Selasa, 22 April 2014

16 Manfaat Daun Sirih yang luar biasa


16 Manfaat Daun Sirih yang sangat luar biasa yang wajib anda ketahui. Daun sirih sudah digunakan selama berabad-abad yang lalu oleh beberapa bangsa seperti India dan Sri Lanka untuk pengobatan luka dan penyakit. Di Indonesia sendiri daun sirih juga sangat terkenal sebagai obat untuk luka dan juga antiseptik alami, seperti menghilangkan bau mulut, membantu menyembuhkan luka dan mencegah infeksi.

Daun sirih mengandung beberapa zat yang memiliki manfaat untuk manusia diantaranya tanin, gula, dan minyak esensial yang merupakan cairan aromatik. Selain itu daun sirih juga mengandung fenol yang disebut chavicol dan arakene alkaloid di dalamnya, yang memiliki sifat yang sama dengan kokain.
Manfaat Daun Sirih yang luar biasa
Gambar: Manfaat Daun Sirih
16 Manfaat daun sirih yang sangat luar biasa
  1. Membersihkan mata. Caranya adalah masukkan 3 lembar daun sirih ke dalam piring yang sudah diisi air panas kemudian tunggu sampai air tersebut dingin masukkan mata anda ke dalam air daun sirih tadi sambil berkedip. 

  2. Menghilangkan jerawat. Manfaat daun sirih untuk jerawat sebenarnya sudah lama diketahui, untuk penggunaannya adalah:  persiapkan beberapa lembar daun sirih kemudian tumbuk hingga halus dan terapkan pada bagian yang berjerawat, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda bisa menambahkan minyak zaitun. Hal tersebut dikarenakan daun sirih mengandung minyak esensial yang mengandung fenol disebut sebagai chavicol yang memiliki sifat antiseptik. 

  3. Mengobati Sakit pinggang. Caranya: haluskan beberapa lembar daun sirih kemudian tambahkan dengan minyak kelapa dan oleskan pada bagian yang sakit. Gunakan cara tersebut beberapa kali untuk meringankan dan membantu prosese penyembuhan sakit pinggang. 

  4. Membantu mengobati diabetes. Daun sirih diketahui memiliki komponen yang bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga sangat bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan diabetes. 

  5. Mengobati sakit telinga. Anda dapat menggunakan manfaat daun sirih sebagai obat sakit telinga dengan cara siapkan beberapa lembar daun sirih, air, kemduian campur kedua bahan tersebut seperti membuat jus. Ramuan ini bisa anda teteskan ke bagian telinga anda yang sakit. 

  6. Mengobati luka. Daun sirih memang sudah terkenal sejak dulu dapat mengobati berbagai macam luka, selain membantu penyembuhan luka daun sirih juga dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka. Cara penggunaanya cukup dengan menempelkan daun sirih yang sudah duhaluskan ke bagian luka.

  7.  Menguatkan Saraf. Jus daun sirih yang ditambah dengan dengan satu sendok teh madu diketahui cukup ampuh untuk pengobatan nyeri saraf, sekaligus menguatkan saraf. 

  8. Menghilangkan bau mulut. Daun siirh memang mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri dalam mulut kita sehingga berkumur menggunakan air rebusan daun sirih memiliki manfaat untuk menjauhkan anda dari bau mulut. 

  9. Memutihkan gigi. Selain menghilangkan bau mulut manfaat lain dari daun sirih adalah untuk memutihkan gigi secara alami, seperti halnya buah strawberry mengunyah daun sirih juga akan membuat gigi anda terlihat lebih putih dan bersih. 

  10. Melancarkan buang air kecil. Mungkin anda baru mendengar jika daun sirih memiliki manfaat untuk Melancarkan buang air kecil hal tersebut bisa terjadi karena daun sirih dikenal memiliki sifat diuretik, dengan Minum air dari jus daun sirih dapat membantu melancarkan buang air kecil. 

  11. Mengobati sakit kepala. Mungkin Saat anda mengalami sakit kepala pasti anda akan berfikir untuk membeli obat sakit kepala, sebenarnya ada bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati sakit kepala yaitu dan sirih. Letakkan daun sirih kebagian sakit kepala maka insya Allah sakit kepala anda akan segera hilang.  

  12. Membantu anda berhenti merokok. Bagi anda yang bingung bagaimana cara berhenti merokok tidak ada salahnya menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk pengalihan rokok, bagi sebagian orang mengunyah daun sirih dapat menggantikan rokok dan perlahan akan membuat anda total meninggalkan rokok. 

  13. Mengobati kanker. Manfaat daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat kanker. Ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus dan dengan beberapa gelas air hingga tersisa sekitar 1/4, campurkan  air rebusan daun sirih tersebut dengan madu murni kemudian minum dalam keadaan masih hangat secara teratur 2-3 kali sehari untuk membantu penyembuhan penyakit kanker. 

  14. Manfaat daun sirih untuk mengobati Mimisan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa daun sirih dapat mengobati mimisan, ambil beberapa  lembar daun sirih dan cuci sampai bersih. Gulung dan masukkan ke lubang hidung yang mimisan, cara tersebut selain dapat menahan keluarnya darah juga membantu proses penyembuhan. 

  15. Mengobati keputihan. Ambil sekitar 10-15 daun sirih kemudian Rebus daun sirih yang telah dicuci tersebut dengan 2-3 liter air. Gunakan air rebusan tersebut yang masih hangat untuk mencuci Miss V. 

  16. Menghilangkan bau badan. Manfaat daun sirih yang terakhir adalah kemampuannya dalam menghilangkan bau badan. Mungkin anda bertanya Bagaimana bisa daun sirih untuk menghilangkan bau badan ? caranya adalah dengan  menggunakan sekitar 5 lembar daun sirih ditambah dengan 2 gelas air kemudian rebus hingga tersisa setengah. Minum ramuan tersebut di siang hari untuk menghilangkan bau badan.
Demikianlah 16 manfaat daun sirih yang bisa anda terapkan untuk mengatasi gangguan kesehatan atau pun penyembuhan penyakit. Ramuan daun sirih hanya sebagai cara alternatif dan bukan sebagai obat utama, jadi selain ramuan daun sirih tersebut anda juga harus datang ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. baca juga 20 Manfaat daun kemangi yang sangat mengagumkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar