Jumat, 15 November 2013

Sejuta Manfaat jus wortel

Sejuta manfaat jus wortel - Satu porsi jus wortel ( satu cangkir ) memiliki sekitar 80 kalori. Bagi mereka yang membutuhkan  asupan kalori 2000 kalori per hari itu artinya  secangkir  jus wortel akan memenuhi sekitar 4 persen dari asupan kalori harian Anda. Karena itu, jus wortel adalah pilihan alternatif yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalori harian sekaligus juga sebagi minuman kesehatan. Jika Anda membandingkan jus wortel dengan pilihan lain, dalam jumlah yang sama jus jeruk memiliki 113 kalori sedangkan jus tomat mengandung 50 kalori. Setiap cangkir jus wortel mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk dicerna.  Berikut Beberapa kandungan jus wortel:
    • Vitamin E. Dengan mengkonsumsi secangkir jus wortel, Anda telah memenuhi 30 persen kebutuhan vitamin A harian Anda.
    Sejuta Manfaat jus wortel
    Gambar: Sejuta Manfaat jus wortel
    • Mineral. Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang terdapat dalam jus wortel. Setiap cangkir jus wortel mengandung sekitar sepertujuh dari kalium dan fosfor.  Anda memerlukan keduanya untuk membantu  sistem saraf dan kesehatan tulang. jus wortel juga mengandung  sepersepuluh  magnesium  dari jumlah yang direkomendasikan. 

    • Vitamin C. Hanya 100g jus wortel dapat menyediakan sebanyak 3 miligram vitamin C , vitamin yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. 

    • Vitamin E. Anda juga akan mendapatkan 0,3 miligram vitamin E dengan masing-masing 100g , yang diperlukan untuk sintesis hormon dan menjaga sel-sel tetap sehat . 

    • Vitamin B. Jus wortel juga merupakan sumber yang sangat baik dari beberapa vitamin B. Untuk 100g jus wortel segar menyediakan 0,01 miligram vitamin B1 yang diperlukan untuk sistem saraf dan otak untuk membuatnya berfungsi dengan baik. jus wortel juga mengandung 0,02 miligram vitamin B2 yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan metabolisme. 

    • Protein. MayoClinic menunjukkan bahwa antara 10 dan 35 persen dari asupan kalori harian berasal dari protein dengan variasi tergantung pada individu . Dengan kandungan protein 1,3 gram per porsi, jus wortel menyediakan jumlah protein yang  bagus . 

    • Karbohidrat. Selain protein dan aneka vitamin jus wortel juga mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. satu porsi jus wortel akan memberikan 18 gram karbohidrat. 

    • Wortel yang memiliki warna lebih gelap mengandung lebih banyak karoten. Selain itu jus wortel juga memiliki  kadar tinggi gula alami. Untuk itu, bagi penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mereka untuk menentukan berapa jumlah wortel yang aman dikonsumsi . 
    Manfaat Jus Wortel
    1. Meningkatkan Fungsi Hati. Salah satu cara  untuk mendetoksifikasi hati adalah dengan mengkonsumsi antara 2 sampai  3 gelas jus wortel setiap hari. 

    2. Kebanyakan orang sudah mengetahui  manfaat jus wortel yang satu ini.  jus wortel dapat meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata. Hal ini dikarenakan jus wortel mengandung kedua beta  karoten dan lutein, keduanya merupakan senyawa yang dapat ditemukan terkonsentrasi di retina kita. Senyawa tersebut berfungsi dalam  melindungi  penglihatan pada malam hari. Hati mengubah beta  karoten menjadi vitamin A  kemudian senyawa ini menuju  ke retina dan menjadi rhodopsin, zat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. 

    3. Jus wortel juga dapat membantu menyeimbangkan keasaman darah, membantu membersihkan jerawat, melawan anemia, asma, kolesterol,  sembelit  dan  bisul. 

    4. Bagi ibu menyusui sebaiknya rutin mengkonsumsi jus wortel  karena dapat membantu melancarkan dan menambah kuantitas  ASI.  mengkonsumsi jus wortel  juga dapat menyediakan  pasokan kalsium dan vitamin A  selama masa kehamilan. 

    5. Bila Anda mengalami kekurangan vitamin A akan berakibat pada kerusakan dan kekeringan pada rambut, kuku dan kulit anda. Karena kandungan vitamin A yang  tinggi dalam  jus wortel dapat membantu mengatasi masalah tersebut. 

    6. Menjaga kesehatan paru-paru. Mengkonsumsi jus wortel dapat  melindungi sistem pernafasan dari risiko infeksi sekaligus membantu untuk melawan efek samping yang buruk yang ditimbulkan asap rokok. Hal ini karena jus wortel sangat kaya vitamin A yang dapat membantu mengurangi risiko emphysema yang merupakan salah satu risiko terbesar bagi perokok. 

    7. Mencegah Kanker. Jus wortel mengandung tinggi karotenoid, zat ini telah dikaitkan dengan penurunan 20 % pada penyakit kanker payudara pascamenopause. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa manfaat jus wortel membantu penurunan 50 % dalam terjadinya beberapa jenis kanker seprti : kanker usus besar, prostat, leher rahim dan kandung kemih. Penelitian lain telah menunjukkan hasil yang sama tentang kanker paru-paru. Para peneliti percaya efek tersebut disebabkan oleh tingkat xanthophylls, gamma  karoten, likopen, lutein dan alpha karoten. 

    8. Menambah  Nafsu Makan dan menjaga kesehatan  pencernaan. Bila Anda mengkonsumsi jus wortel sekitar 20 menit sebelum makan, hal tersebut akan berfungsi untuk membantu merangsang sekresi tubuh Anda dari cairan pencernaan.
    Demikian beberapa daftar kandungan dan manfaat jus wortel yang sangat luarbiasa. Mengkonsumsi jus buah dan sayur akan membantu anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar