Sabtu, 25 Januari 2014

Manfaat buah pir untuk kesehatan

Manfaat buah pir untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Buah Pir digolongkan berdasarkan tempat asal mereka yaitu buah pir Asia dan Eropa. Buah pir Asia biasanya memiliki tekstur yang lebih renyah dan tetap padat meskipun dibiarkan lama. Sedangkan jenis buah pir Eropa umumnya menjadi lembut dan juicy ketika dibiarkan matang.

Buah  Pir memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan juga memiliki nutrisi yang sangat lengkap, mulai dari, mineral, vitamin dan juga nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 
Manfaat buah pir untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah pir untuk kesehatan
Kandungan nutrisi buah pir per 100 g

Energi 58 Kcal 3 %
Karbohidrat 13,81 g 11 %
Protein 0.38 g < 1 %
Total Lemak 0.12 g 0.5 %
Kolesterol 0 mg 0 %
Dietary Fiber 3.10 g 8 %
Folat 7 mg 2 %
Niacin 0.157 mg 1 %
Asam pantotenat 0.048 mg 1 %
Pyridoxine 0,028 mg 2 %
Riboflavin 0,025 mg 2 %
Thiamin 0,012 mg 1 %
Vitamin A 23 IU 1 %
Vitamin C 4,2 mg 7 %
Vitamin E 0,12 mg 1 %
Vitamin K 4,5 mg 4 %
Sodium 1 mg 0 %
Kalium 119 mg 2,5 %
Kalsium 9 mg 1 %
Tembaga 0,082 mg 9 %
Besi 0,17 mg 2 %
Magnesium 7 mg 2 %
Mangan 2 %
Fosfor 11 mg 2 %
Zinc 0.10 mg 1 %
Phyto- nutrisi
Karoten ß - 12 ug -
Crypto - xanthin - ß 2 mg -
Lutein - zeaxanthin 45 mcg –

(Sumber : USDA National Nutrient data base ) 

Daftar Manfaat buah pir untuk kesehatan

  1. Sumber serat yang baik. Buah Pir merupakan makanan sumber serat yang cukup baik. Dari 100 g buah pir menyediakan 3,1 g atau 8 % serat. Mengkonsumsi buah pir secara teratur dapat memberikan perlindungan kepada anda terhadap kanker usus besar. Sebagian besar serat yang dikandung dalam buah pir merupakan polisakarida larut non (NSP). Selain itu, kandungan serat dalam buah pir mampu mengikat racun penyebab kanker dan bahan kimia di usus besar. 

  2. Mencegah osteoporosis. Buah pir juga bermanfaat untuk mencegah sekaligus mengobati osteoporosis. Dokter merekomendasikan kepada orang-orang yang ingin memiliki tulang yang sehat untuk mempertahankan ph seimbang dan asupan kalsium yang tinggi dari sumber makanan. Buah dan sayuran dapat membantu mempertahankan tingkat pH yang sehat. Dan buah pir merupakan salah satu buah yang tepat untuk dijadikan pilihan. Para  peneliti juga percaya mengkonsumsi buah pir dapat membantu tubuh untuk mempertahankan kalsium. 

  3. Memperkuat sisitem imun. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melawan dari berbagai macam penyakit. Buah Pir dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan seperti vitamin C dan tembaga yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan penyakit dalam tubuh. 

  4. Baik untuk penderita diabetes. Buah pir sangat baik dikonsumsi bagi orang yang memiliki diabetes ringan. Buah pir sangat rendah karbohidrat dan kalori sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Satu buah pir berukuran sedang hanya  mengandung 100 kalori dan 26 gram karbohidrat. Bagi penderita diabetes atau memiliki resiko diabetes harus mengontrol asupan karbohidrat dan juga kalori, dan buah pir merupakan pilihan yang sangat tepat. 

  5. Mencegah penyakit paru-paru. Mengkonsumi buah pir mampu meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi gejala kronis Penyakit Paru Obstruktif seperti sesak napas dan batuk. 

  6. Mengobati Peradangan. Buah Pir selain mampu mencegah penyakit par-paru juga dapat berguna dalam mengobati radang selaput lendir, radang usus, gangguan kandung empedu kronis, arthritis, dan asam urat. 

  7. Pencegahan asma. Sebuah penelitian di Australia telah mengungkapkan orang yang makan buah pir secara teratur memiliki risiko yang lebih kecil  terkena asma. 

  8. Menjaga kestabilan kadar kolesterol. Seperti halnya buah-buahan lainnya, buah pir telah terbukti mampu membantu mempertahankan kestabilan kadar kolesterol karena tingginya kandungan pektin yang dimilikinya, bahkan kandungan pektin dalam buah pir lebih tinggi jika dibandingkan buah apel, sehingga sangat baik dikonsumsi bagi orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
Demikian beberapa informasi mengenai manfaat buah pir untuk kesehatan, mengkonsumsi buah pir bisa membantu anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tentunya dengan diimbangi dengan konsumsi buah-buahan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar