Jumat, 10 Januari 2014

Tips menjaga kesehatan tulang

Mengingat peran tulang sangat penting bagi tubuh kita maka menjaga kesehatan tulang sudah menjadi hal yang harus dilakukan. Tulang kita perlu dijaga untuk membuatnya tetap padat dan kuat. Ada bebarapa hal yang bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan tulang, mulai dari melakukan aktifitas fisik seperti olahraga sampai memenuhi asupan kalsium melalui makanan yang mengandung kalsium.

Bebarapa tips menjaga kesehatan tulang
  1. Push up. Olahraga yang satu ini cukup efektif untuk menanmbah masa otot sekligus menjaga kesehatan tulang. Melakukan push up secara rutin akan membantu anda untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. 

  2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium. Asupan kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh anda untuk membuat tulang anda tetap sehat. Beberapa makanan seperti keju, telur, susu dan juga ikan merupakan sumber yang sangat baik dari kalsium. 
Tips menjaga kesehatan tulang
Gambar: Tips menjaga kesehatan tulang
  1. Selain olahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, salah satu tips untuk  menjaga kesehatan tulang adalah dengan menghindari aktifitas yang memberatkan tulang, seperti salah dalam cara mengangkat beban. Salah satu tips yang bisa anda terapkan adalah saat anda mengangkat beban yang posisinya di bawah adalah dengan cara menekuk lutut bukan membungkukkan punggung. 

  2. Menjaga kestabilan berat badan, berat badan yang terlalu berlebihan akan membuat kerja tulang anda semakin berat. Maka dari itu banyak atlet terutama pemain sepak bola yang sering mengalami cidera karena memiliki kelebihan berat badan. Untuk itu salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang anda adalah menjaga kestabilan berat badan. 

  3. Berkonsultasi dengan dokter tulang dapat membantu anda untuk melihat apakah Anda mempunyai riwayat keluarga yang terkena osteoporosis sebelumnya. Dengan berkonsultasi dengan dokter anda dapat meminimalisir efek osteoporosis yang akan anda alami di hari tua.  selain itu anda juga dapat melakukan antisipasi sejak dini saat anda memiliki resiko terkena osteoporosis. 

  4. Memenuhi asupan vitamin D. Bersama dengan kalsium vitamin D bereparan dalam mempertahankan kepadatan tulang. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Beberapa makanan seperti kacang-kacangan biji-bijian merupakan sumber yang baik dari vitamin D. Selain itu berjemur di pagi hari juga bisa membantu anda mendapatkan vitamin D yang alami. 

  5. Hindari minuman bersoda.  Kandungan asam fosfat yang tinggi dalam minuman bersoda merupakan salah satu pemicu utama pengeroposan tulang, selain itu minuman bersoda juga dapat memicu munculnya beberapa  penyakit seperti penyakit ginjal, diabetes dan maag. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa membaca artikel yang berjudul bahaya minuman bersoda. 

  6. Faktor ras ternyata juga ikut andil bagian dalam terjadinya pengeroposan tulang.  indeks massa tubuh, dan genetik Risiko terbesar adalah ras Mongoloid (Asia).  Selain itu Indeks massa tubuh yang rendah (19 atau kurang) juga memiliki risiko yang lebih besar. memiliki orangtua atau saudara yang mengalami osteoporosis juga memperbesar  risiko untuk mengalami pengeroposan tulang. Untuk itu bagi anda yang memiliki riwayat keluarga terkena osteoporosis harus berhati-hati dan mulai melakukan antisipasi dini.
Untuk menjaga kesehatan tulang dan mempertahankan kepadatannya anda harus mulai dengan pola hidup sehat, dan beberapa tips di atas mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan tulang yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar