Rabu, 22 Januari 2014

Tips dan cara menghilangkan stres

Tips dan cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stres. Ada bebarapa hal yang dapat memicu terjadinya stres, mulai dari masalah yang tidak kunjung mendapatkan jalan keluar  sampai tugas yang belum terselesaikan yang akan membuat kita merasa tertekan dan depresi. Cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah mulai dari diri sendiri karena stres juga merupakan masalah internal atau muncul dari dalam diri seseorang tersebut. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda untuk menghilangkan stres:
  1. Mendekatkan diri kepada Allah. tentunya bagi seorang muslim tiada tempat untuk mengadu setiap permasalahan kita kecuali kepada Allah, dengan kita mendekatkan diri kepada-Nya maka kita akan merasa lebih tenang dan dapat menghindarkan kita dari stres. Cara yang paling mudah untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan cara berdzikir, manfaat berdzikir sangat banyak sekali selain merupakan suatu ibadah berdzikir juga memiliki efek yang positif terhadap kesehatan jiwa dan salah satunya untuk menghilangkan stres. 
Tips dan cara menghilangkan stres
Gambar: cara menghilangkan stres
  1. Pergi berlibur. Di tengah pekerjaan yang menumpuk di kantor ataupun kesibukan kita lainnya, berlibur merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan stres. Dengan berlibur kita akan sejenak melupakan permasalahan yang sedang kita hadapai sambil memanjakan diri melihat keindahan alam ataupun tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

  2. Olahraga. Manfaat olahraga sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh. Selain berefek baik untuk tubuh, ternyata berolahraga juga bisa menghilangkan stres. Saat anda berolahrga anda akan merasakan rileks karena aliran darah anda akan semakin lancar yang akan mendorong munculnya hormon-hormon yang baik dalam tubuh anda. 

  3. Menceritakan masalah kepada  keluarga atau teman. Untuk menghilangkan stres usahakan untuk menceritakan permasalahan kita kepada keluarga atau teman dekat kita yang bisa dipercaya, dengan menceritakan masalah kita kepada orang lain maka kita akan merasa tidak sendiri dan lebih percaya diri dalam menghadapi masalah. 

  4. Hindari minuman beralkohol dan juga obat-obatan terlarang.  Percayalah bahwa keduanya bukanlah solusi untuk menghilangkan stres. Saat anda mengkonsumsi obat-obtan terlarang ataupun minuman beralkohol, yang ada bukannya menghilangkan stres tapi membuat anda semakin terpuruk, keduanya hanya dapat menenangkan anda sesaat tapi tidak pernah menyelesaikan masalah anda, bahkan akan memberikan masalah yang baru kepada anda. 

  5. Minum teh hijau. Manfaat teh hijau sangat banyak sekali untuk kesehatan. Teh hijau diketahui dapat menghilangkan stres karena kandungan asam amino thenine yang dimiliknya mampu menenangkan otak. Menurut studi yang dilakukan oleh Dr. Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering di Jepang berhasil menenmukan bahwa orang yang mengkonsumsi setidaknya 4 gelas teh hijau setiap harinya dapat menghindarkannya dari stres.
Demikan beberapa tips dan cara sederhana untuk menghilangkan stres, cobalah untuk menggunakan cara alami untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan, karena selain aman juga memiliki efek kelanjutan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar