Kamis, 19 September 2013

Makanan sehat untuk tulang

Menjaga kesehatan tulang merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan mengingat fungsi tulang sangat vital. menjaga pola makan yang benar dan memilih makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan dan kepadatan tulang anda, berikut beberapa daftar makanan sehat untuk tulang yang perlu anda ketahui:
  • Daging, selain mengandung tinggi protein daging juga memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, akan tetapi anda harus memperhatikan jumlah konsumsi daging  harian anda, karena terlalu banyak mengkonsusmsi daging  juga tidak baik untuk kesehatan, karena protein jika dikonsumsi terlalu banyak akan berakibat buruk pada ginjal, belum lagi kandungan lemak yang  dikandungnya juga tidak baik untuk jantung  jika dikonsumsi secara berlebihan. 

  • Kacang-kacangan, kacang-kacangan mengandung Vitamin D yang sangat baik untuk ksehatan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang, selain itu kacang-kacangan juga sangat baik untuk mendukung program diet anda jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. 
Makanan sehat untuk tulang
gambar: Makanan sehat untuk tulang
  • Buah pisang, buah yang satu ini memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan, buah pisang mengandung beberapa mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa mineral yang dikandung buah pisang diantaranya: potasium dan kalsium. Di mana kedua mineral tersebut sangat baik untuk menjaga kesehtatan tulang dan mempertahankan kepadatannya. 

  • Bayam, bayam merupakan tumbuhan yang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, bayam sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang anda karena bayam mengandung zat besi yang dapat membuat tulang anda menjadi kuat dan tidak mudah keropos. 

  • Gandum, gandum selain terkenal karena memiliki kandungan serat yang tinggi juga memiliki kandungat zat besi yang sangat baik untuk tulang anda, anda dapat mengolahnya menjadi berbagai macam makanan seperti oat meal ataupun roti gandum yang sehat untuk jantung anda, jadi dengan mengkonsumsi makanan olahan dari gandum anda akan menadapatkan manfaat yangg sangat banyak, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan  dan pastinya juga menjaga kesehatan tulang anda. 

  • Susu Kedelai, Kedelai sangat kaya akan kandungan kalsium dan proteinnya yangg sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. untuk mencukupti kebutuhan kalsium harian anda paling tidak anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium sekitar 1.000 mg. dengan anda mengkonsumsi kira-kira satu cangkir kedelai sudah cukup untuk memenuhi seperempat dari kebutuhan kalsium harian anda.  

  • Brokoli, Brokoli merupakan salah satu makanan sumber vitamin D yang baik untuk tulang. kandungan kalsium yang dimiliki brokoli juga cukup tinggi hampir setara dengan segelas susu. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang dapat membentuk masa otot. 

  • Jamur tiram, jamur sudah terkenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan salah satunya untuk tulang. Jamur yang paling terkenal memiliki manfaat sangat banyak salah satunya adalah jamur tiram. Jamur tiram memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, kandungan protein dalam jamur tiram kira-kira hingga 3,54% dari beratnya. itu artinya, protein yang terkandung pada  jamur jenis ini  dua kali lipat lebih tinggi jika dibandingkan dengan asparagus dan kubis.  Jamur tiram juga mengandung berbagai macam vitamin seperti: Vitamin B Vitamin C dan provitamin D.  bukan hanya itu saja jamur tiram juga merupakan sumber mineral yang sangat baik  untuk tulang , beberapa  mineral tersebut diaantaranya adalah : Kalium, kalsium, dan Magnesium.

  • Telur, tidak salah lagi bahwa telur merupakan salah satu sumber kalsium dan protein yang sangat baik untuk tulang, seperti halnya daging telur harus dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan, karena selain memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi telur juga mengandung lemak yang tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. 

  • Keju, keju sudah terkenal dari dulu karena kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tulang. 
Di atas merupakan beberapa daftar makanan sehat untuk tulang yang harus anda konsumsi, selain memeperhatikan asupan makanan untuk mendapatkan tulang yang sehat anda juga harus rajin berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar