Minggu, 03 November 2013

Dampak negatif kurang tidur bagi kesehatan

Beberapa dampak negatif kurang tidur bagi kesehatan - Tidur merupakan aktifitas yang sangat penting karena merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dan organ-organ vital dalam tubuh. Kurangnya tidur dapat memberikan efek yang sangat buruk untuk kesehatan, beberapa penyakit pun juga disinyalir akan mudah menyerang orang yang memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang kurang.  Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang  kurang tidur  mulai dari susah tidur sampai kebiasaan begadang. Berikut dampak negatif kurang tidur yang sangat bahaya untuk kesehatan:
  1. Menurunkan konsentrasi, tidur mrupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mengistirahatkan otak, jadi kurangnya tidur akan membuat kerja otak kita lebih berat dan berefek pada menurunnya konsentrasi.  Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Sleep juga menunjukkan bahwa tingkat akurasi dalam mengerjakan tugas-tugas yang membutuhkan daya ingat bisa berkurang sampai 15 persen saat seseorang kurang mendapatkan tidur yang cukup. 
gambar Dampak negatif kurang tidur bagi kesehatan
Gambar: Dampak negatif kurang tidur bagi kesehatan
  1. Emosi yang tidak stabil, Menurut survei  yang digelar oleh Duke University, AS, wanita akan jauh lebih mudah marah ketimbang pria pada saat bangun tidur. Fakta juga menunjukkan bahwa, wanita memiliki kebutuhan tidur  lebih banyak dari pada pria. Ini juga harus menjadi perhatian lebih bagi para wanita tentunya. 

  2. Obesitas, jika akan sedang melakukan diet maka hal yang harus anda perhatikan adalah kualitas tidur anda, kenapa demekian? hal itu disebabkan Kurang tidur justru akan merangsang nafsu makan anda meningkat karena mengurangi tingkat deptin (hormon yang bisa meningkatkan rasa kenyang) dan meningkatkan hormon ghrelin atau hormon yang membuat anda merasa lapar. Untuk itu anda harus mulai menghilangkan kebiasaan tidur larut malam. Tentunya anda tidak inginkan jika program diet anda kacau gara-gara anda sering begadang. 

  3. Menurunnya daya tahan tubuh, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki waktu tidur lebih sedikit memiliki daya tahan tubuh lebih lemah dibandingan orang yang memliki porsi tidur yang cukup. Hal ini akan menyebabkan tubuh anda akan lebih mudah terserang penyakit. 

  4. Beresiko terserang penyakit jantung. Bagi anda yang memiliki kebiasaan tidur larut malam sebaiknya harus berhati-hati dan mulai mengurangi kebiasaan buruk tersebutr. Kurangnya  tidur malam bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung seseorang. Demikian kesimpulan dari  penelitian yang dilakukan di Universitas Alabama, Birmingham, Amerika Serikat. Ketika anda begadang atau tidak cukup waktu untuk tidur akan ada peningkatan tekanan darah, hormon stres, toleransi glukosa lebih rendah, dan peningkatan berat badan. Semua faktor tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. 

  5. Meningkatkan resiko kematian, mungkin bagi anda yang sering begadang akan kaget bahwa kurang tidur akan menyebabkan kematian, sebenarnya dampak paling umum bagi orang yang mengalami kurang tidur adalah banyaknya penyakit yang menyerang dan menurunnya daya tahan tubuh. banyaknyan penyakit yang menyerang tentunya bisa dikaitkan dengan kematian. Selain itu sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 16.000 orang oleh para peneliti di Copenhagen University menghubungkan antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian.

  6. Memicu depresi, kurangnya tidur bukan hanya berefek buruk pada kesehatan tubuh saja, melainkan juga akan berdampkak pada psikis orang yang mengalamainya. 

  7. Meningkatkan resiko penyakit Kanker Payudara, Peneliti dari Tohuku University Graduate School of Medicine di Jepang melakukan sebuah penelitian terhadap 24.000 wanita yang berusia antara 40 sampai 79 tahun dan berhasil menemukan bahwa peserta yang memiliki waktu  tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kanker payudara 62 persen dibandingkan peserta yang tidur hingga 9 jam setiap malam.
Demikian beberapa dampak negatif kurang tidur yang perlu untuk anda ketahui, bagi anda yang sering begadang mulailah untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, mengingat banyak bahaya yang dapat ditimbulkan dari kurangnya tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar