Rabu, 16 April 2014

Manfaat bayam yang sangat luar biasa

Beberapa daftar manfaat bayam yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Sayur bayam merupakan salah satu superfood yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, sayur berdaun hijau ini mengandung aneka macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti vitamin, protein dan mineral. Bayam merupakan makanan sumber zat besi yang sangat baik, dalam tubuh manusia zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Untuk mengangkut oksigen tersebut, zat besi harus bergabung dengan protein untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot.

Bayam mengandung rendah kalori dan lemak dalam 100 gm daun bayam mentah hanya mengandung 23 kalori. Selain itu bayam juga mengandung serat makanan larut, maka tak heran jika sayur bayam hijau merupakan salah satu sumber nabati terbaik yang direkomendasikan dalam mengendalikan kolesterol dan program penurunan berat badan.

Manfaat bayam yang sangat luar biasa
Gambar: Manfaat bayam yang sangat luar biasa
Dalam 100 g bayam Segar sudah memenuhi sekitar  25 % dari asupan zat besi harian anda. Dengan Jumlah tersebut menempatkan sayur bayam sebagai sayur yang memiliki kandungan zat besi di antara sayuran berdaun hijau lainnya. Zat Besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi sel darah merah.

Sayur bayam merupakan sumber vitamin yang sangat baik yang berperan sebagai antioksidan penting seperti vitamin A, vitamin C, dan flavonoid antioksidan fenolik poli seperti lutein, zea - xanthin dan beta -karoten. Kombinasi antara jenis antioksidan tersebut bertindak sebagai pelindung tubuh terhadap radikal oksigen yang dapat menyebabkan penuaan dan munculnya berbagai macam penyakit.

6 Manfaat Super bayam untuk kesehatan
  1. Sayur bayam sebagai anti kanker. Ada lebih dari 12 senyawa flavonoid yang berbeda dalam bayam yang bertindak sebagai  anti-inflamasi untuk melawan kanker. Para peneliti telah menciptakan ekstrak bayam khusus untuk digunakan dalam penelitian laboratorium. Penelitian medis juga berhasil mengungkap bahwa wanita yang mengkonsumsi bayam secara teratur memiliki resiko kecil untuk mengembangkan penyakit kanker payudara.  

  2. Menjaga kesehatan tulang. Bayam mengandung Vitamin K yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang anda dari kerapuhan dan osteoporosis. Mengkonsumsi 1 cangkir bayam segar sudah dapat memenuhi kebutuhan Vitamin K harian anda.  Selain vitamin K Nutrisi lain seperti kalsium dan magnesium dalam bayam juga dapat memainkan peran penting dalam mendukung kekuatan tulang. 

  3. Mencegah katarak. Sayur bayam mengandung tinggi  lutein, yang memiliki banyak sekali manfaat untuk penglihatan dengan mencegah katarak dan degenerasi makula. Selain itu kandungan vitamin A dalam sayur bayam juga dapat membantu anda mendapatkan mata yang sehat. 

  4. Menjaga kesehatan Kulit. Tingginya kandungan vitamin A dalam bayam juga menjadikannya sebagai makanan sehat untuk kulit, mengkonsumsi sayur bayam secara teratur juga dapat membuat kulit anda lebih terlihat lembab alami, sehingga memerangi psoriasis, keratinisasi, jerawat dan bahkan keriput. 

  5. Fungsi  Otak dan Saraf yang sehat. Sudah kita ketahui di atas bahwa bayam kaya akan kandungan vitamin K yang memberikan kontribusi besar terhadap sistem saraf dan fungsi otak yang sehat dengan menyediakan bagian penting untuk sintesis dari sphingolipids, merupakan lemak penting yang membentuk selubung Myelin sekitar saraf kita. 

  6. Menjaga kesehatan pencernaan. Dalam Satu cangkir bayam mengandung  hampir 20 % dari RDA serat makanan, yang membantu fungsi pencernaan, mencegah sembelit , mempertahankan kestabilan tekanan darah, dan mengendalikan nafsu makan.
Mengkonsumsi sayur-sayuran merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memulai hidup sehat, sayur-sayuran selain kaya akan kandungan vitamin juga mengandung tinggi antioksidan yang sangat baik untuk mencegah dari berbagai macam penyakit. Demikian beberapa manfaat sayur bayam bagi kesehatan semoga bremanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar