Jumat, 25 April 2014

12 Manfaat buah mengkudu yang luar biasa

Ini dia beberapa manfaat buah mengkudu yang sangat luar biasauntuk kesehatana anda. Secara tradisional buah mengkudu sudah digunakan sebagai obat tradisional oleh Polinesia selama lebih dari 2000 tahun yang lalu. Ada juga yang menyebutkan bahwa buah mengkudu digunakan sebagai pembersih internal dan sebagai pengobatan yang efektif untuk sakit sendi. Dalam era moderen sekarang ini banyak penelitian yang dilakukan di seluruh dunia yang berhasil mengungkap manfaat buah mengkudu, beberapa penelitian tersebut mengungkap bahwa buah mengkudu memiliki manfaat untuk beberapa penyakit dan gangguan kesehetan seperti pengobatan nyeri haid, pencegahan kanker dan meningkatkan tonik karena kandungan gizi yang luar biasa yang dimilikinya.
Manfaat buah mengkudu yang luar biasa
Gambar Manfaat buah mengkudu yang luar biasa
12 Manfaat buah mengkudu yang sangat luar biasa
  1. Menurunkan Kolesterol. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak dari buah mengkudu dapat  mengurangi kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian di Pakistan - Arab yang menggunakan air dan ekstrak etanol yang menggunakan buah, daun dan akar mengkudu. Dalam penelitian tersebut para peneliti menggunakan tikus di laboratorium, para peneliti berhasil menemukan bahwa ketiga ekstrak tersebut secara signifikan mampu mengurangi kadar kolesterol. 

  2. Meningkatkan kekebalan tubuh. Jus buah mengkudu memiliki banyak seklai manfaat untuk kesehatan, sebuah Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang secara rutin mengkonsumsi buah mengkudu dapat meningkatkan produksi sel darah putih, hal tersebut membuat buah mengkudu dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.  

  3. Buah mengkudu memiliki sifat antikanker. Manfaat lain dari buah mengkudu adalah kemampuannya dalam melawan kanker, buah mengkudu dapat melakukannya karena adanya kandungan antioksidan seperti karotenoid, bioflavonoid dan senyawa seperti antrakuinon (khusus damnacanthal) dan scopoletin. Senyawa tersebut juga bertanggung jawab sebagai penghambatan proliferasi sel tumor dan pencegahan penyebaran tumor (metastasis). 

  4. Sumber vitamin C. Buah mengkudu merupakan salah satu makanan sumber vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit khususnya yang menyerang sistem imun kita. 

  5. Memeprbaiki sel-sel yang rusak. Buah mengkudu memiliki senyawa organik yang disebut antrakuinon, yang bertindak sebagai anti-bakteri. Beberapa senyawa penting lainnya adalah proxeronine, prekursor untuk xeronine, suatu alkaloid, yang bekerja pada tingkat molekuler, yang memperbaiki sel-sel yang rusak untuk meningkatkan fungsi sel-sel tersebut. 

  6. Menjaga kesehatan alat reproduksi. Buah mengkudu sangat efektiv dalam mengobati infeksi saluran kemih. Mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur membantu dalam mengobati penyakit menular seperti gonore dan sifilis. Bukan hanya itu saja manfaat buah mengkudu yang lain diantaranya menyusutkan pembesaran prostat dan fibroid rahim, dan juga meringankan kram selama masa menstruasi dan menormalisasi haid tidak teratur. 

  7. Membantu menurunkan berat badan. Banyak orang yang mengaku kehilangan berat badan setelah mengkonsusmi buah mengkudu ini. Akan tetapi apakah benar jika buah mengkudu memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan? Buah mengkudu dapat menurunkan berat badan karena menghasilkan oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat  menarik banyak energi dari sumber yang berbeda, dan salah satu sumber energi tersebut adalah dari sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini tentunya akan mengurangi cadangan lemak yang tersimpan dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan.

  8. Membantu menurunkan tekanan darah. buah mengkudu kaya akan berbagai nutrisi penting yang memiliki manfaat untuk kesehatan diantaranya fitonutrien, selenium, dan vitamin C. Nutrisi tersebut berperan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada dinding pembuluh darah. Senyawa yang ditemukan dalam buah mengkudu yang disebut scopoletin dapat menurunkan tekanan darah. buah mengkudu juga  mengandung proxeronine, yang diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi xeronine. Xeronine inilah yang bekerja dalam membantu mengkoordinasikan sel untuk bekerja secara harmonis, sehingga dapat menurunkan stres dan juga tekanan darah. 

  9. Melancarkan air seni. Buah mengkudu mengandung metil, yang Bermanfaat untuk membunuh kuman. Selain itu Senyawa ini juga bermanfaat sebagai moridon obat pencahar sedangkan senyawa soranyidiol berguna untuk peluncuran keluarnya air seni. 

  10. Menghilangkan Nyeri. buah mengkudu memiliki kemampuan sebagai zat analgesik yang telah membuatnya terkenal dalam sejarah pengobatan tradisional di zaman kuno maupun moderen saat ini, buah mengkudu juga disebut pain killer tree atau headache tree. Penelitian ilmiah berhasil mengungkap bahwa buah mengukdu memiliki manfaat untuk mengatasi rasa nyeri. 

  11. Meningkatkan Suasana Hati. Buah mengkudu memiliki manfaat untuk memperbaiki suasan hati dikarenakan memiliki kandungan seopoletin yang berfungsi untuk mengikat serotonin. Menurut Drs. Harrison ( Rumah Sakit DC.General , USA ), scopoletin tersebut dapat meningkatkan kegiatan kelenjar peneal yang terdapat di otak sehingga dapat meningkatkan suasana hati atau mood seseorang. 

  12. Membantu mengontrol Diabetes. Buah mengkudu dapat membantu dalam meregulasi sekresi insulin oleh pankreas, sehingga membantu mengendalikan diabetes. Mengkonsumsi buah mengkudu juga dapat membantu meringankan gejala-gejala diabetes karena kemampuannya dalam merangsang produksi oksida nitrat dalam tubuh.
Demikian beberapa pembahasan mengenai manfaat buah mengkuduyang perlu anda ketahui untuk menambah wawasan kita mengenai manfaat buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar