Jumat, 11 April 2014

ini dia 8 Manfaat telur untuk kesehatan


8 Daftar Manfaat telur untuk kesehatan yang wajib anda ketahui. Kebanyakan dari kita mengetahui bahwa telur merupakan makanan yang mengandung tinggi protein, akan tetapi mungkin tidak banyak yang tau bahwa bukan hanya protein saja yang dimiliki oleh telur melainkan banyak nutrisi penting lainnya seperti vitamin dan mineral, itulah sebabnya mengapa telur memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan.  Telur sangat dibutuhkan sebagai nutrisi tambahan khususnya bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan, berikut beberapa daftar manfaat telur untuk kesehatan:
Manfaat telur untuk kesehatan
Gambar: Manfaat telur untuk kesehatan
  1. Telur sumber lemak baik. Kebanyakan dari kita menganggap bahwa telur memiliki efek yang buruk untuk kesehatan karena banyak mengandung lemak, perlu anda ketahui bahwa tidak semua jenis lemak yang dikandung oleh telur merugikan untuk kesehatan. Sebuah studi berhasil mengungkap bahwa 3 porsi telur utuh per hari dapat mengurangi resistensi insulin, menaikkan HDL (jenis lemak baik). Akan tetapi walaupun demikian telur tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena selain lemak baik telur juga mengandung lemak jahat (LDL). 

  2. Sumber kolin. Kolin merupakan salah satu nutrisi yang ditemukan dalam telur.  Satu kuning telur memiliki sekitar 300 mikrogram kolin. Kurangnya asupan kolin dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti penyakit hati, penyakit jantung dan gangguan neurologis. Asupan kolin juga sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa seorang wanita hamil yang rendah asupan kolin dapat meningkatkan resiko cacat tabung saraf dan menyebabkan penurunan fungsi kognitif pada anak. 

  3. Mencegah kanker payudara. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi setidaknya enam butir telur per minggu memiliki  risiko lebih kecil untuk terkena penyakit kanker payudara sebesar 44 %.   

  4. Telur sumber vitamin D. Telur merupakan makanan yang mengandung sumber vitamin D alami. Vitamin D memilki banyak sekali manfaat untuk kesehatan,  seperti menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. menkonsumsi telur  secara teratur teruatama pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat membantu mereka mendapatkan tulang yang kuat. 

  5. Telur mengandung protein yang berkualitas. Telur mengandung tinggi protein yang sangat baik untuk pembentukan massa otot, kualitas protein dalam telur juga sangat baik karena berpadu dengan asam amino. Kualitas sumber protein ditentukan oleh jumlah asam amino esensial ini. Ada sekitar 21 asam amino yang diperlukan tubuh untuk membangun protein. Dan 9 dari jumlah tersebut tidak dapat diproduksi oleh tubuh, yang itu artinya kita membutuhkannya dari luar berupa makanan, dan telur merupakan makanan sumber yang baik dari asam amino tersebut. 

  6. Mencegah katarak. Dalam sebuah studi para peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi telur setiap hari dapat menurunkan risiko terkena katarak, hal tersbut dikarenakan telur mengandung lutein dan zeaxanthinyang merupakan jenis antioksidan yang melindungi retina, dan kedua jenis antioskidan tersebut dapat ditemukan dalam kuning telur. 

  7. Telur merupakan sumber kalsium. Bersama dengan vitamin D kalsium berperan dalam menjaga kepadatan tulang, telur merupakan makanan sumber kalsium yang sangat baik, dalam telur  terdapat sekitar 55 kalsium (tergantung ukuran). 

  8. Mencegah stroke. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi telur secara teratur dapat membantu mencegah penggumpalan darah, stroke dan serangan jantung.
Setelah anda mengetahui manfaat telur sangat banyak untuk kesehatan apakah anda tertarik untuk mengkonsumsi telur ? Telur merupakan makanan sumber nutrisi yang sangat baik, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi telur selama tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar