Minggu, 23 Februari 2014

ini dia, makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil. Memenuhi nutrisi saat hamil merupakan suatu keharusan karena kurangnya asupan nutrisi saat masa kehamilan akan berakibat buruk pada calon bayi. Sang ibu dituntut untuk panda-pandai memilih makanan sehat untuk dikonsumsi saat masa kehamilan berlangsung.  Berikut beberapa daftar makanan sehat untuk ibu hamil:

  1. Buah-buahan. Bagi ibu hamil cobalah untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi seperti buah pisang, buah apel dan buah jeruk. Buah-buahan bukan hanya baik untuk pemenuhan nutrisi sang buah hati tapi juga bisa memberikan tambahan energi bagi sang ibu, karena buah-buahan kaya akan kandungan gula alami dan mineral penting yang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. 
Makanan sehat untuk ibu hamil
Gambart: makanan sehat untuk ibu hamil
  1. Yogurt. Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang sangat baik untuk tulang, mengkonsumi yogurt dapat membantu anda dalam memenuhi sekitar 25 persen  dari kebutuhan kalsium harian anda, selain kalsium. Asupan nutrisi seperti kalsium dan protein juga sangat dibutuhkan pada saat masa kehamilan. Selain kalsium  yogurt  juga mengandung probiotik antibakteri yang bermanfaat untuk membantu melindungi saluran pencernaan anda. 

  2. Biji-bijian. Jenis Biji-bijian menyediakan karbohidrat penting yang merupakan sumber utama dari energi tubuh. Biji-bijian juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan sang buah hati seperti serat, zat besi, protein, vitamin B, dan berbagai macam mineral.

  3. Wortel. Sayur yang satu ini kaya akan kandungan  vitamin A dan serat, vitamin sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk memberikan energi tambahan pada sang ibu, sekaligus membrikan nutrisi pada sang buah hati. 

  4. Telur. Kuning telur mengandung kolin yang merupakan nutrisi penting untuk memainkan yang memiliki fungsi dalam perkembangan otak bayi sekaligus untuk sang ibu. Setidaknya  ibu hamil membutuhkan sekitar 450 mg kolin dari makanan setiap hari. 

  5. Bayam hijau. Bayam berdaun hijau ini dikemas dengan folat . " Folat sangat diperlukan pada masa awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf ( cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang ). Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K yang kesemuanya merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil dan juga si buah hati. 

  6. Paprika merah. Paprika dikenal karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Vitamin C berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh anda selama masa kehamilan . " Paprika merah memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat jika dibandingkan dengan paprika hijau - satu lonceng besar paprika merah mengandung 209 mg vitamin C, jumlah tersebut  tiga kali lipat vitamin C yang ditemukan dalam jeruk. Mengkonsumsi vitamin C juga membantu kita menyerap zat besi lebih cepat, jadi jangan lupa untuk menambahkan paprika dalam daftar makanan sehat anda. 

  7. Buah pepaya. Makanan tropis ini penuh dengan vitamin C, folat, serat dan potasium . " buah pepaya juga merupakan makanan alami untuk mencegah mulas, yang sering dialami selama masa kehamilan. Namun, wanita hamil hanya diperbolehkan makan buah pepaya yang sudah benar-benar matang, karena pepaya mentah mengandung pepsin dalam lateks mereka (resin dari pohon pepaya) , yang dapat menyebabkan kontraksi .
Di atas merupakan daftar makanan sehat untuk ibu hamilyang bisa anda jadikan pelengkap menu harian anda saat masa kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar