Rabu, 06 November 2013

Beragam manfaat buah anggur

Beragam manfaat buah anggur untuk kesehatan yang sangat luarbiasa. Buah anggur merupakan buah yang memiliki sangat banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Buah yang satu ini sangat terkenal karena memiliki rasa dan kegunaan yang sangat banyak.


Kandungan buah anggur

Setiap satu cangkir buah anggur mengandung  setidaknya 62 kalori , 0,6 gram protein, 0,3 gram lemak dan 15,8 gram karbohidrat, termasuk 0,8 gram serat. buah Anggur juga merupakan sumber vitamin, dengan setiap cangkir menyediakan 13,4 mikrogram vitamin K, atau 17 persen dari nilai harian, 3,7 mg vitamin C dan 0,09 miligram tiamin, atau enam persen dari nilai nutrisi harian yang anda butuhkan. dan 0,1 miligram vitamin B - 6.  Vitamin K sangat penting untuk menguatkan tulang dan pembekuan darah, dan vitamin C berfungsi  membantu dengan fungsi kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan. Tiamin dan vitamin B - 6 adalah vitamin B  yang membantu mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi.
gambar Beragam manfaat buah anggur
Gambar: Beragam manfaat buah anggur
Buah anggur juga mengandung beberapa mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Buah anggur  memberikan 176 miligram kalium, atau lima persen dari DV, serta beberapa mineral lainnya seperti magnesium, seng, besi, kalsium dan fosfor. Kalium adalah salah satu jenis mineral penting untuk menjaga jantung anda berdetak secara teratur, otot dan fungsi saraf, dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Semua jenis buah anggur mengandung antioksidan yang disebut polifenol, termasuk flavonoid dan resveratrol. Antioksidan ini dapat membantu menurunkan risiko peningkatan kolesterol, tekanan darah tinggi, pembekuan darah dan penyakit jantung, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam " Journal of Nutrition " pada bulan Juli 2009, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Mencatat bahwa buah anggur merah atau hitam memberikan manfaat lebih dari anggur hijau karena mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi. Berikut beberapa daftar manfaat buah anggur untuk kesehatan yang sangat mengagumkan:
  • Mengobati demam, Minum jus buah anggur secara teratur dapat  mengurangi demam. Hal tersebut juga dapat  membantu memberikan energi pada tubuh dan membantu proses penyembuhan.  

  • Mengobati penyakit jantung, buah Anggur sangat  bermanfaat untuk menjaga kesehatan  hati, mengurangi rasa sakit pada hati dan dapat menormalkan detak jantung. Untuk itu buah anggur sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung. 

  • Mengkonsumsi segelas Jus buah anggur dapat menyembuhkan kelainan darah  sekaligus dapat membersihkan darah dengan baik. 

  • Mengkonsumsi buah  anggur di pagi hari tanpa campuran gula membantu dalam menyembuhkan migrain. buah anggur merupakan obat yang alami untuk migrain yang sangat baik . 

  • Buah anggur mengandung sejumlah vitamin C yang bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit tapi juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti halnya buah tomat dan buah mangga buah anggur juga dapat mencegah sariawan karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. 

  • Menjaga kesehatan ginjal, Jus buah anggur adalah diuretik dan sangat baik untuk membersihkan ginjal dan dapat membantu mengobati penyakit batu ginjal. Bagi anda yang memiliki masalah dengan ginjal atau ingin mencegah penyakit ginjal maka rutinlah mengkonsumsi jus buah anggur mulai dari sekarang. 

  • Buah anggur memiliki Sifat pemebrsih alami sangat baik untuk kesehatan kulit dan menjaga kebersihannya, selain itu kandungan vitamin C dalam buah anggur juga dapat membantu dalam mencegah jerawat sekaligus membuat kulit anda terlihat lebih segar. 

  • Resveratrol yang ditemukan dalam buah  anggur dapat mencegah pembentukan tumor dalam tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi buah anggur akan membantu anda mencegah dari penyakit  kanker. buah  anggur yang memiliki warna  ungu lebih kuat dalam mencegah penyakit kanker payudara. 

  • Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah anggur. Karena dengan Mengkonsumsi buah  anggur setiap hari dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. 

  • Membantu menurunkan berat badan. Buah anggur mengandung rendah lemak dan kaya akan kandungan vitamin yang sangat cocok digunakan sebagai buah untuk diet sehat. 

  • Mencegah degenerasi makula, Degenerasi Makula adalah suatu keadaan dimana makula mengalami kemunduran sehingga terjadi penurunan ketajaman penglihatan dan dapat  menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan sentral. Buah Anggur dapat mencegah Degenerasi makula yang terjadi karena bertambahnyan  usia. Tiga porsi buah anggur sehari dapat mengurangi risiko degenerasi makula lebih dari 36%. 

  • Sifat antikanker, buah Anggur memiliki sifat anti kanker yang sangat kuat karena efek anti-inflamasi resveratrol dalam buah anggur. Hal ini berfungsi efektif  terutama pada kanker kolorektal dan kanker payudara. Zat Anthocyanin dan proanthocyanidins yang terdapat dalam buah anggur memiliki sifat dapat menghambat pertumbuhan sel penyebab kanker. Jus buah anggur bukan hanya mencegah risiko kanker, tetapi juga menekan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Pigmen yang terkandung dalam buah anggur juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Untuk itu buah anggur memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Rutin mengkonsumsi buah anggur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah dari berbagai macam penyakit.

Demikian beberapa daftar manfaat buah anggur untuk kesehatan. Semoga dengan informasi di atas membuat kita sadar betapa pentingya mengkosnsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan. Mungkin anda juga ingin mengetahui apa saja manfaat buah apel untuk kesehatanyang tidak kalah banyak dan luarbiasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar