Selasa, 12 November 2013

Tips menjaga kesehatan tubuh

Tips menjaga kesehatan tubuh - Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal  yang harus kita lakukan mengingat sehat itu sangat mahal. Tidak ada gunanya kita memiliki banyak uang dan barang-barang mewah akan tetapi kita tidak memiliki tubuh yang sehat. Penyakit pada dasarnya akan hinggap ditubuh kita jika kita tidak memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi  atau melakukan kebiasaan buruk atau hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan.  Berikut  beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa anda terapakan untuk mendapatkan tubuh yang sehat:


  1. Banyak mengkonsumsi buah, buah merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk tubuh dan merupakan salah satu antioksidan yang sangat bagus. Buah mengandung sebagian besar gula alami dan serat yang dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan pasokan energi yang anda butuhkan untuk beraktivitas. Manfaat buah selain memberikan asupan vitamin juga bisa digunakan untuk diet sehat karena mengandung rendah lemak dan tinggi akan kandungan seratnya. Beberapa buah-buahan seperti buah apel, buah pisang dan buah mangga merupakan jenis buah untuk diet yang sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang ingin mendapatkan tubuh ideal.
Tips menjaga kesehatan tubuh
Gambar: Tips menjaga kesehatan tubuh
  1. Banyak mengkonsumsi air putih, manfaat minum air putih sangat banyak untuk kesehatan mulai dari melancarkan pencernaan, melancarkan aliran darah, mencegah penyakit jantung dan mencegah penyakit ginjal. Utamakan anda mengkonsumi ari putih sebelum dan sesudah tidur malam. 

  2. Mengkonsumsi madu, madu dari dulu memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari mengobati dari berbagai macam penyakit, memberikan pasokan energi sampai untuk kecantikan wa jah. Khasiat madu sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian, salah satunya adalah madu mampu mengobati luka bakar.

  3.  Berolahraga dengan teratur, olahraga memang merupakan salah satu kewajiban yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan jiwa maupun raga. Banyak manfaat olahraga yang akan kita dapat. Mulai dari menjaga kesehatan jantung melancarkan peredaran darah sampai menjaga kesehatan tulang. 

  4. Istirahat yang cukup, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kualitas  tidur merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Kurangnya tidur atau istirahat dapat menyebabkan munculnya banyak penyakit dan menurunnya stamina. 

  5. Menghindari makanan instan dan berpewarna berbahaya,  makanan yang berpewarna sangat tidak baik dikonsumsi karena mengandung banyak bahan kimia yang dapat memicu penyakit kanker. Selain itu makanan instan juga tidak kalah bahaya karena mengandung pengawet yang juga berefek buruk pada kesehatan. Untuk itu anda dapat mengganti makanan instan dengan makanan yang anda buat sendiri dirumah yang lebih aman dan pastinya menyehatkan. 

  6. Hindari merokok, saya rasa kita semua sudah tau jika merokok berefek sangat tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi banyak orang yang tidak mempedulikannya karena banyak alasan. Bahakan di bungkus rokok  terdapat peringatan “merokok dapat menyebabkan kanker serangan jantung dan gangguan kehamilan”. 

  7. Hindari minuman beralkohol, minuman keras memang dilihat dari sudut pandang manapun selalu memberikan efek negatif terutama bagi kesehatan.  Selain itu peminum minuman ber alkohol yang berat dapat terancam masalah kesehatan yang serius seperti radang usus, penyakit liver, dan kerusakan otak. Kadang-kadang alkohol digunakan dengan kombinasi obat - obatan berbahaya lainnya, sehingga efeknya jadi berlipat ganda. Bila ini terjadi, efek keracunan dari penggunaan kombinasi akan lebih buruk lagi dan kemungkinan mengalami over dosis akan lebih besar. 

  8. Jangan makan secara berlebihan, makan berlebihan selain dapat memicu obesitas juga berefek buruk pada kesehatan. Untuk itu cobalah mengatur porsi makan anda. Islam telah mengajarkan kita untuk tidak berlebih-lebihan dalam hal apaun terutama dalam hal makan.
Demikian beberapa tips menjaga kesehatan tubuh yang mungkin bisa anda terpakan dalam kehidupan sehari- hari anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar