Selasa, 21 Januari 2014

Manfaat buah sawo untuk kesehatan

Manfaat buah sawo untuk kesehatan yang sangat beragam. Buah Sawo merupakan buah yang memiliki rasa manis yang yang sangat disukai oleh anak-anak atau pun orang dewasa. Buah sawo sangat menyegarkan karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kebanyakan dari kita mengenal buah sawo karena rasanya yang manis dan lezat, akan tetapi mungkin kita jarang yang mengaetahui bahwa buah sawo memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan.
Manfaat buah sawo untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah sawo untuk kesehatan
Kandungan nutrisi buah sawo per 100 gram

Air 78 g Energi 83 kcal
Protein 0.44 g

Lipid 1.1 g
Karbohidrat 19.96 g 

Serat 5,3 g
Kalsium 21 mg 

Besi 0.80 mg
Magnesium 12 mg 

Fosfor 12 mg
Kalium 193 mg 

Sodium 12 mg
Tembaga 0,086 mg 

Zinc 0.10 mg
Selenium 0,6 ug 

Vitamin C 14,7 mg
Riboflavin 0.020 mg 

Niacin 0.2 mg
Vitamin B - 6 0,037 mg 

Folat 14 ug
Vitamin A 60 IU

 Daftar manfaat buah sawo untuk kesehatan
  1. Makanan sumber serat. Kandungan serat dalam buah sawo sangat  tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Gula alami dalam buah sawo bermanfaat untuk memulihkan energi secara cepat. Buah Sawo juga bisa memperkecil resiko kanker gastrointestinal, karena buah ini memiliki kemampuan untuk mengikat karsinogen di dalam saluran pencernaan. 

  2. Menjaga Kesehatan mata. buah Sawo sangat bermanfaat untuk kesehatan Mata karena kaya akan kandungan vitamin A.  Vitamin A berfungsi untuk memelihara kesehatan mata sekaligus melindungi dari kerusakan retina. Selain itu buah sawo juga memiliki kandungan Vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat untuk melindungi kerusakan retina mata dari radikal bebas.

  3. Sumber energi. Buah sawo mengandung banyak gula sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai makanan sumber energi. Namun, karena kandungan gulanya yang cukup tinggi sehingga buah sawo tidak dianjurkan untuk pasien dengan diabetes mellitus karena dapat meningkatkan kadar gula darah. 

  4. Mencegah penuaan dini. sebenarnya penuaan merupakan proses yang alami akan tetapi sebenarnya proses tersebut bisa diperlambat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan anti oksidan seperti buah sawo. Radikal bebas bisa terjadi akibat stres sehingga dapat merusak sel-sel kulit, sehingga membuat anda cepat mengalami keriput atau terlihat tua. penelitian membuktikan  bahwa antioksidan membantu untuk melawan proses penuaan. Jadi mengkonsumsi buah sawo dapat membantu anda untuk melawan penuaan dini. 

  5. Mencegah anemia. Buah Sawo kaya akan kandungan nutrisi penting. Seperti zat besi, fosfor, folat, dan nutrisi lainnya. Nutrisi tersebut terbukti bermanfaat dalam memproduksi sel darah baru. Jadi dengan mengkosnumsi buah sawo akan meningkatnya produksi sel darah baru sehingga menghindarkan anda dari anemia. 

  6. Sebagai Obat batuk dan pilek. Buah sawo dapat membantu dalam menyembuhkan batuk dan pilek. Sifat ekspektoran yang ditemukan dalam buah sawo dapat melancarkan penyumbatan yang berkaitan dengan dahak dan lendir. Jadi mengkonsumsi buah sawo akan membantu anda untuk mempercepat proses penyembuahan dari batuk. 

  7. Memiliki Sifat antimikroba. Selain sebagai sumber vitamin, mineral dan antioksidan, beberapa biokimia yang ditemukan dalam buah sawo memiliki sifat antimikroba. Berbagai spesies bakteri yang umumnya merupakan penyebab penyakit pada manusia telah diuji mampu diatasi oleh biokimia yang terdapat dalam buah sawo.
Demikian bebrapa manfaat buah sawo untuk kesehatan, buah yang memiliki rasa manis ini ternyata menyimpan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, jadi untuk itu jangan ragu untuk memasukkan buah sawo ke dalam buah untuk diet sehat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar