Minggu, 20 April 2014

20 Manfaat daun kemangi yang mengagumkan


Daftar dari 20 Manfaat daun kemangi yang sangat mengagumkanuntuk kesehatan dan pengobatan. Kemangi merupakan salah satu dari tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kemangi awalnya berasal dari Iran, India dan daerah tropis lainnya di Asia. Mungkin sebagian besar dari kita mengetahui bahwa daun kemangi biasanya sering digunakan sebagai lalapan saat makan, tapi Tahukah anda bahwa daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Berikut 20 manfaat daun kemangi untuk kesehatan yang perlu untuk anda ketahui:

  1. Kaya akan antioksidan. Daun kemangi mengandung flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diketahui sebagai salah satu antioksidan yang berfungsi  melawan lipid oksidasi dalam hati.

Manfaat daun kemangi yang mengagumkan
Gambar: Manfaat daun kemangi yang mengagumkan
  1. Mencegah penuaan dini. Ramuan dari daun kemangi cukup ampuh untuk menangkal radikal bebas karena mengandung tinggi beta -karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea - xanthin . Senyawa tersbut memiliki manfaat untuk melindungi tubuh kita terhadap radikal bebas dari oksigen yang berperan mempercepat  proses penuaan dan berbagai penyakit.

  2. Mengobati Demam. Daun kemangi kaya akan fitonutrien dan minyak penyembuhan, yang membuat daun kemangi sangat efektif dalam menyembuhkan demam malaria dan demam berdarah. Rebus Daun kemangi yang sudah dihaluskan dan ditambah dengan teh. Untuk demam yang tinggi bisa juga dengan menggunakan rebusan daun kemangi, gula, dan susu yang dicampur dengan bubuk kapulaga dan ditambahkan dengan sekitar ½ liter air kemudian ramuan tersebut diminum untuk menurunkan demam.

  3. Mengobati batuk dan pilek. Daun kemangi bermanfaat untuk menyembuhkan batuk dan juga pilek dengan cara menjadikannya sebagai lalapan atau membuatnya sebagai teh. Selain itu Daun kemangi digunakan sebagai bahan dalam obat batuk dan ekspektoran dan membantu untuk memobilisasi lendir di bronkitis dan asma.

  4. Membantu mengatasi stres dan mempertajam Pikiran. Menggunakan 12  daun kemangi sebagai lalapan dipercaya mampu membantu anda mencegah stres sekaligus mempertajam pikiran anda, hal tersebut dikarenakan Daun kemangi dianggap sebagai 'adaptoge ' atau agen anti - stres.

  5. Sebagai Anti septik Alami. Daun kemangi memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik terhadap luka dan infeksi, daun kemangi bermanfaat untuk memperkuat lambung dan memperlancar keringat berlebihan. Daun kemangi juga efektif dalam menghilangkan dahak dari tabung bronkial. Karena kandungan antiseptiknya tersebut daun kemangi memiliki manfaat untuk pengobatan bisul, luka, campak, dan cacar air.

  6. Sumber mineral. Daun kemangi  mengandung berbagai macam mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium dalam daun kemangi memiliki manfaat untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah sedangkan  Mangan digunakan oleh tubuh sebagai antioksidan, superoksida dismutase. Sealin itu Daun kemangi juga merupakan sumber zat besi, dalam 100 g menyediakan sekitar 3,17 mg jumlah tersebut sudah memenuhi sekitar 26 persen kebutuhan zat besi harian anda.

  7. Menjaga kesehatan pencernaan. Daun kemangi diyakini memiliki efek menenangkan pada perut, mengkonsumsi 1/2 sendok teh kering atau daun kemangi segar dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. Jadi anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai salah satu ramuan sehat yang bisa anda dapatkan dengan mudah seklaigus mendapatkan manfaat yang luarbiasa darinya.

  8. Sengatan atau gigitan serangga. Daun kemangi bisa anda gunakan sebagai obat alami untuk mengobati gigitan atau sengatan serangga dengan cara melumatkannya dengan mengunyah kemudian menempelkan ke bagian yang terkena gigitan atau sengatan serangga tersebut, cara tersebut  dapat menarik keluar racun.

  9. Membantu mengobati sakit kepala. Cara penggunaannya: Siapkan satu sendok makan daun kemangi kering, 2 cangkir air mendidih dalam panci besar. Kemudian tutup kepala dengan handuk dan hirup uap selama 5-10 menit sampai sakit kepala mulai mereda.

  10. Menstabilkan Gula darah. manfaat daun kemangi memang sangat banyak sekali untukkesehatan selain dapat mengobati sakit kepala daun kemangi juga telah terbukti dapat membantu kestabilan gula darah jika dikonsumsi secara teratur sebagai teh ataupun lalapan.

  11. Sumber vitamin K. Dengan anda Mengkonsumsi daun kemangi dapat meningkatkan asupan vitamin K. Vitamin K diperlukan dalam tubuh untuk mengaktifkan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan sehat - termasuk tulang rawan perut dan jaringan paru-paru. Satu porsi daun kemangi segar mengandung 44 mikrogram vitamin K  kira-kira sepertiga kebutuhan Vitamin K harian anda (pria dan satu-setengah dari asupan harian bagi perempuan).

  12. Menjaga kesehatan gigi dan mulut. Keringkan daun kemangi di bawah sinar matahari kemudian lembutkan hingga menjadi bubuk kemudian gunakan sebagai pasta gigi. Ramuan dari daun kemangi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, menangkal bau mulut dan memberikan rileksasi kepada gusi.

  13. Gangguan mata. Jus daun kemangi merupakan obat yang efektif untuk sakit mata dan gangguan penglihatan pada malam hari, yang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin A.  Cara penggunaannya adalah Teteskan jus daun kemangi hitam ke dalam mata setiap hari pada waktu tidur dan insya Allah anda akan mendapatkan mata yang sehat.

  14. Sakit Tenggorokan. Gunakan daun kemangi sebagai teh untuk diminum atau bisa juga digunakan sebagai obat kumur untuk membantu mengobati sakit tenggorokan.

  15. Infeksi Mulut. Untuk mengobati infeksi pada mulut anda cukup dengan cara mengunyah daun kemangi segar selama beberapa menit.

  16. Membantu merawat rambut anda. Gunakan Daun kemangi sebagai kondisioner alami yang dapat membantu dalam meremajakan rambut dengan merangsang folikel rambut .

  17. Mencegah penyakit jantung. Ramuan dari Daun kemangi memiliki manfaat untuk membantu mencegah penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

  18. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Mengkonsumsi daun kemangi segar secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Studi menunjukkan bahwa berbagai senyawa kimia dalam daun kemangi dapat meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi hingga 20 persen.

  19. Mencegah timbulnya jerawat. Ternyata tidak berhenti sampai di situ saja manfaat daun kemangi, daun kemangi diketahui dapat mengatasi jerawat juga mempercepat proses penyembuhan jerawat. Minyak daun kemangi segar juga dapat membantu penyumbatan pori-pori, yang merupakan penyebab utama jerawat.
Tertarik menggunakan daun kemangi sebagai ramuan untuk kesehatan anda ? cobalah menggunakan cara yang alami untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan anda karena cara yang alami lebih aman dan lebih kecil menimbulkan efek samping. Demikian beberapa manfaat daun kemangi  semoga bermanfaat untuk para pembaca.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar