Jumat, 14 Maret 2014

10 makanan yang mengandung zat besi tinggi


10 makanan yang mengandung zat besi tinggi yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda. Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Zat besi berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat memicu anemia yang diketahui juga dapat memicu amnesia. Pria dan wanita dewasa setidaknya membutuhkan 18 miligram zat besi untuk memenuhi kebutuhan yang disarankan. Pada sebuah penelitian yang dilakukan selama periode 11 tahun, beberapa orang dewasa untuk berpikir. Pada awal penelitian, semua pasien bebas dari amnesia. Pada awal penelitian, 393 didiagnosis dengan anemia dan 445 telah dikembangkan pada akhir penelitian.

Hasilnya adalah pasien dengan anemia memiliki risiko lebih tinggi mengalami amnesia dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami anemia. Anemia juga disinyalir bertaggung jawab terhadap  41 % resiko amnesia. Selain anemia beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, ras dan juga pendidikan mungkin berpengaruh dalam terjadinya amnesia. Zat besi bisa kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi, beberapa makanan seperti bayam diketahui memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa daftar makanan yang mengandung zat besi:


makanan yang mengandung zat besi tinggi
Gambar: makanan yang mengandung zat besi tinggi
  1. Daging. Daging merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan zat besi, selain zat besi daging juga mengandung proteinyang cukup tinggi. Daging terutama yang berwarna merah memiliki lebih tinggi kandungan zat besi. 

  2. Bayam. Sayur bayam merupakan makanan sehat yang bukan hanya mengandung zat besi tapi juga nutrisi pentinga lainnya. 

  3. Telur. Kandungan nutris dalam telur memang cukup tinggi. Telur mengandung protein, kalsium vitamin D dan juga zat besi. Karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap membuat telur sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak pada masa pertumbuhan. 

  4. Hati. 3 ons hati sapi mengandung lebih dari 5 miligram zat besi.  Sedangkan hati ayam mengandung 11 miligram zat besi per porsi jadi hati ayam merupakan sumber zat besi yang lebih baik. Daging unggas yang gelap umumnya menagandung lebih banyak zat besi. 

  5. Seafood. Jenis makanan dari laut juga mengandung tinggi zat besi. Dalam 3 ons Tiram mengandung 8 miligram zat besi sedangkan Kerang, gurita, sarden, dan kepiting biasanya mengandung 2 sampai 6 miligram zat besi perporsi. 

  6. Tomat. Buah tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya vitamin C saja yang ditemukan dalam buah tomat, tapi juga zat besi. Tomat merupakan buah yang mengandung zat besi cukup tinggi. Dalam Satu cangkir buah tomat mengandung setidaknya 3,39 mg zat besi. 

  7. Jenis biji-bijian. Berbagai jenis biji-bijian merupakan sumber  zat besi yang cukup baik. Beberapa sereal mengandung 18 miligram zat besi per porsi, jumlah tersebut sudah mencukupi kebutuhan zat besi harian anda. 

  8. Telur ikan.makanan olahran dari telur ikan merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Akan tetapi biasanya harga telur ikan cukup mahal karena masih sulit ditemukan. 

  9. Kecambah dan kedelai. Kacang kedelai dan kecambah merupakan sayuran yang juga kaya akan kandungan zat besinya. Selain zat besi kedua sayur tersebut juga mengandung nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti  vitamin C dan E. 

  10. Buah kering. Buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, serat dan juga mineral penting dan salah satunya adalah zat besi. Buah yang mengandung tinggi zat besi salah satunya adalah kismis dan kurma. Kedua buah kering tersebut nikmat jika dimakan sebagai camilan. Bukan cuma itu, camilan sehat berupa kismis atau kurma adalah sumber zat besi yang baik bagi tubuh.
Selengkapnya bisa anda baca di 21 makanan yang mengandung zat besi tinggi, mencukupi kebutuhan nutrisi harian memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar