Rabu, 29 Januari 2014

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Manfaat jambu biji untuk kesehatan yang belum banyak diketahui. Jambu biji ummunya kita ketahui sebagai salah satu buah yang kaya akan kandungan serat dan memiliki rasa yang manis. Buah  jambu biji sangat disukai oleh banyak orang karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Vitamin C merupakan kandungan dari jambu biji yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang, akan tetapi bukan hanya vitamin C saja kandungan yang dimiliki buah jambu biji, berbagai nutrisi penting lainnya diketahui juga terdapat dalam buah yang satu ini. Berikut beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan:
  1. Mengurangi risiko diabetes. Jambu biji merupakan makanan sumber serat yang sangat bagus. Serat memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan termasuk mengurangi resiko diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dalam tubuh. Diet tinggi serat juga telah diketahui mampu memperkecil resiko terkena penyakit diabetes tipe - 2 . 
manfaat jambu biji untuk kesehatan
Gambar: manfaat jambu biji untuk kesehatan
  1. Menstabilkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam satu cangkir buah jambu biji hampir setara dengan buah pisang. Kalium bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dengan membalik peran natrium dalam ketidakseimbangan tekanan darah normal. 

  2. Anti kanker. Kandungan Antioksidan dalam jambu biji dipercaya dapat membantu mengurangi risiko kanker lambung, esofagus, laring, rongga mulut dan kanker pankreas. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat yang membantu tubuh dalam melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas . 

  3. Mencegah Diare dan Disentri. Jambu biji sangat kaya astringents (senyawa yang membuat gusi Anda terasa lebih kencang dan segar setelah Anda mengunyah daun jambu biji atau makan jambu mentah). Astringents ini memiliki sifat anti bakteri, sehingga membantu menyembuhkan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghapus lendir ekstra dari usus. Selain itu nutrisi penting lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium bekerja untuk memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan. 

  4. Menjaga kesehatan kulit. Jambu biji sangat bermanfaat untuk mempertahankan elastisitas kulit. Hal tersebut diakarenakan jambu biji mengandung astringents yang sangat efektif untuk menjaga kesehatah kulit . Manfaat jambu biji bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi jus. Selain itu Jambu biji juga diketahui kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin  A, B, C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

  5. Menjaga kesehatan mata. Buah Jambu biji mengandung jumlah yang tinggi vitamin A. Vitamin A berperan  Sebagai antioksidan, sehingga mampu berperan untuk menjaga kesehatan mata sekaligus mencegahnya dari degenerasi makula. Karena antioksidan yang dimiliki itu juga yang membuat mengkonsumsi jambu biji dapat melindungi mata dari radikal bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar