Rabu, 13 November 2013

Contoh dongeng bahasa indonesia, petani yang baik hati

Contoh dongeng bahasa indonesia, petani yang baik hati

Di suatu desa, hiduplah seorang petani yang sudah tua. Petani ini hidup seorang diri dan sangat miskin, pakaiannya penuh dengan tambalan dan rumahnya terbuat dari gubuk kayu. Musim dingin sudah tiba, Pak Petani tidak punya makanan , juga tidak mempunyai kayu bakar untuk menghangatkan diri, jadi hari ini Pak Petani hendak pergi ke pasar untuk mencari pekerjaan. Ketika keluar dari rumah, dilihatnya ada sebutir telur tergeletak diatas tanah bersalju.

Dengan hati-hati dipungutnya telur tersebut dan dibawanya ke dalam rumah. Pak Petani menyelimuti telur itu dengan kain lusuh dan meletakkannya di dalam kardus agar tetap hangat. Setelah itu dia pergi ke pasar untuk bekerja.

Pak Petani membuat telur itu menjadi hangat setiap hari sampai telur itu menetas. Ternyata telur itu adalah telur Burung Camar, mungkin induknya menjatuhkannya ketika hendak pindah ke tempat yang lebih hangat. Pak Petani merawat Burung Camar kecil itu dengan penuh kasih sayang. Dia selalu membagi setiap makanan yang diperolehnya dari bekerja di pasar. Ketika harus meninggalkan Burung Camar itu sendirian, Pak Petani akan meletakkannya di dalam kardus dan menyalakan perapian agar Burung Camar tetap hangat.

Contoh dongeng bahasa indonesia singkat, Asal mula rumah siput

Contoh dongeng bahasa indonesia singkat, Asal mula rumah siput

Dahulu kala, siput tidak membawa rumahnya kemana-mana… Pertama kali siput tinggal di sarang burung yang sudah ditinggalkan induk burung di atas pohon .

Malam terasa hangat dan siang terasa sejuk karena daun-daun pohon merintangi sinar matahari yang jatuh tepat ke sarang tempat siput tinggal. Tetapi ketika musim Hujan datang, daun-daun itu tidak bisa lagi menghalangi air hujan yang jatuh,.. siput menjadi basah dan kedinginan terkena air hujan.

Kemudian siput pindah ke dalam lubang yang ada di batang pohon, Jika hari panas, siput terlindung dengan baik, bahkan jika hujan turun, siput tidak akan basah dan kedinginan. Sepertinya aku menemukan rumah yang cocok untukku, gumam siput dalam hati.

Tetapi di suatu hari yang cerah, datanglah burung pelatuk ,, tok..tok…tok…burung pelatuk terus mematuk batang pohon tempat rumah siput, siput menjadi terganggu dan tidak bisa tidur,
Dengan hati jengkel, siput turun dari lubang batang pohon dan mencari tempat tinggal selanjutnya. Siput menemukan sebuah lubang di tanah, kelihatannya hangat jika malam datang, pikir siput. Siput membersihkan lubang tersebut dan memutuskan untuk tinggal di dalamnya, tetapi ketika malam datang, tikus-tikus datang menggali dari segala arah merusak rumah siput. Apa mau dikata, siput pergi meninggalkan lubang itu untuk mencari rumah baru….

Siput berjalan terus sampai di tepi pantai penuh dengan batu karang. Sela-sela batu karang dapat menjadi rumahku !!! siput bersorak senang, aku bisa berlindung dari panas matahari dan hujan, tidak aka nada burung pelatuk yang akan mematuk batu karang ini, dan tikus-tikus tidak akan mampu menggali lubang menembus ke batu ini.

Siput pun dapat beristirahat dengan tenang, tetapi ketika air laut pasang dan naik sampai ke atas batu karang, siput ikut tersapu bersama dengan ombak. Sekali lagi siput harus pergi mencari rumah baru. Ketika berjalan meninggalkan pantai, siput menemukan sebuah cangkang kosong, bentuknya cantik dan sangat ringan….

Karena lelah dan kedinginan, Siput masuk ke dalam cangkang itu , merasa hangat dan nyaman lalu tidur bergelung di dalamnya.

Ketika pagi datang, Siput menyadari telah menemukan rumah yang terbaik baginya. Cangkang ini sangat cocok untuknya. Aku tidak perlu lagi cepat-cepat pulang jika hujan turun, aku tidak akan kepanasan lagi, tidak ada yang akan menggangguku, …. aku akan membawa rumah ini bersamaku ke manapun aku pergi.

sumber :
dzykraarfiansyah.blogspot.com

Contoh soal PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru)

 Contoh soal PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru)

1.Ciri-ciri khas guru yang mempunyai tanggung jawab pribadi yang tinggi, kecuali :
a. Mengerjakan pekerjaan yang diberikan kepadanya secara tuntas
b. Selalu berusaha menghasilkan yang terbaik
c. Merasa bertanggung jawab atas semua yang dihasilkannya baik yang buruk atau yang jelek
d. Sering menyalahkan orang lain dan kondisi, kalau ada hal-hal yang kurang tepat salah

2.Contoh pribadi guru yang melaksanakan tugasnya secara profesional, diantaranya :
a. Setiap hari datang ke sekolah selalu pagi
b. Melaksanakan peran guru sepanjang waktu
c. Membuat jurnal harian
d. Membimbing anak les

3.Makna dari Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami guru, kecuali :
a. Sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi guru
b. Sebagai landasan moral dan pedoman tingkah laku setiap guru dalam menunaikan tugas
kepribadiannya.
c. Pedoman berperilaku di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
d. Merupakan alat yang amat penting untuk menuntut hak profesional para anggota profesi
keguruan

4.Etos kerja yang perlu dipahamidan dijadikan budaya kerja bagi guru karena beberapa alasan,
kecuali :
a. Kerja itu rahmat, oleh karena itu guru perlu jiwa besar, pikiran luas, hati baik, sumber berkah,
suka cita, ikhlas, bersyukur
b. Kerja itu amanah, oleh karena itu guru harus adil, benar, jujur, aman terpercaya,
bertanggung jawab, pembangun dan pengembang
c. Kerja itu panggilan, oleh karena itu guru harus responsif, ekspresif, unik, khas,
berintegrasi, tumbuh menjadi bigger-higher, dan better.
d. Kerja itu seni, oleh karena itu guru harus pandai bernyanyi, menari dan suka berpenampilan
indah

5.Beberapa komitmen yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan oleh guru , berkaitan
dengan gelar profesional yang disandangnya, kecuali :
a. Selalu belajar mengembangkan pengetahuan dari berbagai sumber
b. Mengembangkan kurikulum sesuai kemampuan
c. Selalu memperhatikan keragaman latar belakan keluarga peserta didik
d. Memenuhi kebutuhan individual dalam belajar di kelas maupun di area sekolah

6. PAKEM merupakan singkatan dari :
a. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Ekonomis dan Menyenangkan
b. Pendidikan Aktif, Kreatif Efektif dan Menyenagkan
c. Pembinaan Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
d. Pembelajaran Aktif, Kreatif namun tetap Efektif dalam suasana yang menyenagkan

7. Salah satu ciri PAKEM adalah :
a. Dominan menggunakan metode ceramah
b. Sumer belajar utama adalah buku paket
c. Lingkungan sebagai sumer belajar
d. Pembelajaran erpusat pada guru

8. Salah satu cri pembelajaran yang erpusat pada guru adalah :
a. Siswa sktif
b. Guru menciptakan pembelajaran yang menantang
c. Jawaban siswa harus sama dengan guru
d. Metode pembelajaran ervariasi

9. Pembelajaran yang erpusat pada guru dapat mengakibatkan :
a. Motivasi belajar anak meningkat
b. Siswa kurang dapat bekerja sama
c. Guru menjadi kreatif
d. Pembelajaran bermakna

10. Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah :
a. Guru memahami anak secara perorangan
b. Memanfaatkan uku paket sebagai sumber belajar
c. Menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
d. Guru tidak memberikan umpan balik

11. Berikut ini adalah hal-hal yang harus termasuk dalam abstrak, kecuali :
a. Tujuan penelitian
b. Metode penelitian
c. Daftar pustaka
d. Kesimpulan

12. hal yang penting disampaikan pada latar belakang masalah adalah :
a. Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b. Upaya apa yang pernah dilakukan
c. Apa akibatnya bila masalah itu tidak segera diselesaikan
d. Semua benar

13. Pada bagian hasil dan pembahasan, yang perlu disampaikan secara rinci adalah :
a. Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b. Metode penelitian
c. Latar belakang masalah
d. Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan

14. Pada bagian kesimpulan harus menjawab :
a. Manfaat penelitian
b. Tujuan penelitian
c. Masalah penelitian
d. Metode penelitian

15. Lampiran penelitian meliputi :
a. RPP
b. Foto
c. Hasil Instrumen
d. Semua benar

16. Penyusunan RPP merupakan penjabaran dari silabus. Prinsip ini didasarkan pada teori :
a. Sitem
b. Belajar
c. Pembelajaran
d. Komunikasi

17. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator digunakan untuk mengembangkan komponen silabus, kecuali :
a. Tujuan
b. Materi
c. Strategi
d. Evalusi

18. Langkah pertama menyusun RPP sebelum mengembangkan komponen pokok RPP :
a. Menuliskan standar kompetensi
b. Mengidentifikasi identitas mata pelajaran
c. Menuliskan judul mata pelajaran
d. Mengidentifikasi materi pokok

19. Bahan ajar yang ersifat self contained (bahan belajar mandiri) dirancang dengan
komponen sistem pemelajaran, kecuali :
a. Tersedia petunjuk guru dan petunjuk siswa
b. Tersedia tujuan, materi, latihan dan formatif
c. Tersedia kunci jawaban dan umpan balik
d. Tersedia lembar jawaban

20. Lembar Kerja Siswa (LKS) dikembangkan berdasarkan komponen di dalam silabus dan RPP :
a. Tujuan pembelajaran
b. Materi pembelajaran
c. Kegiatan belajar siswa
d. Strategi pembelajaran

21. Kalimat yang menunjukan adanya bilangan kardinal adalah :
a. Rony memperoleh nilai tertinggi dalam tes matematika
b. Riana mempunyai tiga anjing
c. Rerata nilai UASBN matematika tahun ajaran 201 1/2012 merupakan nilai terendah yang
dicapai SD Pesisir
d. Hanya siswa dengan nomor tes akhir yang tidak mendapat hadiah

22. Pendekatan spiral dalam pembelajaran matematika SD mengiindikasikan b ahwa pembelajaran diberikan melalui :
a. Matematika horisontal
b. Matematika vertikal
c. Objek langsung matematika
d. Konteks yang dekat dengan anak

23. Pemelajaran matematika yang menerapkan konsep DAP merupakan pemelajaran yang
berpijak pada dua kesesuaian, yakni kesesuaian :
a. Objek langsung dan tidak langsung matematika
b. Matematika horisontal dan vertikal
c. Usia dan karakteristik individual
d. Pengetahuan konseptual dan prosedural

24. Pembelajaran bilangan dapat diajarkan dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk
a. Memandingkan banyak benda
b. Membilang benda secara bermakna
c. Memanipulasi benda yang menunjukkan banyak dan urutan benda
d. Membilang benda secara hapalan

25 Model yang tidak dapat digunakan untuk menjelaskan konsep operasi bilangan adalah :
a. Himpunan
b. Luas
c. Panjang
d. Volume

26. Yang dimaksud IPA sebagai pruduk adalah :
a. Kumpulan pengetahuan hasil temuan ahli IPA
b. Teknologi yang dikembangkan seagai hasil terapan IPA
c. Keterampilan yang lengkap mendapatkan IPA
d. Berbagai sikap ilmiah yang dikembangkan melalui telaah IPA

27. Keterampilan komunikasi dapat dikembangkan dalam pembelajaran IPA melalui :
a. Menusun penelitian
b. Merumuskap hipotesis
c. Dapat membuat kesimpulan
d. Mengajukan hipotesis

28. Di Bawah ini yang merupakan sikap ilmiah yang dikembangkan melalui pembelajaran IPA di SD adalah :
a. Kemampuan prediksi
b. Menghargai pendapat teman
c. Dapat membuat kesimpulan
d. Mengajukan hipotesis

29. Alasan pembelajaran IPA tak cukup hanya diajarkan dengan ceramah :
a. Materi pembelajaran IPA di SD terlalu anyak
b. Pembelajaran IPA selalu harus dieksperimenkan
c. Selalu tersedia alat IPA yang memadai di sekolah
d. Tidak membelajarkan siswa keterampilan proses

30. Yang termasuk keterampilan proses menengah adalah :
a. Mengukur suatu besaran dengan alat ukur tertentu
b. Membandingkan satu objek dengan objek lain
c. Mengelompokkan berdasarkakriteria tertentu
d. Mengajukan prediksi atasberbagai kemungkinan

31. Yang dimaksud dengan IPA sebagai pruduk adalah :
a. Pemerolehan IPA melalui metode ilmiah
b. Konsep-konsep IPA hasil temuan ahli IPA
c. Produk-produk IPA seperti barang-barang teknologi
d. Sikap ilmiah yang dikembangkan melalui pembelajaran IPA

32. Salah satu contoh keterampilan proses IPA adalah :
a. Ingin sesuatu yang baru
b. Berfikir bebas
c. Disiplin
d. Komunikasi

33. Salah satu contoh sikap ilmiah pada pembelajaran IPA adalah :
a. Bertanggung jawab
b. Melakukan eksperimen
c. Mengajukan hipotesis
d. Membuat kesimpulan

34. Keuntungan pendekatan keterampilan proses jika diterapkan pada pembelajaran IPA :
a. Berkembangnya jumlah pertanyaan pada anak
b. Guru tidak perlu terlalu aktif dalam mengajar
c. Alat yang digunakan tersedia di sekitar anak
d. Sekaligus dapat mengajarkan IPA sebagai produk

35. Lingkungan tepat digunakan sebagai media pembelajaran IPA di SD karena :
a. Lingkungan merupakan sumber belajar
b. Sesuai dengan objek pembelajaran IPA
c. Guru tidak perlu bersusah payah
d. Harganya sangat murah

36. Pembelajaran IPA sejalan dengan metode ilmiah adalah :
a. Anak diberi penjelasan semua konsep yang dipelajari
b. Anak diberi ceramah lalu melakukan percobaan
c. Anak dibiarkan untuk melakukan percobaan sendiri
d. Anak melakukan percobaan lalu diajak menyimpulkan

37. Penerapan prinsip belajar berkesinambungan pada pembelajaran IPA adalah :
a. Belajar sepanjang hari
b. Belajar dengan pengamatan
c. Belajar dari contoh yang sulit terlebih dahulu
d. Belajar dari pengamatan baru kesimpulan

38. Melalui kurikulum, sekolah Dasar telah mengajarkan Ilmu Pengetahuan Sosial, yang memiliki
tujuan agar :
a. Sedini mungkin peserta didik dapat beradaptasi dalam kehidupannya
b. Mengenal hakikat pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial
c. Dapat membentuk manusia bejiwa sosial
d. Memamhami hakikat kehidupan sosial

39. Perana Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan dapat :
a. Mendorong peradaban manusia dalam kehidupannya
b. Memecahkan berbagai maslah kehidupan yang dihadapinya
c. Menangani masalah sosial dalam kehidupan
d. Membentuk anak menjadi anggota masyarakat sosial

40. Fungsi Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) dalam pandangan pendisikan dasar, yang pertama dan
utama adalah :
a. Membangun fondasi anak sebagai anggota masyarakat dan mkhlukindividu
b. Menyiapkan masyarakat didik dalam era global
c. Peletak dasar kesadaran diri para siswa sebagai makhluk individu (carracter building)
d. Melandasi diri anak dengan pengetahuan tentang dunia beserta peradabannya.

41. Karakteristik mata p-elajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD adalah sebagai mata pelajaran yang lebih mengarah pada :
a. Pembentukkan karakter (carracter building) sejak awal pendidikan dasar
b. Mengembangkan kepribadian sebagai anak bangsa yang memiliki derajat sama dalam kehidupan
c. Penyadaran diri sebagai anggota masyarakat dan sebagai individu yang merdeka
d. Pembentukan peserta didik dalam lingkungannya, terhadap berbagai aktifitas kehidupan
manusia sampai peradabannya.

42. DAP (Depelopmentally Appropiate Practice) merupakan prinsip-prinsip kesesuaian dalam pendekatan pembelajaran yang efektif. Prinsip tersebut meliputi :
a. Usia, motivasi dan kebutuhan anak
b. Kebutuhan, kemampuan dan karakter anak
c. Perkembangan, motivasi dan usia anak
d. Perkembangan, kemampuan dan kebutuhan anak

43. Diperhatikan dari sifatnya materi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial tergolong sebagai pengetahuan yang :
a. Dinamis
b. Statis
c. Fleksibel
d. Normative

44. Pentingnya sejak usia sekolah dasar diberikan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah
supaya:
a. Anak didik mengenal lingkungan hidup sekitarnya
b. Anak didik dspst menjadi anggota masyarakat yang baik
c. Anak didik menguasai hakikat ilmu sosial
d. Anak didik dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya

45. Makna mendasar dari pengenalan anak didik sebagai anggota masyarakat adalah sebagai
proses ?
a. Penyadaran terhadap keberadaan dirinya dalam lingkungan kehidupan
b. Penanaman nilai ilmu sosial kemasyarakatan
c. Transfer ilmu pengetahuan dasar tentang hakikat ilmu sosial
d. Pendewasaan dalam mensikapi kehidupan bermasyarakat

46. Menurut Piaget perkembangan moral anak usia SD melalui dua tahap yaitu :
a. Heterogen dan homogen
b. Aouto dan introvet
c. Extrovet dan introvet
d. Auto nomous dan heteronomous

47. Pada saat anak telah menyadari bahwa aturan dan hukum diciptakan manusia, secara prinsip dalam pandangan ilmu pendidikan, berarti anak tersebut telah memiliki tahap perkembangan :
a. Otonomi
b. Self direction
c. Aoutnomous
d. Heteronomous

48. Tokoh perkembangan moralitas manusia yang mengatakan bahwa anak mengalami
penalaran moral secara konvensional adalah :
a. Piaget
b. Kohlberg
c. Bandura
d. Ki Hajar Dewantoro

49. Pendidikan Kewarganegaraan disebut juga sebagai pendidikan untuk :
a. Carracter Building
b. Civil Education
c. Life Adjustment Education
d. self Awareness Education

50. Pendekatan pembelajaran yang dipandang sangat tepat untuk mengajarkan Pendidikan
Kewarganegaraan bagi anak usia SD kelas awal, diantaranya adalah :
a. selalu mengaitkan materi dengan masalah kontekstual
b. pemberian contoh sebagai upaya ilustrasi materi pembelajaran
c. disesuaikan dengan kebutuhan anak usia Sekolah Dasar
d. pembelajaran yang menyenangkan bagi anak

51. Selain kita mengenal semboyan “Bhineka Tunggal Ika” sebenarnya istilah itu dilengkapi
dengan semboyan “Tan Hana Darma Mangrwa”
Makna dari semboyan kedua adalah :
a. tidak ada pengorbanan yang kedua
b. tiada pengabdian yang mendua
c. tidak ada cita-cita ganda
d. tidak ada cita-cita untuk bercerai/hancur

52. Hak azasi manusia hampir di seluruh dunia pada dasarnya masih terampas oleh pihak-pihak
yang selalu ingin berbuat serakan dan menindas, sampai pada akhirnya ada sebuah deklarasi
sedunia tentang pengakuan hak azasi tersebut yang dikenal dengan :
a. Piagam Magna Charta
b. Declaration of Indefendent
c. Universal Declaration of Human Right
d. United Nation of Human Right

53. Pak Andi seorang guru menceritakan cerita “Dewi Sri” kemudian guru menugaskan siswa
membuat garis-garis besar cerita. Pada kegiatan ini siswa melakukan kegiatan :
a. Menyimak ekstensif
b. Menyimak kritis
c. Menyimak sekilas
d. Menyimak cepat

54. Pada suatu hari Bu guru Wati menugaskan murid-muridnya masuk ke perpustakaan. Lalu
meminta muridnya membaca buku dan melaporkan apa yang sudah dibaca. Jenis membaca
yang dilakukan oleh murid Bu Wati adalah :
a. Membaca pemahaman
b. Membaca indah
c. Membaca pustaka
d. Membaca cepat

55. Dalam membaca tehnik yang harus diperhatikan adalah :
a. Penguasaan lafal, jeda, lagu dan intonasi
b. Pemahaman isi bacaan
c. Kecepatan pemahanan isi bacaan
d. Penguasaan struktur bahasa

56. Kompetensi utama yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa adalah :
a. Siswa menguasai kaidah-kaidah kebahasaan
b. Siswa menyenangi bahasa Indonesia
c. Siawa terampil berkomunikasi
d. Siswa mengagumi bahasa Indonesia

57. Pendekatan yang menekankan pada kompetensi berkomunikasi pada pembelajaran bahasa adalah pendekatan :
a. Pendekatan keterampilan proses
b. Pendekatan komunikatif
c. Pendekatan whole language
d. Pendekatan pragmatik

58.Pendekatan Whole Language dalam pembelajaran bahasa menekankan pada pembelajaran
bahasa secara :
a. Utuh
b. Alamiah
c. Komunikatif
d. a dan b benar

59.”Siswa mampu memahami informasi yang disampaikan secara lisan’. Tujuan pembelajaran
tersebut merupakan tujuan dari keterampilan berbahasa :
a. membaca
b. berbicara
c. menyimak
d. mendengarkan

60. Proses belajar menulis bersifat nonlinear, maksudnya adalah :
a. menulis harus mulai dari teori
b. dalam menulis praktek dulu teori belakangan
c. kegiatan menulis dapat dimulai dari yang disenangi siwa
d. proses menulis tidak harus ada urutan-urutan tertentu dari a-z

Selasa, 12 November 2013

Tips menjaga kesehatan tubuh

Tips menjaga kesehatan tubuh - Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal  yang harus kita lakukan mengingat sehat itu sangat mahal. Tidak ada gunanya kita memiliki banyak uang dan barang-barang mewah akan tetapi kita tidak memiliki tubuh yang sehat. Penyakit pada dasarnya akan hinggap ditubuh kita jika kita tidak memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi  atau melakukan kebiasaan buruk atau hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan.  Berikut  beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda terapakan untuk mendapatkan tubuh yang sehat:


  1. Banyak mengkonsumsi buah, buah merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk tubuh dan merupakan salah satu antioksidan yang sangat bagus. Buah mengandung sebagian besar gula alami dan serat yang dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan pasokan energi yang anda butuhkan untuk beraktivitas. Manfaat buah selain memberikan asupan vitamin juga bisa digunakan untuk diet sehat karena mengandung rendah lemak dan tinggi akan kandungan seratnya. Beberapa buah-buahan seperti buah apel, buah pisang dan buah mangga merupakan jenis buah untuk diet yang sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh ideal.
Tips menjaga kesehatan tubuh
Gambar: Tips menjaga kesehatan tubuh
  1. Banyak mengkonsumsi air putih, manfaat minum air putih sangat banyak untuk kesehatan mulai dari melancarkan pencernaan, melancarkan aliran darah, mencegah penyakit jantung dan mencegah penyakit ginjal. Utamakan anda mengkonsumi ari putih sebelum dan sesudah tidur malam. 

  2. Mengkonsumsi madu, madu dari dulu memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari mengobati dari berbagai macam penyakit, memberikan pasokan energi sampai untuk kecantikan wa jah. Khasiat madu sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian, salah satunya adalah madu mampu mengobati luka bakar.

  3.  Berolahraga dengan teratur, olahraga memang merupakan salah satu kewajiban yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan jiwa maupun raga. Banyak manfaat olahraga yang akan kita dapat. Mulai dari menjaga kesehatan jantung melancarkan peredaran darah sampai menjaga kesehatan tulang. 

  4. Istirahat yang cukup, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kualitas  tidur merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Kurangnya tidur atau istirahat dapat menyebabkan munculnya banyak penyakit dan menurunnya stamina. 

  5. Menghindari makanan instan dan berpewarna berbahaya,  makanan yang berpewarna sangat tidak baik dikonsumsi karena mengandung banyak bahan kimia yang dapat memicu penyakit kanker. Selain itu makanan instan juga tidak kalah bahaya karena mengandung pengawet yang juga berefek buruk pada kesehatan. Untuk itu anda dapat mengganti makanan instan dengan makanan yang anda buat sendiri dirumah yang lebih aman dan pastinya menyehatkan. 

  6. Hindari merokok, saya rasa kita semua sudah tau jika merokok berefek sangat tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi banyak orang yang tidak mempedulikannya karena banyak alasan. Bahakan di bungkus rokok  terdapat peringatan “merokok dapat menyebabkan kanker serangan jantung dan gangguan kehamilan”. 

  7. Hindari minuman beralkohol, minuman keras memang dilihat dari sudut pandang manapun selalu memberikan efek negatif terutama bagi kesehatan.  Selain itu peminum minuman ber alkohol yang berat dapat terancam masalah kesehatan yang serius seperti radang usus, penyakit liver, dan kerusakan otak. Kadang-kadang alkohol digunakan dengan kombinasi obat - obatan berbahaya lainnya, sehingga efeknya jadi berlipat ganda. Bila ini terjadi, efek keracunan dari penggunaan kombinasi akan lebih buruk lagi dan kemungkinan mengalami over dosis akan lebih besar. 

  8. Jangan makan secara berlebihan, makan berlebihan selain dapat memicu obesitas juga berefek buruk pada kesehatan. Untuk itu cobalah mengatur porsi makan anda. Islam telah mengajarkan kita untuk tidak berlebih-lebihan dalam hal apaun terutama dalam hal makan.
Demikian beberapa tips menjaga kesehatan tubuh yang mungkin bisa anda terpakan dalam kehidupan sehari- hari anda. 

Sabtu, 09 November 2013

Makanan yang mengandung vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A - Vitamin A merupakan vitamin yang sangat penting yang dibutuhkan untuk mata, transkripsi gen, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan kesehatan kulit. Kekurangan vitamin A dapat memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan kebutaan dan meningkatkan infeksi virus. Vitamin A  perlu dikonsumsi dengan lemak untuk memiliki penyerapan yang optimal. 

Peranan vitamin A dalam indra penglihatan
Vitamin A berperan penting  dalam pembentukan indrapenglihatan bagi manusia. Vitamin A  juga berfungsi untuk  membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam proses tersebut adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A di dalam tubuh seringkali berakibat fatal pada organ penglihatan.
gambar Makanan yang mengandung vitamin A
Gambar: Makanan yang mengandung vitamin A
Sayuran merupakan sumber yang baik vitamin A, sayuran segar menyediakan vitamin lebih baik dan dianjurkan. Kebanyakan sayuran yang memiliki warna orange dan merah mengandung vitamin A yang banyak, seperti labu, paprika merah wortel. Selain sayuran yang berwarna, sayuran hijau gelap dan selada merupakan sumber vitamin A yang  baik. selain sayur-sayuran buah juga merupakan sumber vitamin yang sangat baik khususnya vitamin A. Berikut beberapa daftar makanan yang mengandung vitamin A:
  1. Buah naga. buah naga merupakan salah satu buah yang menyediakan vitamin A yang sangat baik. betaKaroten dalam buah naga juga bermanfaat bagi kesehatan mata.  

  2. Buah apel. Manfaat buah apel sangat banyak untuk kesehatan karena buah yang satu ini kaya akan berabagai macam vitamin seperti seperti  vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C. Selain itu buahapel juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah dari berbagai macam penyakit mata. 

  3. Buah anggur. Buah anggur merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang karena memiliki rasa manis dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Buah naga diketahui memiliki kandungan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah dari katarak dan degenerasi makula. 

  4. Wortel. sudah tidak diragukan lagi bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat banyak sekitar 16.706 IU dalam 100 gram wortel. Wortel sangat baik dimasak atau sebagai camilan. Wortel sangat bermanfaat jika dipadukan dengan buah tomat karena mengandung rendah lemak. 

  5. Buah mangga. buah mangga memiliki warna orange yang cukup mencolok yang menunjukkan bahwa buah tersebut memiliki kandungan vitamin A. Selain kandungan vitamin A yang dimilikinya buah mangga juga sangat efektif dijadikan sebagai buah untuk diet karena mengandung tinggi serat dan rendah lemak. 

  6. Ubi Jalar. Ubi jalar adalah daftar makanan yang mengandung vitamin A yang selanjutnya, ubi jalar menyediakan 19218IU ( 384 % DV ) vitamin A per 100 gram penyajian, atau 38436IU ( 769 % DV ). 

  7. Hati. hati binatang menganudng  vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, untuk menikmatinya anda dapat menyajikannya dengan cara dikukus atau digoreng dengan bawang dan rempah-rempah. Hati binatang akan menyediakan 1000 % + DV vitamin A. Satu sendok makan tunggal hati akan memberikan 429 IU ( 9 % DV ) dari vitamin A , dan satu sendok teh minyak hati Cod akan memberikan 500IU ( 10 % DV ) .  

  8. Sayur Bayam. bayam merupakan sumber makanan lain yang kaya vitamin C dan bera-karoten. Selain itu, bayam juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin. Sayuran hijau ini memiliki kandungan lutein besar yang terkait dengan vitamin A. Penelitian membuktikan  bahwa orang yang rutin makan sayuran berdaun hijau memiliki resiko yang kecil untuk mengalami  degenerasi makula dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsinya. Bayam juga mengandung  zat besi, vitamin K, folat dan rendah kalori, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. 

  9. Buah pepaya. bauh pepaya melengkapi daftar makanan yang mengandung vitamin A, buah yang memiliki rasa manis dasn myegarkan ini memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Buah pepaya bukan hanya baik untuk kesehatan mata tapi juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.
Demikian beberapa daftar makanan yang mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan tubuh anda. mungkin anda juga ingin mengetahui daftar makanan yang mengandung vitamin E

Jumat, 08 November 2013

Resensi novel, babalik pikir

Resensi novel, babalik pikir


Jejer buku        : Babalik Pikir
Panulis            : Samsoedi
Pamedal              : PT Kiblat Buku Utama
Tempat Medal        : Jl. Gumuruh No. 38, Bandung 40275
Citakan                  : Taun 1931
Kandel Buku        : 72 kaca


Novel karya Samsoedi nyaritakeun aya hiji kaluarga leutik anu lemburna di pagunungan jauh ti dayeuh boga budak ngan hiji-hijina. Si Emed di ogo ku indungna. Ari tabe’atna bengal kabina-bina, ka kolot sok bahula, mun dititah  kacida liwarna. Karesepna ngan ulin ampleng-amplengan. Alatan pamolahna anu sok musingkeun tea , bapana cilaka malah tpi ka hanteuna. Sangegeus bapana eweuh, Si Eme anggeur bae ogoan tara nolih kaayaan, tur sagala kahayangna kudu bae kacumpunan.

          Hiji mangsa indungna kawalahan nepi ka ngusir Si Emed , tah tidinya Si Emed cicing ti imah baturana Si Jasim, bari ngabantuan ngangon meri anu Si Jasim. Lilana saminggu  Si Emed ngarasa bosen  jeung ngedul atuh Si Jasim ngarasa kesel pisan ku kalakuan Si Emed,tuluy duaan eta parea-rea omong tuntungna gelut. Si Jasim teu walakaya kapaehan kusabab sirahna ninggang kana batu curi seukeut, nepi ka boloboran getih. Ku ninggali Si Jasim , Si Emed reuwaseun  terus kabur nya tujuanna ka Dayeuh, nya kitu bae Si Emed teu boga lalampaheun. Sanggeus peuting pisan tuluy manehna ngadon ngaringkuk di jero kas , ujug-ujug aya ucing jeung anjing anu pasea asup kana kas eta, barang dibaledog anjing ngadon beunang kanu kaca toko Bongbay. Tidieu Si Emed disangka bangsat nepi ka dikerem di Gesticht Semarang, tempat ieu mangrupakeun pangajaran anu manpaat pikeun barudak jahat jadi sangeus kaluar ti Gesticht boga pangabisa misalna bae manday. Tah nya ti harita Si Emed babalik pikir hayang ngeureunan kasalahn, eling di bebeneran.
Novel “Babalik Pikir”  ieu alus pikeun bacaeun para nonoman kusabab ngandung moral, sarta basana ge pas pisan jeung basa pagunungan dipikaharti. Novel ieu oge ngandung nilai-nilai kahirupan sapopoe.Tapi palebah Si Emed kabur ti penjara nyaeta ku digulung ku samak rada teu asup akal.

Manfaat tina novel ieu nyaeta sasaha anu mawa karep soragan teu jeung bebeneran sarta doraka kanu jad indung jeung bapa, temahna sok sangsara.

Resensi novel bahasa sunda, mapah perang barata

Resensi Novel Mapag Perang Barata

Jejer buku        : Mapag Perang Barata
Panulis            : Ahmad Bakri
Pamedal        : PT. Kiblat Buku Utama
Tempat Medal Buku    : Bandung
Citakan        : Citakan ka-1, Syawal 1424 H./Desember 2003 / Citakan ka-2, Dzulqadah 1428 H./Nopember 2007 / Citakan ka-3, Dzulhijjah 1430 H./Desember 2009
Kandel Buku        : 61 Halaman


Novel Mapag Perang Barata  teh nyaritakeun tentang adegan antara Dorna jeung Prabu Drupada atawa Dewi Kunti (anak ti Batara Surya, rakana Pandawa) nu estuning matak ngangres. Pandu Dewanata, Raja Hastinapura teh pupus nuju sanom keneh, kusabab anjeunna lali ngalanggar supata Bagawan Kindama. Para putrana teh teu acan aya nu kersa pikeun ngaganti Pandu Dewanata jadi pupuhu nagara. Lamun parantos gede mah, tangtu ngaistrenan Drestarata jeung sakalian Pandawa, putera Sang Pandu di angkat jadi Raja. Dina hiji dinten Dang Hyang Dorna, Guru na Pandawa parantos namatkeun jadina santikaguru di Karaton Hastinapura. Para asuhanana, Kurawa sareng Pandawa geus gede ayeuna mah. Sanajan geus katingali  kamajenganana, Sang guru teu acan sugema manahna. Teu aya kacape guru etaa ngasuh murangkalih teh sangkan leres-leres jadi satria lahirna sareng batinna. Nya kitu deui Sakuni sareng Gandari sarua teu acan sugema manahna. Sarua na teu aya kacape aranjeuna ngasuh Sang Raja Drestarata, sangkan ulah kersa masihan nagara ka Pandawa, kumargi anjeunna ahliwaris baratha nu pangsepuhna. Hastinapura kudu jadi milik Kurawa. Dina hiji dinten Dang Hyang Dorna ngempelkeun para Kurawa jeung Pandawa. Sakumaha biasa nu jadi poko pimasalaheun teu aya deui iwal ti peperangan. Sanes mung semet kagagahan sareng kasaktian ti salah saurang eta, nanging tata yuda oge diutamakeun pisan. Kumargi Sang Yudistira teu gaduh musuh, sang yudistira eta protes ka Dang Hyang Dorna. Dina hiji dinten  Dorna mamatahan ka murid-muridna ngeceng manuk Murid nu sejen nyaritakeun naon nu katenjo ku maranehna basa keur ngeceng, salian ti hulu manuk anu kudu dipanah. Ngan Arjuna mah sejen deui tetenjoan teh. Manehna ukur nenjo hulu manuk wungkul, heunteu nenjo deui nu lainna.

Kaleuwihan Novel Mapag Perang Barata :
  • Nyaritakeun Lalakon Mahabrata, jadi urang teh tos apal maksud ti carita eta.
  • Caritana saperti nyaritakeun nyatana kungsi kajadian ti urang
  • Kakurangan Novel Mapag Perang Barata :
  • Novel Mapag Perang Barata ieu make bahasa atawa kata-kata nu lolobana teu dipikaharti ku urang atawa teu pantes di baca ku budak leutik
  • Carita ieu alus na teh dijadikeu partunjukan wayang, lain dijadi keun novel, ku sabab teu ngarti.
  • Manfaat Novel Mapag Perang Barata :
  • Novel Mapag Perang Barata teh nyaritakeun Lalakon wayang, Kasenian sunda nu ku urang kudu dipikanyaho, tarutama ku sakabeh urang sunda.
  • Ngandung Atikan moral nu kudu di petik ti ieu Novel.