Jumat, 27 September 2013

Manfaat buah mangga untuk kesehatan



Manfaat buah Mangga - Buah mangga merupakan salah satu buah yang sangat diminati oleh masyarakat kita karena rasanya yang manis dan menyegarkan, selain harganya yang cukup terjangkau buah mangga juga memilki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan.


Buah Mangga memiliki beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda . Vitamin C yang terdapat dalam buah mangga berperan melawan flu dan penyakit yang menyerang sistem imun lainnya. Vitamin A dan E berperan melindungi tubuh terhadap radikal bebas , selain itu vitamin A juga memperkuat pertumbuhan tulang. Zat besi yang di kandung di dalam buah mangga memperkuat sel darah dan meningkatkan sel-sel sehat . Kalium mempertahankan keseimbangan yang tepat dalam cairan tubuh, membantu dengan fungsi saraf dan membantu dalam kontraksi otot . Nutrisi lainnya termasuk omega - 3 dan 6 , vitamin B6 dan tembaga.



Untuk  mempertahankan kesegaran dan rasa alami buah mangga , sebaiknya anda menyimpan  di lemari es. Sebaiknya jangan menyimpan buah mangga lebih dari lima hari agar anda tidak kehilangan nutrisi yang dikandungya. Pastikan untuk menempatkan buah mangaa dalam wadah kedap udara penyimpanan atau kantong plastik. Buah mangga memiliki nutrisi yang sangat lengkap diantaranya seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan serat yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut beberapa manfaat buah manggauntuk kesehatan yang perlu untuk anda ketahui:



  • Mencegah kanker, manfaat buah mangga yang pertama adalah buah mangga dapat mencegah dari penyakit kanker, antiokasidan yang terdapat dalam buah mangga telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah dari kanker payudara, kanker darah dan kanker prsostat. 


  • Menurunkan kolesterol, buah mangga memiliki kandungan vitamin C yang dapat mendetoks darah dari unsur-unsur yang tak penting seperti kolesterol jahat. Untuk itu ada baiknya anda sering mengkonsumsi buah yang satu ini untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam darah. 


  • Mendapatkan mata yang sehat, buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan membuatnya lebih cerah. 


  • Menurunkan berat badan, buah mangga merupakan salah satu buah untuk dietkarena memiliki kandungan serat yang dapat menjaga kestabilan berat badan anda. Diet buah-buahan sangat dianjurkan karena buah selain mengandung rendah kalori juga menyediakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, mangga merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk diet karena buah mangga selain memiliki kandungan lemak yang rendah juga memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak sepeprti vitamin A, vitamin C, Vitamin B2 dan vitamin B1. 


  • Menjaga kesehatan pencernaan, buah mangga selain dapat menurunan berat badan juga dapat menjaga kesehatan pencernaan anda karena serat yang dikandunganya cukup tinggi. Jadi dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin dan dengan porsi yang pas maka anda akan mendapatkan pencernaan yang sehat. 


  • Mecegah sariawan, viatmin C biasanya terdapat pada buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti buah jeruk dan buah tomat, buah mangga merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik yang dapat mencegah dari timbulnya sariawan. 


  • Memperkuat sistem imun, viatmin C selain dapat mencegah sariawan juga dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit, penyakit dapat hinggap pada tubuh seseorang bila melemahnya sisitem imun dalam tubuh, dan buah mangga menjadi solusi yang cocok untuk membantu anda meningkatkan sistem imun dan mendapatkan tubuh yang sehat. 


  • Menjaga kesehatan tulang, buah mangga selain mengandung banyak vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh juga mengandung aneka mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, seng, kalium dan magnesium, mineral tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan mempertahankan kepadatannya. 


  • Menjaga kesehatan kulit, buah mangga ternyata memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan selain menjadi buah untuk diet buah mangga juga dapat menjaga kesehtan kulit karena buah yang satu ini mengandung berbagai macam vitamin yang sangat baik untuk kulit. 


  • Mencegah diabetes, buah mangga dapat membantu anda menjaga kadar insulin agar tetap normal. Kandungan indeks glikemik yang terdapat pada buah mangga relatif rendah  sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, akan tetapi walaupun demikian anda perlu waspada dan jangan berlebihan dalam negkosnsumsinya.
Demikian beberapa daftar manfaat buah mangga untuk kesehatan, dimana setelah anda mengetahui begitu banyaknya manfaat buah mangga apakah anda tertarik untuk memasukkan buah mangga ke dalam menu makanan untuk diet sehat anda? Rajinlah mengkonsumsi buah-buahan untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar