Senin, 10 Februari 2014

Manfaat buah melon untuk kesehatan

Manfaat buah melon yang sangat banyak untuk kesehatan yang belum diketahui oleh banyak orang. Umumnya Buah melon memiliki bentuk bulat tapi ada juga yang berbentuk lonjong, dengan berat rata-rata 450-850 gram. Buah melon memiliki warna oranye dengan tekstur lembut juicy. Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis menyegarkan sekaligus aroma yang khas.

Buah melon sangat rendah kalori dalam 100 g daging buahnya hanya memiliki 34 kalori dan lemak. Meskipun demikian, buah melon memiliki berbagai macam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, beberapa diantaranya seperti poli - fenolik, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat buah melon untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah melon untuk kesehatan

  1. Kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan vitamin yang berperan sebagai antioksidan yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan dalam tubuh. Hal Ini berfungsi dalam penyembuhan luka dan perbaikan tulang rawan, tulang dan gigi. Orang dewasa setidaknya membutuhkan 90 mg vitamin C  per hari. 1 cangkir buah melon menyediakan 65 mg vitamin C.  Untuk itu dengan mengkonsumsi buah melon akan membantun anda dalam memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. 

  2. Sumber vitamin A. Selain kaya akan kandungan vitamin C nya Buah yang satu ini juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik,  dalam 100 g buah melon menyediakan 3382 IU atau sekitar 112 % dari kebutuhan harian yang direkomendasikan, hal tersebut menempatkan buah melon menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin A tertinggi. Elain vitamin C Vitamin A juga merupakan antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas ekalgus mencegah penyakit mata eperti katarak dan degenerasi makula terkait usia. mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin A diketahui dapat membantu melindungi dari penyakit paru-paru dan kanker rongga mulut. 

  3. Kaya akan kandungan mineral. Salah satu kandungan mineral yang dimiliki buah melon adalah Kalium. kalium merupakan mineral penting yang bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan jantung. Dengan Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium dalam diet anda dapat menurunkan tekanan darah. Orang dewasa setidaknya membutuhkan 4700 mg kalium per hari. Dan buah melon mengandung 473 mg per 1 cangkir. 

  4. Buah melon merupakan buah sumber likopen. likopen merupakan antioksidan yang sangat kuat yang memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan sel. Konsumsi likopen diketahui dapat menurunkane resiko kanker tertentu dan mengurangi risiko serangan jantung. 1 ½ cangkir buah melon mentah mengandung sekitar 9 sampai 13 mg likopen.

Manfaat buah melon memang cukup berfariasi untuk kehatan, hal terebut dikarenakan buah melon memiliki kandungan nurtrisi yang sangat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar