Sabtu, 21 September 2013

Manfaat buah semangka untuk kesehatan

Buah semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, maka dari itu tidak heran jika buah yang satu ini sering dikonsumsi  saat cuaca panas.  Karena harganya sangat terjangkau hampir untuk semua masyarakat maka tidak heran jika buah yang satu ini sangat diminati oleh masyarakat kita. Buah yang memiliki nama latin Citrullus lanatus ini biasanya hidup di daerah afrika yang panas dan gersang akan tetapi sekarang ini buah semangka sudah banyak dibudidayakan di indonesia. Brikut beberapa manfaat yang bisa anda dapat dari mengkonsumsi buah semangka:
  • Mengobati hipertensi, buah semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan juga kalium yang dapat mengobati hipertensi dan mampu menstabilkan tekanan darah. 

  • Mencegah kanker, Seperti halnya kebanyakan buah-buahan yang lain seperti  buah  jeruk dan buah naga buah semangka juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah dari penyakit kanker dan menangkal radikal bebas.
Manfaat buah semangka untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah semangka
  • Buah untuk diet, buah semangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dipercaya ampuh untuk menurunkan berat badan tentunya dengan porsi yang tidak berlebihan, karena selain mengandung serat buah semangka memiliki kandungan gula yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. untuk itu bagi anda yang ingin memiliki tubuh sehat rajinlah mengkonsumsi buah semangka. 

  • Mengobati Infeksi Kandung Kemih, ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa diambil manfaatnya dari buah semangka biji buah semangka juga dapat dijadikan sebagai obat. Caranya adalah: rebus dua sendok makan biji semangka  dengan dicampur  tiga  gelas air dan tunggu samapi mendidih selama 5 menit di dalam panci yang tertutup. Kemudian tunggu  hingga  dingin, setelah itu  minum 3 sampai 4 kali sehari, masing-masing 1 sendok makan. 

  • Mencegah sariawan, buah semangka selain memiliki rasa yang manis dan meyegarkan juga memiliki manfaat yang dibilang cukup banyak untuk kesehatan dan salah satunya adalah dapat mencegah sariawan karena kandungan vitamin C nya. 

  • Mencegah penyakit ginjal, buah semangka memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah penyakit ginjal dikarenakan kandungan kalium yang terdapat pada buah semangka mampu untuk membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Untuk itu bagi anda yang memiliki masalah dengan ginjal atau hanya ingin sekedar menjaga kesehatan ginjal anda maka jangan ragu untuk mengkonsumsi buah semangka. 

  • Memberikan pasokan energi, dengan anda mengkonsumsi setidaknya satu porsi buah semangka akan meningkatkan energi hingga 23%. Hal ini disebabkan karena kandungan Vitamin B6 di dalam buah semangka. 

  • Membantu penyembuhan luka, di dalam buah semangka terkandung asam amino, yang diubah tubuh menjadi arginin.  Arginin ini lah yang dapat mempercepat pengiriman sel darah putih ke bagian tubuh yang luka, selain itu arginin juga dapat  memacupertumbuhan jaringan kulit baru. Sebuah Studi juga menunjukkan bahwa proses ini dapat membantu menyembuhkan kulit hingga 3x lebih cepat.
Demikian beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari mengkonsumsi buah semangka, buah-buahan sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan anda dan mencegah dari berbagai macam penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar