Senin, 03 Maret 2014

Tips dan cara menambah tinggi badan

Tips dan cara menambah tinggi badan secara alami. Memiliki tinggi badan ideal tentunya memiliki banyak kelebiahan, selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, memiliki tinggi badan ideal juga akan mempermudah aktifitas olahraga seperti basket dan voli. Nah bagi anda yang memiliki masalah dengan tinggi badan tidak ada salahnya mencoba beberapa tips di bawah ini untuk memaksimalkan pertumbuhan anda.
  1. Berlari. Lari diketahui selain sangat efektif untuk menurunkan berat badan juga bisa  menambah tinggi badan anda, terutama jika dilakukan pada masa-masa pertumbuhan. Selain itu berlari juga memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan tulang. 

  2. Cukupi kebutuhan  protein anda. Pada masa pertumbuhan konsumsi protein sangat dibutuhkan tubuh untuk menambah masa otot sekaligus menambah tinggi badan. Bagi anda yang masih dalam masa pertumbuhan cukupilah kebutuhan protein harian anda dengan baik untuk memaksimalkan tinggi badan anda.
Tips dan cara menambah tinggi badan
Gambar: cara menambah tinggi badan
  1. Memenuhi kebutuhan kalsium. Selain protein kalsium juga sangat dibutuhkan tubuh selama masa pertumbuhan, mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium juga merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk menambah tinggi badan anda. Asupan kalsium yang cukup serta olahraga yang tepat dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Selain itu kalsium juga penting untuk pembentukan gigi yang kuat dan memelihara kesehatan gusi. 

  2. Basket. Memilih olahraga seperti basket juga merupakan salah satu cara yang baik untuk mempercepat pertumbuhan tulang anda sehingga anda bisa mendapatkan tinggi badan ideal. Hal tersebut dikarenakan dalam permainan basket kita sering melakukan lompatan yang akan merangsang otot-otot kaki kita.   

  3. Berenang. Renang bisa melatih seluruh otot-otot tubuh hingga dapat menambah tinggi badan anda secara alami. Olahraga ini juga dapat menyebabkan hormon perkembangan bekerja lebih baik sehingga mempercepat proses pertumbuhan terutama pada usia anak-anak. Berenang hanya salah satu diantara sekian banyak olahraga yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan tinggi badan. 

  4. Waktu makan yang sehat. Memilih waktu makan yang sehat akan menyimpan lebih sedikit lemak dalam tubuh anda, sehingga membantu Anda dalam memaksimalkan pertumbuhan secara alami. Hal Ini juga dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral penting dalam tubuh anda. Seperti mengkonsumsi susu dan buah-buahan yang kaya akan vitamin pada waktu pagi hari sebelum makanan yang mengandung karbohidrat akan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi. 

  5. Mencukupi asupan Vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang anda, dan anda bisa mendaptkanny asecara gratis dari sinar matahari terutama di waktu pagi. Sinar matahari merupakan sumber alami terbaik vitamin D. 

  6. Bersepeda. Olahraga ini dipercaya mampu membuat anda lebih tinggi terutama jika dilakukan pada masa pertumbuhan, bersepeda selain dapat menambah tinggi badan juga cukup menyenangkan sekaligus menyehatkan karena cukup banyak membakar kalori. 

  7. Banyak mengkonsumsi air putih. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh sekaligus membantu dalam mencerna makanan. Kurang mencukupi kebutuhan air putih dapat memperlambat metabolisme, yang dapat menjadi penghalang anda untuk tumbuh tinggi. Jadi cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menambah tinggi badan badan anda adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih. 

  8. Waktu istirahat yang cukup. Untuk mendukung kesehatan anda secara keseluruhan mencukupi waktu istirahat merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Bagi anda yang menginginkan menambah tinggi badan secara alami cobalah mendapatkan waktu istirahat yang cukup terutama di malam hari. Pada saat anda tidur tubuh anda akan tumbuh sehingga anda harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk memaksimalkan masa pertumbuhan anda

  9. Posisi duduk yang benar. Sebuah posisi duduk yang buruk dapat mengakibatkan melambatnya pertumbuhan anda. Saat posisi duduk usahakan Kepala dan leher harus selaras tanpa membungkuk. Hal ini tidak hanya bertujuan untuk meluruskan tulang belakang, tetapi juga membantu dalam meninggikan badan secara alami. Sebuah sikap yang salah seperti membungkuk menyebabkan tulang belakang anda akan menekan ketinggian normal. Cara duduk tegak juga akan melemaskan otot-otot anda untuk tumbuh lebih baik. Selain posisi duduk yang benar posisi tidur juga harus anda perhatikan, usahakan anda tidur dengan kaki lurus dan tidak menekuknya, hal ini akan memudahkan anda untuk tumbuh lebih baik dan optimal.  
Memiliki metabolisme yang baik juga sangat penting jika anda ingin menambah tinggi badan secara alami. Semoga informasi mengenai tips dan cara menambah tinggi badan di atas bermanfaat bagi anda.  

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar