Sabtu, 09 November 2013

Makanan yang mengandung vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A - Vitamin A merupakan vitamin yang sangat penting yang dibutuhkan untuk mata, transkripsi gen, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan kesehatan kulit. Kekurangan vitamin A dapat memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan kebutaan dan meningkatkan infeksi virus. Vitamin A  perlu dikonsumsi dengan lemak untuk memiliki penyerapan yang optimal. 

Peranan vitamin A dalam indra penglihatan
Vitamin A berperan penting  dalam pembentukan indrapenglihatan bagi manusia. Vitamin A  juga berfungsi untuk  membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam proses tersebut adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A di dalam tubuh seringkali berakibat fatal pada organ penglihatan.
gambar Makanan yang mengandung vitamin A
Gambar: Makanan yang mengandung vitamin A
Sayuran merupakan sumber yang baik vitamin A, sayuran segar menyediakan vitamin lebih baik dan dianjurkan. Kebanyakan sayuran yang memiliki warna orange dan merah mengandung vitamin A yang banyak, seperti labu, paprika merah wortel. Selain sayuran yang berwarna, sayuran hijau gelap dan selada merupakan sumber vitamin A yang  baik. selain sayur-sayuran buah juga merupakan sumber vitamin yang sangat baik khususnya vitamin A. Berikut beberapa daftar makanan yang mengandung vitamin A:
  1. Buah naga. buah naga merupakan salah satu buah yang menyediakan vitamin A yang sangat baik. betaKaroten dalam buah naga juga bermanfaat bagi kesehatan mata.  

  2. Buah apel. Manfaat buah apel sangat banyak untuk kesehatan karena buah yang satu ini kaya akan berabagai macam vitamin seperti seperti  vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C. Selain itu buahapel juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah dari berbagai macam penyakit mata. 

  3. Buah anggur. Buah anggur merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang karena memiliki rasa manis dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Buah naga diketahui memiliki kandungan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah dari katarak dan degenerasi makula. 

  4. Wortel. sudah tidak diragukan lagi bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat banyak sekitar 16.706 IU dalam 100 gram wortel. Wortel sangat baik dimasak atau sebagai camilan. Wortel sangat bermanfaat jika dipadukan dengan buah tomat karena mengandung rendah lemak. 

  5. Buah mangga. buah mangga memiliki warna orange yang cukup mencolok yang menunjukkan bahwa buah tersebut memiliki kandungan vitamin A. Selain kandungan vitamin A yang dimilikinya buah mangga juga sangat efektif dijadikan sebagai buah untuk diet karena mengandung tinggi serat dan rendah lemak. 

  6. Ubi Jalar. Ubi jalar adalah daftar makanan yang mengandung vitamin A yang selanjutnya, ubi jalar menyediakan 19218IU ( 384 % DV ) vitamin A per 100 gram penyajian, atau 38436IU ( 769 % DV ). 

  7. Hati. hati binatang menganudng  vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, untuk menikmatinya anda dapat menyajikannya dengan cara dikukus atau digoreng dengan bawang dan rempah-rempah. Hati binatang akan menyediakan 1000 % + DV vitamin A. Satu sendok makan tunggal hati akan memberikan 429 IU ( 9 % DV ) dari vitamin A , dan satu sendok teh minyak hati Cod akan memberikan 500IU ( 10 % DV ) .  

  8. Sayur Bayam. bayam merupakan sumber makanan lain yang kaya vitamin C dan bera-karoten. Selain itu, bayam juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin. Sayuran hijau ini memiliki kandungan lutein besar yang terkait dengan vitamin A. Penelitian membuktikan  bahwa orang yang rutin makan sayuran berdaun hijau memiliki resiko yang kecil untuk mengalami  degenerasi makula dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsinya. Bayam juga mengandung  zat besi, vitamin K, folat dan rendah kalori, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. 

  9. Buah pepaya. bauh pepaya melengkapi daftar makanan yang mengandung vitamin A, buah yang memiliki rasa manis dasn myegarkan ini memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Buah pepaya bukan hanya baik untuk kesehatan mata tapi juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.
Demikian beberapa daftar makanan yang mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan tubuh anda. mungkin anda juga ingin mengetahui daftar makanan yang mengandung vitamin E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar