Senin, 18 November 2013

Makanan yang mengandung vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C - Semua orang tahu bahwa vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita. Bahkan mungkin salah satu vitamin yang paling penting dari semua, apalagi sudah kita ketahui bahwa vitamin C memiliki sifat antioksidan. Selain menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab kanker, vitamin C juga diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh, karena dapat membantu memproduksi sel darah putih.

Buah Jeruk terkenal merupakan salah satu sumber yang sangat baik dari vitamin C, dan dengan sekitar 70 mg asam askorbat per buah jeruk berukuran sedang. Selain buah jeruk ada beberapa jenis buah dan sayuran yang mengandung tinggi vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan anda. Berikut makanan yang mengandung vitamin C yang perlu untuk anda ketahui:  

Makanan yang mengandung vitamin C
Gambar: Makanan yang mengandung vitamin C
  1. Bah Jambu. Buah jambu merupaan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik. Buah jambu biji menyediakan 376 mg Vitamin C perbuah berukuran besar. 

  2. Buah mangga. Buah mangga termasuk kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berbeda-beda, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik walaupun tidak sebanyak buah jeruk. 

  3. Paprika merah. Vitamin C tidak hanya ditemukan dalam buah saja, tetapi dalam sayuran juga. Paprika merah adalah salah satu makanan sumber vitamin C yang sangat bagus. Sayur yang satu ini memang diketahui memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu 142 mg Vitamin C dalam 1 /2 cangkir.  

  4. Buah Kiwi. 128 mg Vitamin C dalam 2 buah. Hanya satu buah kiwi berukuran kecil memiliki kandungan vitamin C yang sama  dengan buah  jeruk berukuran besar. Anda membutuhkan setidaknya dua buah kiwi untuk memenuhi asupan vitamin C harian anda. 

  5. Brokoli. Selain paprika sayur yang satu ini juga merupakan sumber vitamin C yang cukup baik. Dalam satu cangkir brokoli setidaknya menyediakan 100 mg Vitamin C. 

  6. Buah Pepaya. Makanan yang mengandung vitamin C yang selanjutnya adalah buah pepaya. Dalam satu cangkir irisan buah pepaya menyediakan 86 mg Vitamin C. Selain mengandung vitamin C buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk mata. Buah pepaya juga mengandung papain yang membantu pencernaan, untuk itu buah pepaya merupakan salah satu buah untuk diet yang sangat cocok.

  7.  Buah Melon. Kebanyakan buah melon mengandung vitamin C. Hanya satu cangkir buah melon mengandung  67 mg vitaminC  selain itu buah melon juga memiliki kandungan vitamin A dan juga kalium. Selain itu, buah semangka adalah sumber yang baik vitamin C. 

  8. Buah tomat.Buah tomat merah  adalah sumber  Vitamin C yang sudah kita ketahui dari dulu. Hanya satu porsi (100 gram) memberikan  lebih dari 100 mg vitamin C. Ini sama dengan 170 % dari kebutuhan kita sehari-hari. 

  9. Buah Strawberry. Strawberry  mengandung tinggi vitamin C. Hanya satu porsi memberikan  sekitar setengah dari kebutuhan vitamin C  harian anda.  Buah yang satu ini juga mengandung tinggi serat dan antioksidan yang bertanggung jawab untuk mengurangi stres oksidatif dan melindungi jantung dari kolesterol LDL yang berlebihan.  

  10. Buah nanas. Buah nanas banyak mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A dan C yang berguna sebagai antioksidan alami. Selain kaya dengan aneka vitamin buah nanas Juga mengandung beberapa mineral penting diantaranya: kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain.

  11. Makanan yang mengandung vitamin C yang selanjutnya adalah blewah. Blewah biasanya dijadikan sebagai pelengkap es buah karena rasanya yang menyegarkan. Kandungan Vitamin C dalam buah blewah memang tidak terlalu tinggi karena hanya menyediakan  42,2 mg vitamin C perporsi.  Akan tetapi walaupun demikian buah blewah juga bisa anda jadikan sebagai tambahan sumber vitamin C anda.
Demikian beberapa dafatar makanan yang mengandung vitamin C yang perlu untuk anda ketahui. Mengingat banyaknya fungsi vitamin C dalam tubuh, maka anda harus benar-benar memperhatikannya dan mulai memilih makanan yang tepat untuk mendapatkan vitamin C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar