Sabtu, 08 Februari 2014

Cara menghilangkan kantuk

Cara dan tips sederhana untuk menghilangkan rasa kantuk yang muncul tiba-tiba. Rasa kantuk sebenarnya merupakan hal yang wajar akibat dari capek dan membutuhkan waktu  istirahat. Walaupun demikian, kantuk tidak selamanya diakibatkan karena tubuh yang capek, ada beberapa orang yang mungkin sering merasakan kantuk walaupun sudah beristirahat. Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan tubuh merasa cepat mengantuk, mulai dari kurangnya aktifitas fisik seperti berolahraga, kurang darah dan aktifitas yang membosankan. Jika kantuk datang disaat yang tidak diinginkan pasti akan mengganggu aktifitas kita dan mengurangi semangat dalam beraktifitas. Berikut beberapa tips sederahan untuk menghilangkan kantuk:

Cara menghilangkan kantuk
Gambar: Cara menghilangkan kantuk
  1. Rutin berolahraga. Aktifitas fisik dapat membantu anda lebih bersemangat sekaligus memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Berolahraga terutama di pagi hari akan memperlancar aliran darah sekaligus membuat anda lebih semangat untuk melakukan aktifitas di siang harinya. 

  2. Minum kopi. Sudah tidak diragukan lagi bahwa kopi dapat menahan rasa kantuk. Dengan mengkonsumsi  segelas kopi dapat menghindarkan anda dari rasa kantuk sehingga anda dapat melakukan aktifitas seperti biasa. Akan tetapi kopi tidak boleh diminum secara berlebihan karena akan berefek kurang baik juga untuk kesehatan. 

  3. Mandi. mandi merupakan cara yang cukup jitu untuk mengusir rasa kantuk, kesegaran air yang mengaliri tubuh akan membuatnya lebih segar dan kembali bersemangat.  

  4. Berwudlu Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk mandi Berwudlu merupakan cara yang efektif untuk mengusir kantuk. Cara ini merupakan cara instan pengusir kantuk, walaupun tidak dapat saratus persen menghilangkan kantuk tapi paling tidak dengan Berwudlu akan  membuat anda lebih fresh dan bersemangat kembali. 

  5. Mengkonsumsi lebih banyak air putih. Manfaat minum air putih sangat banyak sekali untuk kesehatan. Selain dapat mencegah berbagai macam penyakit mengkonsumsi air putih juga dapat mengusir kantuk. 

  6. Mengkonsumsi buah-buahan. Buah-buahan selain kaya akan kandungan vitamin dan mineral juga memberikan pasokan energi dari gula alami yang dimilikinya. Jadi rutin mengkonsumsi buah-buahan bukan hanya akan membuat anda lebih sehat tapi juga bersemangat. 

  7. Mengkonsumsi madu. Manfaat madu sangat banyak sekali untuk kesehatan, madu diketahui mengandung gula alami yang sangat lengkap sehingga bisa mendongkrak stamina seklaigus memberikan pasokan energi yang membuat anda lebih semangat. 

  8. Hindari begadang. Waktu istirahat yang cukup merupakan salah satu syarat untuk hidup sehat. Kurangnya waktu tidur di malam hari akan menyebabkan rasa kantuk di siang harinya sehingga akan mengganggu aktifitas harian anda.

  9.  Hindari minuman beralkohol. Minuman beralkohol selain sangat berbahaya untuk kesehatan, juga dapat membuat tubuh anda menjadi cepat lesu sehingga semakin kurang bersemangat yang pastinya akan mengurangi produktifitas anda. Keadaan seperti ini lah yang membuat anda cepat lelah dan mudah untuk mengantuk.
Tips sederhana tentang cara menghilangkan kantuk di atas semoga bisa membantu anda yang memiliki masalah dengan kantuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar