Senin, 09 September 2013

Manfaat minum air putih

Manfaat minum air putih sangat banyak bagi kesehatan akan tetapi tidak semua orang sadar akan hal ini, kebanyakan orang lebih suka minum minuman kemasan atau minuman bersoda untuk menghilngakn rasa haus ataupun setelah makan. Air merupakan sumber kehidupan dan merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup diseluruh dunia. Kebutuhan orang akan air putih sangat besar dan sangat penting untuk menunjang kehidupan, selain itu banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dari kurangnya konsumsi air putih mulai dari penyakit jantung dan Ginjal. 
Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan.  Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Akan tetapi kebanyak orang mungkin tidak memenuhi kebutuhan tersebut dan terkesan kurang mempedulikannya. Berikut beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan yang perlu anda ketahui:

Manfaat minum air putih
Manfaat minum air putih
  • Mencegah penyakit jantung, Menurut sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology, orang yang  mengkonsumsi air putih lebih dari 5 gelas setiap harinya memiliki risiko lebih kecil untuk terkena penyakit jantung. 

  • Mengurangi resiko diabetes, Manfaat konsumsi banyak air putih juga diakui penelitian lain. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang minum air putih tanpa campuran pemanis, memiliki resiko yang kecil untuk terkena diabetes. Wanita yang minum lebih banyak air juga memiliki resiko lebih  kecil terkena batu ginjal dari pada mereka yang sedikit mengkonsumsi air putih.

  • Menurunkan berat badan, konsumsi air putih sangat baik untuk kesehatan termasuk untuk menjaga kestabilan berat badan dan membantu menurunkan berat badan, Beberapa studi juga menunjukkan bahwa air dingin dapat membantu membakar kalori  dengan cara  meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya.

  • Membantu mengeluarkan racun, mengkonsumsi air putih selain dapat menjaga kesehatan ginjal dan menjaga kesehatan tubuh secara umum juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, air putih dapat mengeluarkan racun yang mengendap di dalam organ tubuh seperti usus dan ginjal. Racun-racun tersebut akan dikeluarkan melalui urin. Dengan anda banyak minum air putih, maka akan membuat kinerja organ tubuh bekerja lebih baik dan optimal.

  • Menjaga kesehatan pencernaan, selain dapat mengeluarkan racun dalam tubuh air juga dapat membuat sistem pembuangan limbah efisien pada saat mencerna makanan dan minuman. Sehingga akan membuat sistem pencernaan nutrisi dalam tubuh kita akan semakin baik. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan terbebas dari penyakit perbanyak lah minum air putih terutama di pagi hari.

  • Meningkatkan fungsi otak, air dapat membantu otak kita bekerja dengan lebih baik dan optimal, saat berfikir otak kita mengeluarkan energi listrik dan air menjadi  konduktor yang baik untuk energi tersebut. Sehingga dengan banyak mengkonsumsi banyak air putih akan membuat kerja otak anda lebih optimal dan maksimal.

  • Mengobati sakit kepala, sebuah penelitian yang dilakukan Dr.Mark Spigt merekrut pada 100 pasien yang  menderita sakit kepala ringan sampai berat. Kemudian mereka diminta untuk melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa nyeri kepala, antara lain dengan meningkatkan kualitas tidur, menghindari kafein, dan mengurangi stres. dan  separuh responden diminta untuk minum 1,5 liter air putih setiap hari selama tiga bulan. Di akhir penelitiannya, seluruh pasien tadi diminta untuk menjawab kuesioner Migraine-Specific Quality of Life Index untuk mengetahui perubahan yang didapat. Hasilnya, pasien yang lebih banyak minum air putih dari biasanya mengalami pengurangan sakit kepala yang cukup signifikan.
Ternyata manfaat minum air putih sangat banyak untuk kesehatan, oleh sebab itu mulai dari sekarang rajinlah untuk mengkonsumsi air putih terutama dipagi hari, karena dengan perbanyak mengkonsumsi air akan mendapatkan tubuh yang sehat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar