuk kesehatan bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja akan tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Mulailah hidup sehat dengan rutin melakukan olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar