Senin, 30 September 2013

Manfaat buah apel untuk kesehatan

Manfaat buah apel untuk kesehatan - Siapa yang tidak kenal dengan buah apel, buah apel memang cukup akrap dengan kita karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat buah yang satu ini cukup digemari oleh masyarakat. selain rasanya yang manis buah apel ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang mungkin tidak banyak kita ketahui. Banyak penelitian yang sudah berhasil mengungkap manfaat buah apel ini mulai dari mencegah kanker sampai mencegah katarak. Kenapa buah apel memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan? Jawabannya adalah karena buah apel memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Beberapa kandungan buah apel diantaranya adalah: aneka vitamin seperti: vitamin A, B dan C, aneka mineral seperti : belerang , zat besi, klor, magnesium, natrium, potasium,  fosfor, kalsium, boron dan silikon.  
Daftar Manfaat buah apel untuk kesehatan
  • Mencegah batu empedu, Batu empedu dapat terbentuk apabila ada terlalu banyak kandungan kolesterol dalam empedu. Untuk melakukan pencegahan batu empedu, dokter menyarankan agar melakukan diet dengan makanan ataupun buah-buahan yang mengandung tinggi serat. Dan buah apel merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk diet tersebut karena kandungan serat dalam buah apel cukup tinggi. 
Gambar Manfaat buah apel untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah apel untuk kesehatan
  • Memutihkan gigi, mungkin dengan mengkonsumsi buah apel tidak akan dapat menggantikan fungsi sikat gigi sebagai pembersih gigi, akan tetapi setidaknya dengan menggigit  buah apel anda sudah membantu menjaga kesehatan gigi dan mendapatkan gigi yang putih, hal tersebut dikarenakan dengan anda menggigit buah apel akan merangsang produksi air liur dalam mulut Anda yang dapat mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri. 

  • Mencegah katarak, sebuah penelitian jangka panjang baru-baru ini menemukan bahwa orang yang melakukan diet dengan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti buah apel dan jeruk memiliki resiko 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit katarak, oleh sebab itu dengan rutin mengkonsumsi  buah apel dapat membantu anda untuk mendapatkan mata yang sehat. 

  • Menurunkan berat badan, buah apel selain memiliki khasiat yang banyak untuk mencegah dari berbagai macam penyakit juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, buah apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah lemak jadi sangat cocok jika dijadikan buah- buahan untuk diet sehat anda. 

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, warna merah yang terdapat pada kulit buah apel mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian  terbaru menemukan bahwa antioksidan tersebut dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang, terutama ketika Anda sedang dalam keadaan stres. Untuk itu rajinlah mengkonsumsi buah apel agar anda memiliki tubuh yang sehat dan pastinya bebas dari penyakit. 

  • Menjaga kesehatan pencernaan, serat yang terkandung dalam buah apel berperan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah dari penyakit lambung dan gangguan pencernaan lainnya. Oleh sebab itu jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah apel agar anda mendapatkan manfaat yang banyak terutama untuk kesehatan pencernaan. 

  • Mencegah penyakit kanker, Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research, menemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah apel kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kanker pankreas hingga 23 persen. Bukan hanya itu saja Para peneliti dari Cornell University juga menemukan bahwa beberapa senyawa triterpenoid dalam buah apel memiliki aktivitas anti pertumbuhan sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa ekstrak dari buah apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus. 

  • Menurunkan kadar kolesterol, buah apel merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan bukan hanya dapat mencegah diabetes dan penyakit kanker ternyata buah apel juga dapat menurunkan kadar kolesterol anda. Serat larut yang ditemukan di dalam buah apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang disinyalir dapat menurunkan kadar kolesterol anda. 

  • Mencegah penyakit diabetes, Wanita yang rutin mengkonsumsi setidaknya satu buah apel perhari memiliki 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi buah apel.
Demikian beberapa manfaat bauah apel untuk kesehatan yang mungkin perlu untuk anda ketahui. selain buah apel tentunya buah-buahan yang lain juga sangat bagus dikonsumi untuk menjaga kesehatan dan memberikan kebutuhan vitamin pada tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar