Minggu, 08 September 2013

Manfaat dan khasiat madu


Saya rasa untuk manfaat dan khasiat madu sudah tidak diragukan lagi mengingat madu memilki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Madu merupakan salah satu minuman  yang memiliki banyak kegunaan mulai dari pengobatan sampai untuk menjaga kesehatan kulit. Sudah banyak ahli yang berhasil mengungkap manfaat madu ini. 

Madu memiliki berbagai macam jenis warna dan rasa tergantung dari jenis bunga yang dihisap oleh lebah, akan tetapi secara umum madu dibagi menjadi dua yaitu: madu hutan dan madu ternak.  Madu hutan ataupun madu ternak kedua-duanya memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan dan pengobatan dari berbagai macam penyakit, walaupun demikian khasiat madu hutan tentunya msih lebih unggul jika dibandingkan dengan madu ternak, hal tersebut dikarenakan  lebah mengambil madu hutan dari berbagai jenis bunga. berikut beberapa manfaat dan khasiat madu untuk pengobatan dan untuk wajah:
 
Manfaat dan khasiat madu
Manfaat dan khasiat madu
  • Menurunkan kadar kolesterol, Madu memang memiliki kandungan dan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gula alami dan enzim - enzim yang ada dalam madu ternyata mampu mengatasi  kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan Mengkonsumsi madu secaa rutin akan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Maka dari itu bagi anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit jangan ragu-ragu ntuk mengkonsumsi madu. 

  • Pengobatan penyakit jantung, madu mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit termasuk mengobati penyakit jantung, caranya adalah anda cukup mencampurkan madu ke jus wortel dan meminumnya dengan rutin setiap pagi. 

  • Mengobati penyakit lambung, Madu merupakan salah satu zat yang dapat melakukan reaksi alkali. Reaksi ini dapat menetralisasi asam dengan cara membentuk garam. Oleh sebab itu, madu merupakan salah satu obat yang mujarap  yang mampu menetralkan asam lambung dan penyakit yang ditimbulkannya, seperti infeksi lambung, usus dua belas jari dan penyakit maag. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Sebaiknya anda mengkonsumsi madu saat pagi hari di mana perut anda masih dalam keadaan kosong. 

  • Khasiat madu untuk Menghilangkan jerawat, jerawat sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya akan tetapi pastinya anda tidak inginkan jika wajah anda di penuhi oleh jerawat. Madu mengandung vitamin yang sangat lengkap mulai dari vitamin A, B, C, E dan K, Oleh sebab itu menggunakan madu merupakan cara yang sangat cocok untuk menghilangkan jerawat. Caranya sangat mudah anda hanya perlu mengoleskan madu ke seluruh bagian wajah anda, kemudian tunggu kira-kira 30 menit setelah itu bilas dengan air hingga bersih, lakukan paling  tidak dua hari sekali atau dua kali seminggu sampai jerawat anda hilang. 

  • Pengobatan ejakulasi dini, caranya adalah: Persiapkan : 250 gram lulur kambing, 50 gram kemiri, 10 gram ketumbar, 2 sendok makan madu murni. Caranya : Kemiri dibakar hingga mengeluarkan minyak kemudian ditumbuk bersema ketumbar, ramuan diaduk bersama madu dalam gelas, tambahkan air panas hingga jadi penuh satu gelas, lulur kambing dimakan sore hari kemudian disusul dengan diberi bumbu seperti sate. Pemakaian:  Sate lulur kambing dimakan pada waktu sore hari lalu disusul dengan minum ramuannya. Lakukan cara tersebut dua kali selama sebulan. Perhatian:  lulur kambing sebaiknya yang masih baru dari daging kambing yang sehat dan baru disembelih

  •  Menyembuhkan penyakit kanker,  ternyata madu memang memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan bagi kesehatan ataupun untuk pengobatan penyakit, selain penyakit jantung dan penyakit lambung ternyata madu juga dapat menyembuhkan penyakit kanker, terutama untuk kanker perut. Cara pengobatanya anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mencampurnya dengan teh tanpa gula dengan dicampur kayu manis. 

  • Khasiat madu untuk mengobati flu/pilek , caranya adalah cukup mencampur dua sendok madu dengan setengah gelas air hangat,  selain untuk mengobati pilek madu juga bisa dijadikan minuman yang mengahangatkan badan saat musim dingin. Selain untuk mengobati pilek madu juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit pernapasan.  Sebuah penelitian  yang dilakukan di Bulgaria pada sekitar  18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu untuk mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, dan sinusitis.
Beberapa manfaat dan khasiat madu untuk wajah

  • Melembabkan kulit, madu memiliki berbagai macam vitamin termasuk juga vitamin E yang sangat baik untuk kulit wajah anda, anda bisa menggunakanannya sebagai  masker kecantikan untuk mempertahankan kelembaban kulit anda. 

  • Khasiat  madu untuk Membersihkan Kulit wajah, madu memang memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk manusia selain khasiat madu untuk pengobatan yang sudah terkenal ternyata manfaat madu yang lain adalah sebagi pembersih wajah alami, kandungan antiseptik dalam madu berperan untuk membunuh bakteri pada kulit wajah anda dan membuat kulit wajah anda tetap sehat. 

  • Mencegah dari penuaan, Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang memberikan kemampuan untuk penyembuhan dan peremajaan. Sifat ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu dengan memproduksi enzim  hidrogen peroksida. Anda dapat menggunakannya sebagai masker atau cukup mengkonsumsinya, oleh sebab itu madu sangat cocok untuk pencegahan kulit dari penuaan.

Demikian beberapa Manfaat dan khasiat madu, jika anda ingin memulai hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit maka rajinlah mengkonsumsi madu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar